Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Contoh Teks MC Singkat dan Mudah

Pembawa acara atau MC berperan penting pada suatu acara. Kesuksesan acara juga tergantung pada MC. Menjadi tugas pembawa acara mengatur jalannya acara baik memandu pelaksanaan agar sukses dan kondusif. Pembawa acara apa saja baik formal, informal dan semi formal. 

Langkah mudah menjadi MC perbanyak latihan dan membaca kumpulan contoh-contoh MC yang mudah dan singkat agar dapat dikembangkan. Membaca contoh-contoh teks MC akan bermanfaat. Kegiatan acara dipandu MC, suasana lancar dan nyaman. Para tamu undangan akan terkesima dengan acara yang menarik. 

Hal itu berpengaruh pada MC. Berlaku pula pada semua acara, MC berperan mengambil alih acara sampai selesai. Menjadi MC bisa ditekuni, banyak yang sukses jadi MC profesional. Bahkan MC kondang terkenal seantero negeri. 
Patah tumbuh hilang berganti, regenerasi sudah tentu terjadi. Menjadi kesempatan sekiranya tertarik menjadi MC sampai terkenal. Persiapkan saja. Membaca teks MC dan dipelajari. Kini lebih mudah menulis teks MC mengikuti panduan contoh teks mc pernikahan, ulang tahun, seminar dan pelatihan serta kegiatan lainnya. 

Supaya terbiasa buatlah teks MC dan di tulis di kertas, mulai dari susunan acara pembukaan, sambutan, doa dan penutup. Teks susunan acara umumnya memang sama. Hanya cara menyampaikan dan pembawaan versi masing-masing. Belajar melihat suatu acara, bagaimana MC berperan dalam suatu acara. 

Tujuannya supaya mendapat pemahaman, tonton saja acara di berbagai media sosial. Sekalian perhatikan bagaimana membawakan acara. Misalnya MC formal acara-acara besar dan kecil. Begitupula acara informal dan semi formal di perhatikan dengan baik. Tampilan menjadi MC mulai dari acara di lingkungan. Perbanyak bertanya dan latihan. Menyesuaikan saja, teks MC dibuat dengan rapih untuk belajar

Menjadi seorang MC perlu belajar dan latihan. Membawakan berbagai acara sesuai kemampuan. Latihan membaca teks MC untuk persiapan. Tersedia banyak teks MC yang bisa dijadikan pedoman dan sarana belajar. Kumpulan contoh teks MC mulai dari MC pernikahan, ulang tahun, seminar atau pelatihan lainnya.

Kumpulan contoh teks mc dibuat memudahkan untuk latihan. Pembaca acara atau MC bisa jadi hobi yang layak ditekuni. Bahkan dapat sebagai profesi untuk pekerjaan. Menjadi MC memiliki peluang dan setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan yang sama.

1. Contoh MC Resepsi Pernikahan

Acara pernikahan paling banyak dijumpai disekitaran. Jika sudah latihan dan belajar dengan baik. Langsung praktek membawakan acara pernikahan dilingkungan keluarga dan masyarakat tempat tinggal. Itu kesempatan untuk mencoba agar terbiasa. 

Kemudian jangan lupa evaluasi untuk kemajuan. Evaluasi setiap selesai membawakan acara. Sekiranya apa yang kurang baik di pelajari lagi. Semakin konsisten tampil akan lebih santai dan percaya diri. Dengan sendirinya akan semakin lebih baik. 

Jika sudah biasa akan mudah membawakan acara mc di pernikahan. Termasuk acara resepsi. Teks susunan acara tersedia untuk sarana belajar. Salah satunya berikut ini, contoh teks mc resepsi pernikahan.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

Yth Keluarga Mempelai Pria
Yang kami hormati alim ulama, cerdik pandai.
dan yang kami hormati bapak/ibu tamu undangan berbahagia.

Alhamdulillah.. 
Puji syukur kepada Allah SWT 
Pada kesempatan ini, kita masih diberinya kesehatan. Keselamatan, dan karunia Allah SWT. Sehingga kita dapat berkumpul di acara resepsi pernikahan saudara... dan... Yang berlangsung di kediaman mempelai... 

Sholat dan salam, selalu dihaturkan kepada junjungan, Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga syafaatnya kita dapatkan di yaumil qiyamah. Aamiin. 

Untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Marilah kita sama-sama membuka acara ini, dengan lafadz basmallah: Bismillahirrahmanirrahim.. 

Susunan Acara Resepsi Pernikahan
1. Pembukaan: Assalamu'alaikum. 
2. Sambutan
- Mewakili keluarga besar
- Wakil Tamu Undangan
3. Pembacaan Al-Quran
(Jika bersamaan dengan akad, pembacaan Al-qur'an di acara akad). 
4. Doa 
5. Foto bersama
6. Penutup: Alhamdulillah. 
7. Hiburan: Mok mok Electone

Hadirin tamu undangan berbahagia. Mewakili keluarga besar kami ucapkan terimakasih atas kehadirannya. Semoga doa bapak/ibu dapat mengantarkan keduanya dalam membina keluarga yang sakinah mawadah, warohmah. Aamiinn Ya Robbalalamin..

Terimakasih kepada naungan yang sudah berpartisipasi diacara ini. Wedding organizer: mik Productions. Tata rias: mok salon, dan Wardrobe persembahan dari: muk organizer. Tentunya Catering: Koh Catering dan lainnya. Kami akhiri: Wassalamu'alaikum wr..wb.

Dipersilahkan bapak/ibu untuk menikmati sajian yang sudah disiapkan. Selanjutnya, acara hiburan akan dipandu langsung oleh mok mok electon.. Dipersilahkan. 

Nah, itulah contoh teks mc resepsi pernikahan. Sekiranya digunakan untuk belajar membawakan acara dan membuat teks susunan acara lebih baik baik lagi. 

2. Contoh MC Seminar dan Pelatihan

MC di acara seminar dan pelatihan lainnya. Membawakan acara patihan dan seminar tentu lebih mudah jika dipelajari. Menyesuaikan keadaan dan kondisi acara, agar tenang dan santai. Buatlah susunan acara dan siapa saja pengisi acara. 

Hal itu, menjadi salah satu peran MC. Misalnya acara sudah dibuka dan narasumber masih diperjalanan. Tinggal komunikasi untuk mempersiapkan segala kebutuhan acara. Sebab bisa saja terjadi, ketika acara sudah dimulai dan acara pembukaan sudah selesai. Namun, saat akan masuk ke acara inti narasumber masih diperjalanan. 

Maka MC berperan membuat acara jadi kondusif. Memberikan permainan ke peserta dan lainnya. Kemudian dapat dialihkan untuk menyanyikan lagu mars di suatu kegiatannya yang berlangsung. 

Selain itu, bisa ditambah dengan acara hiburan, memperkenalkan anggota penyelenggara acara, mengenalkan sponsor acara jika ada, dan menjalin komunikasi dengan peserta supaya tidak ada yang keluar masuk ruangan. Untuk mc berikut teks mc acara seminar dan pelatihan;

Assalamu'alaikum.. 
Selamat pagi, salam sejahtera, om Swastyastu namo buddhaya. 

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita bisa berkumpul di ruang ini. Dalam keadaan sehat dan sejahtera selalu. 

Sholawat kepada Rasulullah SAW, tiada henti kita curahkan. Mengharapkan barokah dan syafaat kelak. Aamiin

Hadirin semuanya. Marilah kita sama-sama membuka acara ini dengan lafaz bismillah. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin dipersilahkan berdiri.. 

1. Pembukaan. 
2. Lagu Indonesia Raya
3. Sambutan:
4. Doa
5. Penutup:

Baik, terimakasih. Demikian rangkaian acara seminar pada pagi hari ini. Mohon maaf jika ada salah kata. Saya akhiri wassalamualaikum..

Selanjutnya acara inti akan dipandu langsung oleh moderator... 
Kami persilahkan. 

Acara seminar dan pelatihan dibuka oleh pembawa acara. Bisa juga pembawa acara menjadi moderator langsung. Artinya tidak perlu mencari moderator lagi. Namun disesuaikan perannya. Jika membawakan mc saja selesai. Begitu pula Jika berperan ganda, setelah mc dan jadi moderator. Sebisa mungkin tetap lakukan yang terbaik. 

Namun lebih kondusif jika selesai acara pembukaan, dan masuk acara inti dipandu oleh moderator. Pada intinya, contoh teks MC merujuk pada susunan acara. Untuk cara penyampaian MC bisa sesuai kebiasaan masing-masing. 

3. Contoh Teks MC Akad Nikah

Berikut ini, contoh teks acara akad nikah di rumah. Membawakan acara pernikahan secara formal. Pembawa acara atau MC akan memandu acara hingga selesai. Untuk contoh teks mc acara akad pernikahan singkat dan mudah. 

Assalamualaikum

Selamat pagi bapak/ibu. Selamat datang di acara akad nikah saudara .. dan saudari.. 
Yang berlangsung di kediaman melalui wanita. Tepat pada tanggal.. Hari.. Tahun.. Keduanya akan segera melaksanakan ijab qabul. 

Yth. Calon mempelai pria dan keluarga besar
Yang kami hormati bapak/ibu tamu undangan yang berbahagia. Sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita Rasulullah SAW. Semoga syafa'at beliau kita dapatkan di akhirat kelak. Aamiin.. 

Contoh teks susunan acara akad nikah. Susunan acara akad nikah seperti biasanya. Setelah acara dibuka MC, dan telah menjalankan rangkain acara sejak awal penyambutan, kepada pihak keluarga, seserahan dan lainnya. Sampai pada calon kedua mempelai sudah disandingkan bersama dihadapan penghulu..

Kemudian acara sambutan dan seterusnya sampai selesai. Untuk membuat teks MC di acara akad nikah bisa dilakukan dengan mudah. 

Contoh teks MC akad nikah singkat dan mudah, sebagai berikut:

1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat Suci Al-qur'an
3. Khutbah nikah
4. Ijab kabul
5. Doa
6. Mahar: Penerimaan mahar
7. Sungkeman
8. Penutup. 

Susunan acara memang mudah. Sebatas menulis pembukaan sampai penutup. Untuk membawakan acara, seorang MC memiliki caranya. Bagi membawa acara membawakan acara pernikahan menjadi hal biasa. Sesuaikan dengan kebiasaan dan lakukan sampai selesai. 

Dalam acara akad pernikahan, biasanya dilakukan dalam waktu bersamaan. Pagi akad nikah dan langsung dilanjutkan acar resepsi pernikahannya. Menyesuaikan saja acara akad dan resepsi. 

Namun ada juga setelah akad, melangsungkan acara resepsi dilain hari. Artinya menyesuaikan saja dengan acaranya. MC tinggal berbicara membawakan dan menjalankannya dengan baik. 

Kumpulan contoh teks MC singkat dan mudah. Dibuat berdasarkan teks susunan acara yang biasanya. Sehingga kemudahan sekiranya ada yang membutuhkan teks MC, bisa lebih mudah. Apalagi sekarang ini, susunan teks MC sudah bertebaran dan mudah diakses. 

Sehingga untuk membuat teks susunan acara, MC jadi lebih mudah. Demikian kumpulan teks MC singkat dan mudah. Tertera teks mc resepsi pernikahan, mc seminar dan pelatihan, serta mc di acara akad nikah.
 
Untuk keperluan latihan menjadi MC atau pembawa acara. Percayalah siapa tahu rezeki menyertai dan cocok di profesi ini. Semoga bermanfaat.