Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panen Tiba

Udara sejuk terasa kala memandang padi tumbuh di persawahan. Usai penanaman padi akan tumbuh subur dan kian menguning di persawahan warga. Air menggenangi sampai padi di panen. Sawah di pemukiman warga menghadirkan suasana, suara jangkrik dan kodok ikut menghiasi.

Sawah selain di tanam padi, menjadi tempat berternak ikan. Ikan lele, mujair, gabus dan habitat hewan lainnya. Persawahan menjadi salah satu lokasi masyarakat menggantungkan hidup. Terutama menghasilkan kebutuhan pokok yaitu beras. 

Hasil pertanian tersebut dijual dalam bentuk gabah atau setelah menjadi beras. Olahan berasa untuk kue dan makanan lainnya. Itulah kehadiran sawah, menghasilkan padi hingga menjadi beras. Begitupula ladang menghasilkan sayur mayur dan lainnya. 

Sawah memiliki manfaat bagi masyarakat bahkan di permukiman. Mampu menampung pembuangan air hujan disekitar pemukiman. Hasil panen tiba, para petani mulai panen. Menyabit padi di sawah dengan senang, hasil kian melimpah.

Selain di pemukiman warga yang berlokasi di sekitar persawahan. Para petani di pedesaan giat menanam padi untuk kebutuhan. Sejak sawah mulai di tanam bibit padu akan dirawat dan dipupuk sampai tiba waktu panen. Suasana sawah indah dipandang mata. 

Apalagi waktu penanaman dan panen tiba suasana jadi memukau. Dari kisah tersebut dapat diambil pelajarannya. Sehingga muncullah puisi berjudul: Panen Tiba. Untuk mengenang awal kehidupan. Sampai sekarang beras sebagai makanan pokok di Indonesia, melimpah ruah hasil petani. 

Puisi: Panen Tiba
Oleh: Hasbun Doya


Benih tertanam

di tanah liat, tumbuh subur

benih terawat bersama curah hujan

menumbuhkan, cuaca dan mentari

munculkan tunas terus berkembang

tumbuhkan batang, daun

dan mengeluarkan biji


Menabur benih untuk di tuai

cukuplah hidup yang sahaja

tanaman pun tiba waktunya

panen melimpah menuai hasilnya


Sejak benih tumbuh dan dipanen

untuk hidup dan menghidupi

sampai padi menguning

semakin berisi

bahkan gabah tersusun

tiada terhitung


Kala panen raya tiba

sanak saudara riang gembira

pergi pagi melihat hasilnya

sampai selesai 

rasa syukur tak terhingga

karena panen tiba.