5 Cara Cek Warga PSHT Asli Atau Gadungan/Palsu

Hasbundoya.com - Cara mudah cek warga PSHT asli/gadungan dapat anda lakukan dengan langkah ini. Namun, ini hanya berlaku untuk warga bukan untuk Siswa. Sebelum kita bahas secara rinci anda juga perlu membaca artikel ini dengan penuh seksama supaya anda dapat mengetahui warga Psht asli/gadungan.

Diketahui Pencak silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) yang memiliki jumlah keangotan warga baik tingkat I maupaun tingkat II yang mencapai jutaan yang tersebar diseluruh indonesia maupun mancanegara. Dengan banyaknya warga tersebut setiap tahunnya semakin meningkat.

Berkat banyaknya anggota PSHT, banyak di memanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan keanggotaan psht untuk kepentingan tertentu. Sehingga apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh warga gadungan maka pihak organisasi ini tak segan-segan melakukan proses hukum. Baca juga: Sumpah PSHT Bersama Untuk Seluruh Anggota

Padahal tidak mereka sadari, bahwa menjadi keanggotaan warga psht memiliki aturan yang sudah disepakati dan menjunjung tinggi sumpah bersama dalam ikrar selaku warga psht. Di era modern sekarang ini dengan kemajuan tekhnologi dan pengguna media sosial semakin banyak warga PSHT di dunia maya yang sulit membedakan anggota asli PSHT atau gadungan.
Padahal jika ditanya secara santai mereka dapat saja berpura-pura mengaku sebagai warga psht yang hanya paham tentang atribut bahkan ada pula yang mengetahui sebagian gerakan senam dan jurus. Tak mereka sadari bahwa kekuatan batin antar sesamanya begitu kuat terasa.

Banyaknya warga persaudaraan setia hati terate disetiap tahunnya dapat menyulitkan untuk mengenal khususnya warga pemula, termasuk sangat sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu.
Untuk mengetahui dengan jelas bagaimana ciri-ciri warga PSHT, maka silahkan simak penjelasannya di artikel ini. Namun, penulis pribadi tidak bisa menerangkan secara detail mengenai hal ini dikarenakan bersifat privasi. Baca juga: Syarat Menjadi warga PSHT

Akan tetapi, kami akan bagikan tanda-tanda warga PSHT secara menyeluruh supaya dapat menjadi refrensi anda secara dasar.

5 Cara Cek Warga PSHT Asli atau Gadungan/Palsu

Sebagai bentuk etika dan adab, sebaiknya anda melakukan permohonan maaf dan izin dulu kepada seseorang yang bersangkutan, apabila ingin di cek status ke asliannya sebagai warga PSHT atau bukan. Jika sudah membuka omongan dengan pengantar awal sebagai bentuk tanda izin.

Berikut ini cara menelusuri kebenaran seseorang yang mengaku sebagai keanggotaan warga persaudaraan setia hati terate melalui perkenalan di media sosial atau yang bersifat kenalan baru.

1. Cek Kartu Tanda Aanggota (KTA) PSHT

Jika dia beralasan bahwa KTA sudah hilang, jangan berdebat dan langsung lanjut ke nomor berikut nya. Setiap perguruan pasti memiliki tanda bukti selesai. Sama hal nya dengan warga PSHT yang juga memiliki tanda keanggotaan yang terdaftar secara jelas.

2. Cek Piagam PSHT

Apabila beliau terus berkilah dan merasa berbohong dengan alasan yang sama yakni hilang, anda tetap santai. Namun semua warga PSHT pasti memiliki piagam sebagai pembuktian. Baca juga: Terungkap 5 Kode Rahasia Warga PSHT saat Bertemu

Tak ubahnya seperti perguruan silat lainnya. Setiap keanggotaan pasti memiliki berbagai macama piagam penghargaan atau sertifikat yang menerangkan seseorang telah selesai mengikuti latihan. Begitu juga PSHT, dimana seluruh anggota juga memiliki piagam juga.

3. Cek Riwayat Tempatnya Latihan

Segera cek dan telusuri dimana beliau dulu latihan, yang meliputi subrayon mana? dan dari daerah mana? Ranting mana? Dari cabang mana? Berikut pengesahan tahun berapa?, kemudian coba di tanyakan ke ketua rayon atau ketua ranting "apakah beliau dulu latihan sampai di sahkan menjadi warga PSHT?" Ini sangat mudah di lakukan, karena saat ini hampir semua warga PSHT bisa cepat berkomunikasi baik secara langsung maupun di media sosial.

4. Cek nama pelatih tetap

Cek nama pelatih tetap atau pelatih yang rutin saat waktu beliau sabuk putih dulu siapa? Setiap siswa pasti mengenali pelatih tetapnya hingga mengantarkan ke tahap akhir. Jika dia tidak tau nama pelatih berarti bohong.

Jika anda kenal pelatihnya maka silahkan silaturahmi berkenalan secara langsung. Ingat silaturahmi itu penting dan berkah. Jadi anda wajib bersilaturahmi untuk saling kenal mengenal.

5. Cocokan antara KTA/Piagam PSHT dengan KTP/KK/Akte/Ijasah

Untuk menghindari pengakuan KTA milik Warga PSHT lain maka cara yang terakhir adalah dengan mengecek KTA milik warga tersebut. Jika data nya berbeda maka perlu dipertanyakan keaslian warga tersebut. Apabila hasilnya mengalami kecurigaan langsung hubungi pelatih anda atau pengurus cabang supaya di tindak lanjuti.

Itulah ciri-ciri yang dapat kami jelaskan secara dasar. Intinya adalah anda bisa datang ke latihan dimana rekan anda belajar silat khususnya PSHT. Jika anda bukan anggota PSHT tidak masalah kenalan saja, anggap-anggap menambah teman kan..hee hee

Jika anda memang penasaran dengan warga PSHT maka daftarkan diri anda untuk menjadi bagian dari PSHT. Caranya gampang, cukup datang ke tempat latihan dengan berpakain biasa atau pakain olahraga, kemudian temui pelatihnya dan sampaikan bahwa anda siap mengkuti latihan hingga selesai. Baca juga: Cara Menjadi Warga PSHT Sejati

Di PSHT sama halnya dengan perguruan silat lainnya dimana mengajarkan hal-hal kebaikan. Fokus latihan dan pelajari berbagai ilmu yang diberikan pelatih, ikuti kode etik/aturannya hingga selesai.

Nah Begitulah salah satu cara mengecek ke aslian Warga PSHT di dunia maya maupun dunia nyata. Berharap sesamanya harus konsisten menjaga nama baik organisasi PSHT ini di manapun berada. Menjadi warga PSHT juga penuh perjuangan, artinya usaha untuk menyelesaikannya juga tidak mudah pasti harus mengikuti bebragai tahapan dan tantangannya.

Silahkan masing-masing admin di cek terus keanggotaan warga PSHT di group whatsapp anda, atau di tempat latihan juga termasuk di group facebook anda. Jangan sampai ada selundupan yang mengaku-ngaku warga namun tak jelas dari mana alias penuh kebohongan.

Silahkan saudara semua bagikan link ini kepada seluruh anggota Persaudaraan setia hati terate (PSHT), juga di group-group yang ada agar memberikan pemahaman kepada seluruh keanggotaan warga persaudaraan setia hati terate (psht) diseluruh dunia.

Mari kita eratkan silaturahmi, titip salam buat mas dan mbak warga dimanpun berada, jangan lupa follow instagram saya untuk saudaraku semuanya: @doyahasbun Semoga bermanfaat, #salampersaudaraan

Catatan: Artikel diatas hanya penjelasan sebagai dasar saja. Sebab tidak bisa dipublikasikan secara detail. Pada intinya silahkan bergabung, rajin berlatih, pahami materi yang diberikan pelatih, konsisten, berbuat kebaikan, dan targetkan hingga selesai.

Baca juga:
- Sejarah Singkat Pencak Silat PSHT
- 10 Perbedaan Pencak Silat PSHT Dengan Beladiri Lain

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel