Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Naskah Narasi Voice Over Untuk Pemula

Naskah Voice Over (VO), sebagai panduan penting berisi narasi keterangan sesuai produk atau jasa. Narasi teks dibacakan Voice Over, dengan fokus. Voice over atau pengisi suara merupakan pekerjaan yang bisa ditekuni. Untuk narasi teks dapat dibuat sendiri atau mengikuti iklan di televisi. 

Siapapun bisa jadi pengisi suara, gunakan hasil rekaman untuk konten di kanal YouTube agar mempermudah melihat hasil voice over yang telah dibuat. Belakangan ini, konten kreator juga melibatkan pengisi suara. Jika hasil voice over unik itulah tujuan utama. Perhatikan konten di kanal YouTube, pengisi suara mantap dengan berbagai hasil yang unik. 

Voice Over bekerja dibalik layar, fokus untuk memproduksi sulih suara. Menghasilkan sulih suara perlu latihan. Menjadi voice over menjanjikan sebagai hobi yang menghasilkan. Industri kreatif juga membutuhkan pengisi suara. Maka kesempatan baik jika berkeinginan menjadi voice over. 
Belajar voice over gampang-gampang susah. Sederhana saja untuk tahap awal modal utama yaitu Membaca. Baca teks narasi dari berbagai sumber bacaan. Perbanyak membaca disesuaikan dengan pembawaannya. Misalnya membaca naskah sarana latihan di media sosial.

Teknik praktek Voice Over dapat disaksikan lewat kanal youtube, berbagai tutorial telah diunggah para voice over talent Indonesia. Hal itu, memudah voice over pemula untuk belajar dan menekuni pekerjaan di bidang pengisi suara. Skill sulih suara terus digali dan ditekuni, karena era digitalisasi pengisi suara kian dibutuhkan. 

Membaca narasi VO disesuaikan saja. Kemudian baca lagi dengan cara berbeda-beda. Membaca lambat, membaca cepat dan membaca teks lebih cepat. Dengan sendirinya akan menghasilkan perbedaan hasil sulih suara. Sarana pendukung untuk bahan evaluasi, gunakan gawai untuk menampung hasil rekaman. 

Kemudian memilih teks narasi, teks untuk iklan makanan dan minuman, pakaian maupun jasa. Untuk lebih mudah belajar VO, naskah bisa dibuat sendiri atau membaca tulisan di produk makanan atau minuman secara langsung. Lihat iklan di televisi atau di kanal YouTube. Sebagai tambahan refrensi untuk belajar latihan voice over. 

Nah, contoh narasi teks untuk latihan voice over dapat dibuat sendiri. Lebih jelas perhatikan dan gunakan contoh teks narasi berikut ini:

1. Contoh narasi voice over untuk iklan produk.

AKTIVITAS DILUAR RUMAH/ KULIT WAJAH/ TERPAPAR MATAHARI// SINAR UVA DAN UVB/ MEMPENGARUHI KULIT DALAM/ DAN KULIT PERMUKAAN// WAJAH JADI KUSAM DAN KERING// MEMBUAT KU TERGANGGU DAN TIDAK PERCAYA DIRI///

NAMUN/ AKU TAK PERLU KHAWATIR LAGI/ KARENA AKU PAKAI/ GARNIER SAKURA WHITE PINKISH RADIANCE WHITENING CREAM// MENGANDUNG EKSTRAK ALAMI 5X SAKURA JEPANG/// 

MEMBUAT WAJAH KU CERAH ALAMI// WHITENING SERUM CREAM SPF/ MEMBUAT KULIT WAJAH/ JADI GLOWING/ AKTIVITAS DI LUAR RUMAH/ LEBIH PERCAYA DIRI/// AYO PAKAI GARNIER SEKARANG ///

2. Contoh naskah voice over untuk iklan makanan dan minuman. 

MINUMAN SEGAR PILIHAN KELUARGA/ MARJAN/ TERASA DAHAGA// RASA MANIS/ SEPERTI SENYUMAN BERBUKA PUASA// BERBUKA DENGAN YANG MANIS/ BERSAMA/ MARJAN///

OMICRON MASIH MELANDA/ KEBERSAMAAN KEMBALI DI TUNDA/// AKAN TETAPI/ KENIKMATAN DAPAT TERASA/ KARENA INDOMIE/ MAMPU MELAKUKANNYA/// 

INDOMIE GORENG/ PEDAS/ TERASA BUMBUNYA// KENIKMATAN BEGITU SELERA// MEMBUAT LIDAH INGIN BERGOYANGGG/// INDOMIE/ SELERA KU// RASAKAN NIKMATNYA/ SETIAP WAKTU///

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

PANDEMI MASIH MELANDA// AWAS COVID-19 MEMATIKAN/ PEDULI LINGKUNGAN/ PATUHI PROTOKOL KESEHATAN// AYO SELAMATKAN INDONESIA DARI PANDEMI/// INDONESIA SEHAT/ INDONESIA BISA///

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT/ DI PERSEMBAHKAN OLEH/ GERMAS// GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT/// BERSAMA/ KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA///

4. Contoh teks narasi iklan lainnya. 

SEMARAK INDONESIA LAWAN PANDEMI/// SAKSIKAN/ KONSER BERTUAH KEABADIAN///
BERSAMA RASA MELAWAN PANDEMI///

DI MERIAHKAN LANGSUNG/ OLEH BINTANG-BINTANG PAPAN ATAS TANAH AIR/// SABTU: PUKUL 19:00 WIB// LIVE DI PANDEMI TV///

5. Contoh narasi voice over lainnya. 

SENSASI KENIKMATAN KOPI PILIHAN// AROMANYA MEMIKAT BIBIR/ BANGKITKAN GEJOLAK/// 

KINI HADIR KEMASAN BARU/ KOPII GULA ARENN// KEHANGATAN MENYATU SEMPURNA/ DALAM TEGUKAN/// KOPI GULA AREN/ NIKMATNYAAA/ OOHH / SEDAPPP///.

Narasi teks dibaca lambat, cepat dan lebih cepat. Tahap awal cukup susah, baca sampai rahang terasa sakit supaya hasilnya maksimal. Tujuannya membaca narasi lebih mudah dan tidak terbata-bata. Contoh teks narasi untuk voice over bisa dibuat sendiri sesuaikan saja untuk latihan. Membaca dengan cara "Smilling Voice dan Smilling Face". Untuk menghasilkan voice over yang menarik. 

Latihan dasarnya yaitu membaca narasi mulai, kedua bibir tidak bersentuhan, hanya lidah dan gigi saja yang bergerak, bulatkan suara dan ulangi dengan baik. Narasi voice over lebih bagus dibuat panjang untuk latihan pemula. Semakin lama di evaluasi akan menemukan hasilnya. Jangan lupa mencoba menirukan suara iklan di televisi, ulangi dan ucapkan kalimat dengan jelas. 

Narasi teks di atas hanya sebatas contoh saja. Sekiranya bisa bermanfaat untuk latihan voice over, terutama bagi pemula. Namun alangkah baiknya jika membuat narasi teks sendiri, supaya terbiasa menulis narasi. Jika memiliki keahlian membuat narasi cerpen, dapat digunakan untuk sarana latihan. 

Membaca percakapan pada cerpen, gunakan suara sesuai peran di alur cerita. Misal cerpen berisi percakapan orang tua, pria dan wanita maka bacakan teks gaya orang tua dan dan lainnya. Jika latihan konsisten dan hasil voice over maksimal maka peluang untuk menjadi voice terbuka lebar. Selamat mencoba..!