Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara UMKM Maju, Milenial Go Digital Tanpa Ribet

Milenial merupakan generasi penerus bangsa. Milenial memiliki kemampuan dalam mengembangkan kreatifitas tanpa batas. Tak terkecuali pada bidang bisnis. Kini, milenial sudah banyak menggeluti usaha sesuai passion. Usaha UMKM berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja, walaupun dalam kondisi pandemi.

Milenial go digital adalah upaya untuk memudahkan menjalankan bisnis. Milenial termasuk kategori usia produktif karena memiliki ide dalam menjalankan suatu bisnis yang dapat dikelola secara individu maupun tim. Dalam fase menjalankan usaha di tengah pandemi, perlu terobosan agar usaha dapat dilakukan dengan mudah.
Pandemi masih melanda, menjalankan bisnis perlu menyesuaikan kondisi. Sehingga usaha yang dijalankan dapat dilakukan dengan lancar. Hambatan dalam menjalankan suatu bisnis, memang tidak dapat dihindarkan seperti dalam situasi pandemi. Maka, penting mengambil peluang dengan cara go digital.

Milenial Go Digital

Upaya menjalankan suatu bisnis tanpa ribet ditengah pandemi ialah mengambil peluang dengan cara go digital. Bisnis go digital merupakan langkah yang efektif. Kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam mengelola dan mengembangkan suatu usaha. Hal itu, akan berdampak pada sistem pemasaran produk atau jasa menjadi lebih optimal.

Cara agar UMKM go digital memang tengah hangat di gencarkan. Guna menjalankan bisnis dengan lancar dan mampu menjangkau market lebih luas. Penggunaan media sosial yang terus meningkat, berpeluang untuk mengenalkan usaha dengan luas agar lebih cepat berkembang dan maju.

Sekarang ini, segala aspek pekerjaan telah beralih menggunakan sistem online. Tak terkecuali pada bisnis dilakukan melalui go digital. Jika konsisten menjalankan dengan cara go digital, maka untuk meraih generasi emas Indonesia yang diperkirakan tahun 2045 dapat terealisasi dengan baik.
Bukan hal mustahil, bahwa terobosan tersebut dapat mendorong milenial untuk menjalankan UMKM dengan praktis dan efesien. Menyesuaikan kemajuan dan sarana pendukung yang telah ada. Melalui go digital, tentu UMKM akan berjalan dengan baik tanpa ribet.

Peluang Milenial Go Digital di Bidang UMKM

Pertumbuhan penggunaan media sosial di internet, semakin meningkat. Sehingga terdapat peluang bisnis untuk di kelola dengan sistem online. Menjalankan UMKM, walau di tengah pandemi tetap lancar. Peluang milenial menekuni suatu usaha dengan cara go digital akan meningkatkan kesejahteraan.

Apa dampaknya, jika menjalankan UMKM go digital?. Selain Bikin Kamu #bisasantaideh, usaha lebih ringan tanpa ribet. Berikut ini, beberapa kelebihan UMKM go digital, yaitu:

1. Hemat Modal

Menjalankan usaha memang memerlukan modal untuk membangun dan menyiapkan segala perlengkapan usaha. Namun, perlu menyesuaikan bidang usaha yang dijalankan. Jika menjual suatu produk, maka sistem go digital akan menghemat modal.

Usaha go digital atau sistem online, mempermudah menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga lebih optimal dilakukan karena dijalankan dengan cara online. Maka modal akan lebih hemat dan usaha dapat dijalankan tanpa ribet.

2. Menjangkau Konsumen

Kelebihan menjalankan bisnis go digital lain, dapat mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen dengan leluasa. Sebab, dalam menggunakan media platform memiliki cara yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keadaan. Misalnya, untuk menjangkau promosi produk UMKM dengan cara berbayar juga tersedia.

Maka tinggal mengikuti panduan, registrasi pembayaran, dan menentukan waktu promosi sesuai paket yang disediakan. Sehingga pilihan tersebut dapat memilih target jangkauan sesuai keinginan. Begitupun sebaliknya, jika menggunkan promosi gratis, maka perlu menata tampilan media platform yang digunakan dan mempromosikan produk UMKM secara konsisten.

3. Terhubung Ke Konsumen

Menjalankan bisnis go digital, dapat terhubung langsung pada konsumen. Dari platform media sosial yang digunakan, menjadi sarana untuk mempermudah mendapatkan konsumen dan menjalin komunikasi langsung. Sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen untuk mendapatkan informasi produk yang diinginkan.

Konsumen akan mudah mendapatkan produk dan melakukan transaksi dengan jelas tanpa ada keraguan tipu menipu. Tinggal bagaimana menawarkan produk dengan baik dan detail. Tujuannya supaya konsumen mempercayai dan membeli produk dari usaha yang sesuai.

4. Pilihan Media Sosial

Ketersediaan media sosial yang beragam, memudahkan dalam memilih dan menggunakannya untuk sarana bisnis. Media sosial hadir dengan berbagai keunggulan. Diantaranya, Instagram, Website, facebook, Tiktok dan lainnya.

Selain itu, sebagai alat komunikasi yang lebih sederhana antara penjual dan pembeli. Tentunya dapat dialihkan ke WhatsApp. Tujuannya, setelah konsumen melihat produk yang di pasarkan di media sosial, lebih mudah berkomunikasi langsung dengan admin penjualan. Bahkan dapat memperjelas informasi produk yang dijual sampai transaksi dilakukan.

5. Mudah Mendapatkan Pelanggan

Konsumen yang pernah bertransaksi membeli produk usaha akan mudah menjadi pelanggan. Sebab, hubungan komunikasi akan berlanjut karena sudah mengetahui dan pernah melakukan transaksi yang memuaskan. Sesuai pada keterangan yang di peroleh pembeli dan produk sesuai gambar atau poster yang di promosikan.

Maka ketika terjadi transaksi secara berulang, alternatifnya buatlah group khusus pelanggan. Setiap produk baru, dapat langsung diinformasikan ke group pelanggan. Jika mampu memberikan diskon pada pelanggan tetap, mudah disampaikan. Cara tersebut sebagai metode marketing yang baik.

Sehingga besar kemungkinan, pelanggan akan melakukan pemesan di lain waktu dan dalam jumlah yang banyak. Jadi, dalam menjual produk secara online mesti memberikan komitmen supaya konsumen puas membeli produk usaha yang dipasarkan.

Cara UMKM Maju Tanpa Ribet

Pelaku bisnis tetap produktif menjalankan dan mengelola UMKM di era go digital. Cara efektifnya, tetap harus mengatur atau memanajemen pengeluaran dan pemasukan. Tujuannya agar keuangan tetap terorganisir dengan baik. Jika bisnis UMKM dilakukan secara offline dan memiliki catatan manajemen keuangan. Di era go digital pun demikian.

Maka dalam menjalankan bisnis secara online juga perlu manajemen keuangan menggunakan software. Kini, Software Akutansi yang mudah digunakan sebagai pilihan utama yaitu Accurate Online. Layaknya buku untuk mencatat pemasukan, tapi dengan sistem online. Aplikasi yang praktis dan mudah digunakan.

Di lansir dari laman accurate.id, bahwa aplikasi Accurate Online sudah berhasil meraih Top Brand Award selama 6 kali berturut-turut sejak tahun 2016 lalu. Hal itu, menjadi jaminan sebagai kredibilitas untuk pilihan software terbaik dalam mengelola keuangan yang akurat. Sehingga UMKM go digital dapat berkembang lebih maju dan selaras.

Milenial go digital menjadikan UMKM maju, walaupun ditengah pandemi tetap harus mengambil peluang. Maka selain menjalankan usaha go digital, perlu menggunakan Aplikasi Bisnis secara online, supaya teroganisir dengan baik. Menjalankan dan mengelola laporan keuangan secara online menjadi sejalan. Sehingga Accurate Online, perlu dimiliki milenial dalam menjalankan UMKM go digital.

“Keunggulan Accurate Online mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan yang tepat, akurat dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja karena dikembangkan dengan basis cloud computing yang aman”.

Selain itu, Accurate Online memiliki fitur canggih. Memudahkan menjalankan dan mengelola suatu bisnis, karena fitur Accurate Online sangat lengkap. Nah, Accurate Online dapat di gunakan dengan investasi sebesar 200 ribu rupiah perbulannya. Oleh karena itu, solusi usaha maju dan manajemen keuangan lebih maksimal di era go digital, pakai Accurate Online..!