Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antara Kopi, Madu, Susu dan Teh

Tumbuhan kopi dan teh tumbuh subur di Indonesia. Sebagai hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah bahkan dunia pun mengakui nikmatnya minuman kopi, madu, susu dan teh. Selain itu, ada minuman jus buah, jamu, dan aneka minuman lain untuk dikonsumsi, baik dikala lapang maupun sempit. Hahahaa.. 

Fokus pada minuman Kopi, madu, susu, dan teh ialah diantara jenis minuman yang sudah biasa dikonsumsi. Apa yang membedakan kopi, madu, susu, dan teh? Kopi dan teh dihasilkan dari tumbuhan, sedangkan madu dan susu dihasilkan dari hewan ternak.

Mengenai kopi, madu, susu dan teh dapat di ambil hikmah pembelajaran untuk dijadikan sebagai objek telaah dalam berfikir. Dalam Al-Quran juga menjelaskan mengenai tumbuhan, kopi dan teh adalah jenis tumbuhan yang bermanfaat untuk dijadikan minuman.
Begitupula dengan madu dan susu, hanya saja kedua minuman tersebut sangat jelas dalam Al-quran dan Sunnah karena menyebutkan kata madu dan susu. Salah satunya berbunyi;

(68) Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia; (69) kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. (QS. An-Nahl [16]:68-69).

Diketahui madu dan susu adalah minuman yang disukai Nabi Muhammad SAW. Madu sebagai anugerah yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Imam Bukhari dalam sahih-nya bab kitab at-thib bahwa dijelaskan ada seorang laki-laki mendatangi Nabi untuk bermaksud meminta saran karena saudara laki-laki tersebut perutnya sakit, kemudian Nabi menyuruh agar saudaranya diberi minuman yang dicampur dengan madu.

Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw, seraya berkata: “Sesungguhnya saudaraku perutnya mulas”, maka Rasulullah saw bersabda: “Minumkanlah ia madu”, kemudian orang itu kembali mendatangi Rasulullah saw kedua kalinya, lalu Rasulullah saw bersabda: 

“Minumkan lagi ia madu”, kemudian orang itu kembali mendatangi Rasulullah saw ketiga kalinya, seraya berkata: “Saya telah melakukannya”, kemudian Rasulullah saw bersabda: 

“Allah berkata benar, dan perut saudaramu berdusta, maka berilah saudaramu itu madu”. Lalu orang itu memberi si sakit itu madu, kemudian si sakit sembuh” (HR. Bukhari-Muslim). (Shahih al Bukhari/7/123)

Madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terdapat berbagai macam produk kesehatan yang menggunakan bahan utama madu. Sebab madu mampu menangkal virus dan bakteri baik luar dan dalam tubuh. 

Selain madu yang dijelaskan dalam Al-quran dan sunnah, juga terdapat penjelasan mengenai susu. Hewan ternak menghasilan susu yang dapat diolah untuk minuman, selain itu juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan secara luar dan dalam. Artinya selain madu, terdapat susu yang bermanfaat baik dalam tubuh maupun luar. 

“Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (yang berupa) susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya,” (Surah An Nahl Ayat 66).

Dijelaskan pula pada ayat lain menerangkan bahwa keistimewaan susu untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi: 

“Allah-lah yang menjadikan hewan ternak untukmu; sebagian untuk kamu kendarai dan sebagian lagi untuk kamu makan. Dan bagi kamu (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain padanya (hewan ternak itu) dan agar kamu mencapai suatu keperluan (tujuan) yang tersimpan dalam hatimu (dengan mengendarainya). Dan dengan mengendarai binatang-binatang itu, dan di atas kapal mereka diangkut,” Surah Ghafir Ayat 79-80.

Lalu bagaimana dengan kopi? Seringkali kopi terlintas hanya minuman, namun tak pernah terjamah dalam pikiran. Bahkan menyinggung tentang kopi, ternyata terdapat pula pada sabda Nabi Muhammad SAW yang telah banyak dituliskan. Yaitu;

Hal tersebut pernah disampaikan oleh seorang habib yang bertemu Nabi Muhammad SAW.

Habib tersebut bernama as-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi yang menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW, “Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara,”. Kemudian Nabi Muhammad SAW pun memberikan tiga hadits sekaligus, yaitu:

“Selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untuknya,”

“Barangsiapa yang menyimpan tasbih untuk digunakan berdzikir, maka Allah SWT akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berdzikir, baik ia gunakan tasbihnya atau tidak,”.

“Barangsiapa yang duduk bersama waliyullah yang hidup atau yang sudah wafat maka pahalanya sama saja dengan ia menyembah Allah SWT di seluruh penjuru bumi,”.

Dari kalimat tersebut tentu dapat menggugah hati, terutama bagi yang suka mengkonsumsi kopi. Setidaknya terdapat sabda Nabi, memberikan ketenangan dan kedamaian tersendiri, sehingga akan teringat saat sedang meracik kopi dan meneguk kopi dalam kesyahduan. 

Kenapa minuman kopi banyak disukai? Salah satunya, karena bubuk kopi sangat terjangkau mungkin dan eceran bubuk kopi di warung terdekat mampu awet berhari-hari. Hahaha.. 

Misalnya dalam satu bungkus bubuk kopi ukuran kecil, mampu dinikmati pagi, siang, malam dan esoknya. Bayangkan jika rutin minum susu atau madu, kemungkinan pengeluaran bisa menanjak tajam dibanding kopi. Hahaha.. 

Oke, kembali fokus. Mengenai kopi dan teh ialah berasal dari tumbuhan. Sedangkan dalam Al-quran menjelaskan mengenai tumbuhan dan manfaatnya. Secara nalar sudah mewakili karena merujuk pada kopi dan teh dari tumbuhan-tumbuhan. Di antara ayat yang menyinggung tentang tumbuhan ialah:

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui". (Qs. Yassin: 36). 

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?".(Qs. Asy Syuara: 7).

Maka tumbuhan memiliki manfaat pula untuk kesehatan dan asupan tubuh. Selian itu, mampu menghasilkan bahan utama ramuan obat untuk dikonsumsi. Antara kopi, madu, susu dan teh memiliki penikmatnya masing-masing. Minuman tersebut nikmat terasa. 

Nah, madu dan susu harganya jauh berbeda dengan kopi dan teh. Jadi wajar saja jika banyak yang minum Kopi dan teh. Hahaaha.. Sehingga kopi dan teh sangat nikmat dan mudah terjamah. Kelebihan kopi dan teh mulai dari berbagai kalangan karena harganya terjangkau. Wkwkw..