Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemandangan Indah di Kandang Rusa

Pepohonan rindang menghadirkan udara sejuk tak terbantahkan. Salah satunya di pemandangan indah berharmoni di kandang rusa. Lahan yang cukup luas, dikelilingi pagar besi yang kokoh, dihuni sekelompok rusa yang sehat dan segar menjadi lokasi masyarakat bersantai riya di sore hari.

Pemandangan indah di kandang rusa. Terlihat jelas sekumpulan rusak sedang tidur dibawah pohon rindang. Adapula yang sedang makan, seketika pengunjung datang tinggal sodori sayuran langsung dimakan lahap. Bersahabat sekali saat rusa diberi makanan dari luar pagar. Pengunjung santai mengulurkan makanan. 

Rusa tergolong satwa liar yang dilindungi. Rusa juga memiliki 4 kaki seperti binatang pada umumnya. Memandang rusa seperti melihat kambing, kerbau dan sapi. Rusa memiliki tanduk yang runcing dan bercabang. Rusa hidup di hutan rindang dan berkembang biak.

Setiap yang mendekat, kawanan rusa ikut mendekat. Makanan berupa sayuran disuguhkan, seolah ingin mendekapnya untuk bersua. Besi kokoh selalu membendung menjadi pembatas antara kawanan rusa dan pengunjung. Jika tidak rusa bisa lepas dari kandangnya. Heboh jika bisa lepas, tapi tidak mungkin karena pagar pembatas terbuat dari besi dan didalam kandang disediakan tempat berteduh. 

Di kandang tempat tinggal Rusa, gemar memakan tumbuhan, seperti sayuran berupa wortel, kangkung, dan lainnya. Ternyata kotoran rusa hampir sama dengan kotoran kambing. Sekilas seperti biji kopi yang menyatu, bulat dan kecil-kecil. Mendekati kandang rusa seperti berada di hutan rindang. Apalagi udara sejuk terasa pagi, siang dan sore hari. 

Penangkaran rusa dilakukan di perkebunan atau di lahan pertanian memadai, menghadirkan pemandangan indah. Rusa salah satu hewan yang dapat dikonsumsi dan dibudidayakan. Rusa termasuk satwa yang dilindungi sebab populasinya sudah terancam punah. Sehingga kehadiran penangkaran rusa tersebut menyenangkan masyarakat tak terkecuali anak-anak yang hadir ke lokasi. 

Selain memelihara satwa liar yang di lindungi di kebun binatang, dapat pula dilakukan pada lahan di perguruan tinggi. Salah satunya menjadi lokasi penelitian secara umum yang memudahkan. Kehadiran rusa tersebut, mudah terjamah memberikan manfaat sebagai tempat edukasi di lingkungan yang asri. 

Kawanan rusa yang tinggal di lahan yang telah disediakan akan terus berkembang biak secara berkesinambungan. Rusa memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan kambing, namun cula pada rusa lebih menonjol, tajam, dan bercabang-cabang. Perlu berhati-hati jangan sampai tanduknya terkenal tangan bisa-bisa terluka dan berbahaya. 

Penangkaran rusa yang berada di sekitar keramaian memberikan manfaat. Menghadirkan pemandangan indah walaupun terkadang mencium aroma seperti sedap-sedap asam yang berasal dari kandangnya. Namun karena suasana kandang memiliki tumbuhan  hijau yang dibudidayakan dan ditanam dengan sepenuh hati, kondisinya cukup nyaman dan asri. 

Walaupun demikian, aroma tersebut seketika lenyap karena kehadiran kawanan rusa yang menggemaskan menghiasi lahan. Nampak pemandangan indah di penangkaran rusa, dijadikan masyarakat untuk bersuka cita. Apalagi jika sore hari, sambil berolahraga pengunjung mampir ke lokasi mendekati rusa. 

Tentunya kehadiran rusa dibawah pohon yang rindang, memberikan keramahan pada lingkungan. Pemandangan tercipta dari kawanan rusa yang hidup berdampingan. Memberikan kedamaian berharmoni dalam pandangan, menghadirkan suasana yang indah dan penuh sahaja.

Begitulah rindangnya pohon, di bawahnya terdapat kawanan rusa yang hidup dengan damai. Terkadang kawanan rusa seringkali bersua dengan masyarakat yang berlalu lalang. Seolah ingin mengajak bercanda dan bercengkrama. Dikala suka maupun duka dalam harmoni dari waktu ke waktu.

Cerita pemandangan indah di kandangan rusa. Memberikan sensasi bagi masyarakat. Terutama anak-anak yang datang mengenali bintang rusa. Terlihat senang saat melihat kawan rusa datang. Pengunjung sudah siap membawa makanan rusa berupa sayuran untuk di suguhkan dari luar pagar.