Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Hobi Menghasilkan Uang di Era Digitalisasi Modal Gawai (Smartphone)

Hobi adalah kegemaran, di era digitalisasi terdapat banyak hobi yang menghasilkan uang hanya modal gawai (Smartphone). Hanya modal gawai mulai dari proses pengerjaan dari awal sampai akhir sampai menghasilkan pendapatan. 

Kemajuan teknologi menghadirkan berbagai media sosial yang dapat digunakan. Konten yang dibagikan menjadi tontonan inspiratif dan menghibur. Terdapat hobi yang dapat ditekuni berhubungan langsung dengan pengguna media sosial dengan modal gawai. 

Namun apakah hobi tersebut dipengaruhi perkembangan zaman? Jika dilihat dari perkembangannya, hobi dapat disalurkan lewat perkembangan saran teknologi. Sehingga banyak peluang untuk menggunakan sarana yang tersedia. 

Hobi yang dimaksudkan berkaitan dengan modal utamanya. Terutama gawai yang dimiliki dan terhubung dengan data internet. Semua itu bisa dilakukan bagi yang memiliki hobi yang sama, sehingga peluang peluang tersebut dapat ditekuni. 
Akan tetapi, Apa saja hobi yang bisa menghasilkan uang dengan modal utama gawai di era digitalisasi? Tapi sepertinya sudah hal biasa dikenali secara umum. Beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang hanya modal gawai (Smartphone) tersebut, diantaranya ialah:

1. Menulis

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Memiliki hobi menulis dapat berbagi inspirasi kepada publik. Salah satu perkembangan digitalisasi memudahkan para penulis lebih mudah membagikan konten tulisan di media sosial baik berupa tulisan singkat (caption). 

Media sosial memiliki ruang untuk menggoreskan pena secara online. Hobi menulis dapat membuat berbagai konten tulisan yang dilakukan secara berkesinambungan. Sejak dahulu, menulis merupakan kegiatan yang begitu penting. 

Hobi menulis menghasilkan uang, dengan membuat tulisan yang dapat dibagikan di media sosial. Bahkan hasil tulisan dapat diterbitkan pada surat kabar baik cetak maupun elektronik. Tentunya jika memiliki hobi menulis bukan hanya menghasilkan uang namun berbagi manfaat untuk bahan bacaan. 

2. Pembawa Acara (MC) 

Hobi berbicara atau ngoceh-ngoceh cocok untuk jadi pembawa acara (Master Of Ceremony). Menjadi pembawa acara dapat menghasilkan uang. Menekuni hobi sebagai pembawa acara dapat dilakukan di berbagai kegiatan diantaranya di acara pernikahan, ulang tahun, dan lainnya. 

Selain itu, menjadi pembawa acara diberbagai kegiatan. Televisi, radio dan di kanal YouTube. Seiring kemajuan teknologi berbagai program di media sosial juga membutuhkan pembawa acara. Pembawa acara akan berperan pada program acara yang dijalankan. 

Pembawa acara akan menghasilkan pendapatan, tinggal panggil saja dari kontak personnya. Jika memiliki hobi berbicara dapat ditekuni dan berpeluang menjadi hobi yang bermanfaat. Sehingga dari hobi ngoceh-ngoceh dapat menghasilkan uang, peranannya sebagai pembawa acara (MC). 

3. Sulih suara (VO/Dubber) 

Siapa yang tak mengenal sulih suara (VO/dubber), seperti sudah tidak asing ditelinga masyarakat. Terutama saat menonton dan mendengar televisi, radio maupun kanal YouTube. Sulih suara menjadi salah satu hobi yang menghasilkan hanya modal gawai (Smartphone). 

Menjadi Voice Over dapat diawali dengan berlatih secara otodidak. Membuat konten inspiratif yang bermanfaat. Menghadirkan tontonan hiburan dan lainnya. Sulih suara biasa dilakukan untuk mengisi tayang di televisi, radio dan kanal YouTube. 

Pengguna media sosial, banyak membutuhkan jasa sulih suara (VO/dubber) untuk kebutuhan produksi konten yang akan dipublikasikan. Sehingga memiliki hobi bersulih suara akan menghasilkan pendapat yang lumayan. 

4. Editor Video

Editor video dapat menggunakan gawai (Smartphone) meskipun hasilnya sederhana. Namun jika memiliki keahlian editor video menggunakan aplikasi pada gawai hasilnya tidak kalah menarik. 

Salah satu hobi editor video dapat menghasilkan uang hanya modal Smartphone. Membuka jasa editing video juga dibutuhkan. Skill tersebut banyak dibutuhkan, untuk keperluan konten di kanal YouTube yang banyak ditekuni masyarakat. 

5. Game

Hobi yang menghasilkan uang modal Smartphone selanjutnya bermain game. Game adalah permainan untuk sarana hiburan. Bermain game ternyata dapat menghasilkan. Hobi tersebut banyak di lakoni masyarakat terutama dikalangan remaja dan dewasa. 

Memiliki hobi bermain game dapat mendatangkan sumber income. Lumayan selain hobi namun bisa menghasilkan uang, dan menggunakan modal gawai (Smartphone). 

6. Pemandu Wisata

Hobi jalan-jalan seringkali mengembangkan peluang untuk menjadi pemandu wisata (tour guide). Biasanya memasarkan paket wisata hanya modal gawai. Untuk mencari wisatawan baik lokal maupun luar. 

Hobi jalan-jalan namun menghasilkan uang, memasarkan paket wisata ke tujuan yang telah ditentukan. Pemandu wisata akan santai memasarkan paket wisata, hanya dengan modal gawai dan menggunakan sarana media sosial. 

7. Desain Grafis

Hobi yang mendatangkan penghasilan hanya modal gawai (Smartphone) berikutnya ialah desain grafis. Memiliki keahlian desain grafis memang banyak dibutuhkan. Baik di percetakan atau keperluan konten kreator. 

Tentunya menghasilkan uang dari keahlian tersebut memberikan pengaruh positif kepada masyarakat. Memberikan dorongan untuk menciptakan perubahan yang bermanfaat. 

8. Admin Media Sosial

Hobi yang mendatangkan penghasilan lainnya ialah kegiatan bermain Media sosial. Kini media sosial dijadikan sebagai sarana untuk berkarya, bekerja, dan berbisnis. Membuat media sosial menghasilkan menghadirkan konten yang bermanfaat. 

Jika memiliki hobi bermain media sosial dapat menjadi admin media sosial. Selain menjadi admin media sosial memiliki peran untuk membuat konten baik berupa gambar maupun video. Sehingga dapat menjadi hobi yang menghasilkan hanya modal gawai (Smartphone). 

9. Photographer

Hobi di bidang photographer memang sangat menghasilkan. Selain menggunakan Kamera SLR, menggunakan sarana yang praktis yaitu gawai (Smartphone). Mungkin hasil potretan gawai dengan kamera SLR jelas berbeda dari segi kecerahan, resolusi dan lainnya. 

Namun jika memiliki keahlian mengambil gambar dengan gawai (Smartphone) dapat menunjang pula untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga hasilnya dapat diunggah di media sosial secara konsisten, berupa potret tempat wisata, kuliner, dan lainnya.

Mungkin masih banyak lagi hobi yang dapat menghasilkan uang modal gawai di era digitalisasi. Peluang hobi yang mampu mendatangkan pendapatan modal gawai akan memudahkan dalam menjalankan. 

Jika hobi tersebut bisa menghasilkan dapat terus dikembangkan. Hobi menghasilkan uang hanya modal gawai (Smartphone) di era digitalisasi sudah banyak pula yang mengambil peluang. 

Nah, Kira-kira selain 9 hobi tersebut, hobi apalagi yang mampu menghasilkan uang hanya modal gawai (Smartphone) yang dimiliki? Jika dapat menyebutkannya, maka peluang hobi mu layak dijalankan. Selamat mencoba.. !