Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Agar-Agar Rumput Laut

Rumput laut kaya akan manfaatnya. Salah satu jenis rumput laut digunakan untuk bahan kue agar-agar. Makanan sederhana yang nikmat untuk disantap dan mudah ditemukan di pasar. Agar-agar rumput laut bernilai ekonomis dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. 

Indonesia dianugerahi alam yang subur dan lautan yang luas. Terdapat beragam biota laut hidup dan berkembang di perairan laut Indonesia. Masyarakat Indonesia sejak dahulu, menjadikan lautan sebagai tempat untuk menggantungkan hidup selain berkebun dan bertani.
Kekayaan hasil laut Indonesia mulai dari ikan, udang, gurita dan rumput laut. Semua bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan. Beragam rumput laut hidup dari zaman ke zaman mendatangkan berkah bagi masyarakat Indonesia. 

Rumput laut dijadikan sebagai bahan kesehatan dan produk kecantikan. Bahkan diolah menjadi makanan yang menyehatkan. Rumput laut untuk lalapan juga tersedia di lautan Indonesia. Masyarakat gemar membuat agar-agar dari rumput laut yang diolah menjadi kuliner lezat. 

Cara Membuat Agar-Agar Rumput Laut

Membuat agar-agar rumput laut cukup mudah. Untuk bahan tambahan utama ialah gula aren. Tekstur agar-agar rumput laut juga kenyal dan aroma yang khas. Kuliner agar-agar rumput laut dijadikan usaha rumahan yang menghasilkan. 

Membuat agar-agar dapat menggunakan bahan dari tumbuhan cincau dan rumput laut. Pada proses pembuatan agar-agar dari rumput laut dilakukan beberapa proses. Mulai dari mengumpulkan bahan utama yaitu rumput laut. Kemudian rumput laut dibersihkan dan dijemur dibawah terik matahari hingga kering. 
Setelah rumput laut mengering bisa langsung di jual atau disimpan untuk jangka panjang. Jika ingin membuat agar-agar, rumput laut yang sudah kering direbus dan air rebusan dipisahkan dari umpas rumput laut. 

Setelah air rebusan telah hangat maka dimasukan kedalam plastik sampai membeku. Lalu dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Jika ingin membuat. Langkah pembuat kue agar-agar dari rumput laut, sebagai berikut:

1. Dari dalam plastik, agar-agar dikeluarkan dan dihancurkan dalam wadah. Lalu direbus tanpa tambahan air. Selang beberapa menit, secara perlahan agar-agar akan mencair. 

2. Setelah mendidih, campurkan gula aren secukupnya. Aduk merata sampai gula aren tercampur. Kemudian rebusan masukan kedalam wadah untuk proses pendinginan. 

3. Diamkan beberapa saat sampai agar-agar membeku. Sajikan dan nikmati agar-agar rumput laut yang menyehatkan bersama keluarga. 

Agar-agar rumput laut memang beraroma sedap. Untuk mendapat cita rasa yang berbeda-beda, dalam pembuatannya dapat ditambahkan santan. Agar-agar rumput mendatangkan berkah bagi warga yang menjadikannya sebagai bahan usaha yaitu menjual agar-agar rumput laut di pasar. 

Biasanya, menjalani bulan Ramadan, agar-agar rumput laut mulai ramai dijual di pasar karena dijadikan masyarakat untuk membuat makanan berbuka puasa. Bahkan sampai momen lebaran, agar-agar rumput laut masih terus dijual. 

Jika pengrajin yang konsisten menjadikan rumput laut sebagai bahan dagangan. Bahan mentah agar-agar rumput laut akan dijual di pasar. Namun, tergantung pada pasang surut air laut. Sebab kondisi cuaca sangat mempengaruhi warga untuk mencari rumput laut. 

Rumput laut sebagai habitat biota laut yang tumbuh dan berkembang. Sehingga hasil laut Indonesia akan terus meningkat dan bermanfaat sampai generasi ke generasi di Indonesia karena hasil laut dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia.