Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen: Si Manis Singkong Keju Menguntungkan!

Makanan ringan singkong keju dinikmati saat bersantai. Menjadi peluang bisnis menggunakan bahan utama singkong dan keju. Terdapat pilihan rasa. Coklat, meses, keju dan lainnya. Singkong keju dijadikan bisnis karena disukai banyak orang. Terlihat para pembeli memesan langsung ke lapak jualan dan melalui online.

Singkong keju dijual malam hari, dipasarkan dipinggir jalan. Terlihat seperti bisnis biasa. Namun hasil diperoleh luar biasa. Perharinya bisa Rp300.000, sungguh lumayan untuk penghasilan harian. Apalagi jika dikalikan dalam sebulannya. Wow cukup besar..! 

Modal juga dibawah Rp5.000.000, begitu ringan. Ini informasi penting bagi millenial jika tertarik jualan, menghasilkan dan menguntungkan. Padahal baru beberapa minggu dibuka, lapak usaha sudah ramai pembeli. Bisnis tersebut menjadi perbincangan sekumpulan pujangga di malam itu. 
Singkong keju usaha jajanan kaki lima menguntungkan. Berpeluang karena penikmatnya cukup banyak. Itulah yang dilakukan seorang pujangga. Mencari pendapatan dengan usaha kuliner. Menjadi perbincangan ku bersama teman, sebelum tiba di lokasi. 

Aku dan teman menyempatkan silaturahmi. Bentuk dukungan dan selamat atas bisnis yang sudah dijalankan. Malam hari dibuka, siang hari di tutup. Mulai sore, sudah bersiap menjajakan usaha tersebut. Tak lama, kami sampai di tempat jualan.

"Hai apa kabar? ", tanya diriku. 
" Sehat", jawaban ketiganya. 

Sekumpulan pujangga mewarnai sudut kota. Awalnya silaturahmi, obrolan jadi ngerumpi. Tapi bukan itu yang dimaksudkan seputar bisnis. Itulah perbincangan santai, saat bersilaturahmi para pujangga di waktu malam. Dukungan cuaca dan malam penuh kedamaian. 

"Sudah buka usaha, jualan kuliner. Uhh senang sekali rasanya". Semua menganggukkan kepala. 

"Apa itu, sepertinya rasa manis? ". Pertanyaan mengobati penasaran. Melihatnya sedang meracik kuliner. Lihai memainkan keju manis. 

"Singkong keju, silahkan di coba", jawabnya. 
Ia mempersilahkan aku mencobanya. 

"Wah, dari tadi aku menunggu kalimat itu. Aku ingin". Jawab ku, dengan raut wajah ceria tanpa sadar lidah bergejolak.

Singkong keju manis. Usaha yang di lakukan oleh seorang pemuda hasilnya lumayan. Ekonominya terbantu, tidak lemah dan semakin tegak usahanya. 

Aku bingung untuk memulainya. Sementara teman ku, sibuk melayani pembeli. Ku coba memulai dengan tangan kanan. Jari ku memasukkan ke etalase dan mengambil singkong keju. langsung ku arahkan untuk ku tempelkan di lidah dan kunyah. Belum dimakan sudah terasa manisnya. Bahagia malam itu, karena mencoba kuliner jajanan kaki lima milik teman ku. 

"Emm.. Rasanya enak", aku berkata pada semuanya. Memberi tahu usaha kulinernya enak. Lidah ku seolah ingin mengulanginya kembali. 

"Enak kan, kau bisa menikmatinya lagi. Tapi tidak begitu, kau bisa mengambil mika sebagai tempatnya". Ujarnya, memberi tahu dan mengajari ku. Maklum, melihat makanan jiwa ku terpanggil.

"Terima kasih". Aku menganggukkan kepala. Karena bersama teman, Aku mencoba menawarkan. Melihatnya tengah duduk di kursi dan asyik bermain gawai, seperti sedang bahagia. Aku mendekati membisikkan perlahan. 

"Enak sekali, kau harus mencoba ayo". 
Gunakan tangan mu, lalu kau nikmati rasanya. Dia pun mau melakukannya. Sengaja aku membisikan padanya. Karena kondisi jalan raya, hingar-bingar suara kendaraan, hingga mengatakan secara perlahan. 

Ia bergegas bangkit dari tempat duduk. Mencoba memasukan tangannya, seperti ragu-ragu karena takut kuliner di etalase terkena kotor. Menikmati sedikit makanan itu. Menjilat jempol dan telunjuk karena kentalnya susu dan keju. Membuatnya ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi. 

"Hei, kulihat kau menikmatinya". 
"Iya, makanan ini sudah biasa bagi ku". Ujarnya. Terlihat tengah menikmati sisa makanan di bibirnya. 

"Gimana kita pesan?". Aku memberikan pertanyaan. Lumayan bisa kita menikmatinya tengah malam di suasana hening. Ayo silahkan pesan, langsung kita bawa. 

Selang beberapa waktu malam pun semakin dalam. Tak lama kami pun pamit pulang. 

" Ini makanannya". Teman pemilik usaha, memberikan 1 bungkus singkong keju sudah rapi di kantong. 

Singkong keju jadi camilan malam. Apalagi rasa manis bisa memberikan semangat. Pembicaraan terkahir ku padanya. Kami lanjutkan perjalanan pulang. 

"Sampai jumpa,". Perkataan teman menyempatkan. Meskipun tengah sibuk melayani orderan para pembeli. 

"Yuk, bro. Kita balik". Ajakan teman, Ia menghidupkan kendaraan dan Aku bergegas menaikinya. 

"Sampai ditempat. Langsung persiapan, lalu kita nikmati bersama malam ini". Ujar ku, Sebelum kendaraan melaju. 

"Lumayan, singkong keju ini untuk camilan begadang". Tambah ku dengan senang. Kendaraan melaju kencang dan silaturahmi malam itu, selesai. 

Petikan cerpen membahas obrolan tentang usaha. Bersilaturahmi kepada teman yang baru berapa minggu membuka usaha. Ternyata usaha tersebut jajanan kaki lima. Siapa sangka, pendapatan diperoleh cukup besar. Bahkan pembeli hampir mengantri setiap malam. Yuk.. Yuk.. Yuk, buka usaha seperti itu..! 

Tips Usaha Singkong Keju Pemula

Membuka usaha singkong keju diperlukan tempat. Pinggiran jalan raya, ramai lalu lalang kendaraan. Adalah salah satu tempat strategis menjalankan bisnis jajanan kaki lima. 

Salah satunya, bisnis singkong keju. Singkong keju terdiri dari bahan singkong direbus lalu digoreng. Tambahannya susu, keju, atau pilihan rasa coklat dan meses. Dijalankan dimalam hari, waktu sore jualan sudah dibuka. 

Kemudian modal usaha penting di miliki. Tujuannya supaya perlengkapan usaha dan bahan utama bisa tercukupi. Usaha singkong keju memiliki modal cukup ringan. Etalase, peralatan memasak dan lainnya. 

Begitulah gambaran menjalankan usaha singkong keju dari pelaku usaha. Jangan lupa, pelayan kepada pembeli juga mempengaruhi. Fokus melayani dengan cepat, karena menunggu adalah sesuatu yang cukup menyebalkan. Pembeli juga tidak betah berlama-lama. 

Selain itu, Memiliki cita rasa yang berbeda adalah tujuan utama. Rasa di peroleh dari tingkat kematangan singkong dan waktu penggorengan. Susu dan keju jadi pemanis karena rasa susu sudah manis. Semanis wajah mu yang tengah fokus membaca ini.

Jangan lupa ucapkan terimakasih. Tutur kata dan senyuman pada pembeli. Itu berpengaruh terhadap kenyamanan pembeli. Nah, sudah siap membuka usaha kuliner jajanan kaki lima? 

Bingung mencari ide usaha ?. Mungkin singkong keju bisa jadi alternatif pilihan. Usaha jajanan kali lima memang sederhana. Modal ringan dan untung yang diperoleh lumayan pula. Baca juga: Usaha katering Soul in a Box Jakarta 

Mencari refrensi usaha, mungkin itu salah satu jawabannya. Si manis singkong keju menguntungkan..! Silahkan di coba, pembeli datang mendekat langsung dilayani. Usaha lancar, ekonomi lancar, semua menyenangkan dan menguntungkan.