Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syawal Pasca Lebaran

Lebaran telah selesai, kini telah masuk di bulan Syawal. Seperti biasa bulan Syawal dihiasi arus mudik pasca lebaran tiba. Momen berkumpul bersama keluarga saat lebaran menjadi waktu yang istimewa. Syawal pasca lebaran, masyarakat akan disibukan untuk kembali di perantauan. 

Sepanjang jalan, kendaraan memadati jalan raya. Sarana transportasi jalur darat, udara dan laut mulai ramai. Masyarakat kembali beraktivitas dengan kesibukan masing-masing, berharap dapat berkumpul kembali di lebaran-lebaran selanjutnya. Bertemu sanak saudara dan orang tua adalah suatu hal yang indah saat momen lebaran tiba.
Mudik kata yang terdengar menjelang hari raya. Namun tetap waspada di perjalanan agar sampai ke tujuan dalam keadaan sehat dan lancar. Arus balik mewarnai sepanjang perjalanan, para perantau sudah mulai sibuk dengan waktunya. Sanak saudara seperti biasa memberikan doa untuk keselamatan. 

Pasca lebaran makanan ringan saat lebaran, biasa menjadi buah tangan untuk teman dan kerabat dekat di perantauan. Bersama menghidupkan cara sebagai adab dalam sosial kemanusiaan. Hal itu, menjadi cara yang telah diajarkan agar terjalin silaturahmi dan hubungan kekerabatan yang baik. 

Indonesia begitu indah dalam mengajarkan dan menanamkan budi pekerti. Orang-orang terdahulu pun demikian, agar terciptanya masyarakat berperikemanusiaan dan beradab. Siklus kehidupan yang silih berganti akan dirasakan dari generasi ke generasi. 

Begitulah cerita momen lebaran yang indah. Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Semoga yang maha kuasa memberikan umur yang panjang agar dapat bertemu di bulan suci dan lebaran yang akan datang.