Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rosa Lahirkan Badak Sumatra Sobat Hijau Bersyukur

Rosa melahirkan Badak Sumatra beberapa waktu lalu dalam keadaan sehat di penangkaran Taman Nasional Way Kambas. Habitat lain Badak Sumatra di Ekosistem leuser dan taman nasional bukit barisan selatan. Kelahiran Badak Sumatra mendatangkan berkah, menambah populasi Badak di Indonesia. 

Selain terkenal dengan Gajah dan Harimau. Badak Sumatra bertambah, setelah 8 kali gagal akhirnya berhasil. Induk Badak bernama Rosa, hidup sehat di penangkaran. Dirawat oleh tim dokter hewan dan para perawat sampai melahirkan dengan lancar. Sejak 2015, Rosa belum pernah melahirkan anak Badak. Kelahiran Badak Sumatra, tepat di momen Presidensi G20 Indonesia dan menyambut bulan Ramadan. Bertambahnya Badak Sumatra menjadi kabar baik bagi sobat hijau di Indonesia. 

Badak Sumatra memang langka, itulah perlunya perawatan Badak Sumatra agar tetap lestari. Indonesia memiliki 2 jenis Badak yang membanggakan. Badak Jawa misalnya, yang hanya tinggal di kawasan taman Nasional ujung kulon, Banten. 

Kemudian, Badak Sumatra habitatnya di Sumatra dan Kalimantan memberikan kebanggaan karena upaya penangkaran konservasi berhasil meningkatkan populasi Badak di Indonesia. 

Upaya penangkaran binatang langka sebisa mungkin dilakukan agar Badak Sumatra dapat tinggal di habitatnya. Sobat hijau senang pastinya, mendengar Rosa telah melahirkan Badak Sumatra dengan aman dan lancar.

Tidak bisa dibayangkan jika Gajah, Harimau, dan Badak Sumatra punah. Mengundang sedih mungkin, tapi dengan adanya upaya penangkaran di habitatnya akan tetap terlestari. 

Binatang langka akan tetap lestari dan terus bertambah. Sehingga Indonesia semakin dikenal, dari adat istiadat, binatang langka dan masyarakatnya yang terkenal dengan keramahannya. Perlu mengenalkan binatang-binatang langka Indonesia kepada kalangan muda. Sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan. 

Tak terkecuali di bangku sekolah dasar. Sebagai bekal agar terus mengenali dan mengingat nama-nama bintang khas Indonesia. Saat belajar, akan melihat nama dan gambar binatang-binatang langka. 

Proses belajar daring misalnya, para siswa dapat menggambar Badak, Gajah dan Harimau. Tinggal di perlihatkan saat kelas dari dimulai. Menyenangkan karena belajar sambil menggambar binatang. Mengenalkan bintang langkah agar mudah diingat untuk menambah pengetahuannya. 

Penjelasannya, binatang langka masih terlestari di habitatnya. Sungguh, membanggakan dengan kelahiran Badak Sumatra yang sehat. Menambah populasi Badak di Indonesia dan dikenal luas di dunia. Bersyukur sobat hijau, mendengar Badak Sumatra lahir dengan selamat. Semoga kelestarian Gajah, Harimau dan Badak di Indonesia terus bertambah. 

Sumber: @btn_waykambas @bbtn_bukitbarisanselatan