Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beternak di Lahan Terbatas

Cara berternak dilahan terbatas memperhatikan suasana lingkungan. Lahan terbatas yang dimaksud saat berkeinginan beternak dilahan sempit. Misal tinggal di kota, rumah atau tempat tinggal memiliki lahan sempit perlu berfikir ulang. Mempertimbangkan kebersihan dan kenyamanan masyarakat. 

Berternak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Cara mengisi waktu luang salah satunya ialah beternak. Memilih lokasi ternak perlu keadaan kondusif. Namun bagaimana jika berkeinginan memelihara ternak di lahan terbatas? . Memanfaatkan lahan kecil untuk berternak dan tidak menggangu aktivitas. 

Salah satunya memilih berternak hewan peliharaan sejenis unggas khusunya ayam, bebek, dan itik. Memiliki lahan terbatas disekitar tempat tinggal yang strategis dapat dijadikan lokasi beternak. Misalnya di pedesaan, jika di kota mungkin lokasi tidak memungkinkan karena menggangu aktivitas warga.
Berternak di lahan terbatas hanya sebatas memelihara ternak menyesuaikan lokasi. Memiliki lahan cukup untuk saran berternak ikan atau unggas mendatangkan berkah. Berternak menjadi salah satu profesi yang dapat dijadikan ladang usaha. 

Menghasilkan hewan ternak yang sehat akan mudah dipasarkan. Memasarkan bibir ternak unggas atau ikan juga dapat dilakukan di lahan terbatas. Sehingga hasil ternak dapat dijual sebagai bibit peternakan. 

Biasanya memilih ternak yang sekiranya disukai. Misalnya fokus pada ternak ayam kampung. Ayam kampung memiliki harga relatif tinggi. Sekiranya memiliki hunian yang menyisakan lahan dapat digunakan untuk ternak. 

6 Tips Beternak di Lahan Terbatas

Memilih dan menentukan ternak yang akan dipelihara yaitu ayam, itik atau bebek. Jika lokasi memungkinkan semua ternak tersebut dapat di pelihara pada satu lahan. 

Berternak di lahan terbatas juga dapat melakukan tips berikut ini, sebagai bahan mempertimbangkan yaitu:
  • Memastikan lahan tersebut tidak mengganggu beraktivitas di tempat tinggal
  • Jarak dengan rumah tetangga tidak berdekatan dan lahan tersebut tidak mudah terjamah
  • Bagian halaman belakang dan samping yang strategis dapat dijadikan lokasi beternak. 
  • Lokasi tidak mengganggu aktivitas warga dan lahan terdapat pohon tumbuh, rumput dan tumbuhan ilalang. 
  • Berternak di lahan terbatas hanya untuk menggunakan waktu luang dan untuk memenuhi kebutuhan
  • Tidak terlalu banyak karena dikhawatirkan tidak terawat dengan baik menimbulkan ketidaknyamanan sekitar tempat tinggal. 
Jika lokasinya tidak memungkinkan yang akan menggangu aktivitas masyarakat maka cukup membeli lahan yang memungkinkan berdasarkan letak geografis dan keadaan sekitanya. 

Beternak di lahan terbatas yang memungkinkan, akan menghasilkan. Lahan terbatas bukan berarti tidak dapat digunakan. Namun jika telah di pertimbangkan dan lokasinya meyakinkan, buatlah kandang ternak dalam skala kecil. 

Namun kondisi dan keadaannya perlu di pertimbangkan. Misalnya tempat tinggal di sudut kota dan strategis untuk dijadikan lahan untuk berternak. Asalkan tidak mempengaruhi aktivitas di tempat tinggal dan dalam jumlah yang banyak. 

Berternak di lahan terbatas begitu menyenangkan. Selain beternak untuk mengisi waktu luang, tentunya untuk mencukupi kebutuhan. Adanya ternak di lahan terbatas tetap dapat menghasilkan. 

Berternak ayam akan menghasilkan telur dan daging. Telur ayam dijual atau dikonsumsi. Begitupula degan daging ayam, yang dapat dikonsumsi atau dijual per ekor. 

Seringkali melihat unggas yang dipelihara di lahan terbatas mampu mencukupi kebutuhan hewani. Setidaknya dengan berternak walaupun di lahan kecil memberikan manfaat bagi kebutuhan.