Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membuat Ramuan Tradisional Khas Indonesia

Ramuan tradisional khas Indonesia dibuat dari berbagai bahan. Diantaranya diambil dari hewani dan tumbuhan. Salah satu ramuan yang menyehatkan dibuat khusus dari bahan tumbuhan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Ramuan tradisional atau disebut juga dengan jamu kini mudah ditemukan di pasar. Berbagai produk olahan herbal seringkali dikonsumsi terutama bagi dewasa dan orang tua. Membuat jamu tradisional dari rempah-rempah Indonesia memiliki berbagai cara.Salah satunya membuat menggunakan teknologi modern dan cara tradisional. Membuat jamu tradisional tanpa bahan kimia menggunakan bahan alami. Proses pembuatan dilakukan dengan cara dijemur dan di tumbuk menjadi bubuk. 

Tahap awal membuat ramuan tradisional yang mudah dijalankan diawali dari pengumpulan bahan-bahan rempah. Bahan-bahan membuat ramuan tradisional ialah Temulawak hitam dan putih, lengkuas, jahe, lempuyang dan kunyit. 

Proses Pembuatan Ramuan Tradisional Indonesia

Proses pembuatan ramuan tradisional Indonesia sebagai obat yang menyehatkan melalui cara yang sederhana. Setelah bahan terkumpul dan telah dibersihkan. Berikut tahapan pada proses pembuatan ramuan tradisional yang menyehatkan:

  • Pisahkan masing-masing bahan dalam satu wadah berukuran besar. Memudahkan untuk memperkirakan jumlah masing-masing bahan. 
  • Masing-masing bahan di potong tipis-tipis. Cuci kembali lalu keringkan. 
  • Kunyit dan lengkuas diperkirakan. Tidak melebihi jumlah jahe, temulawak, dan lempuyang. 
  • Jemur dibawah terik matahari setiap hari sampai irisan rempah-rempah menjadi kering.
  • Setelah kering rempah-rempah tersebut kemudian di tumbuk atau digiling. 
  • Simpan kedalam toples dan tutup rapat. Bubuk ramuan tersebut diseduh 2-3 sendok makan kedalam gelas. 
  • Gunakan air panas dan aduk merata. Mengkonsumsinya tidak dicampur gula. Rasa pahit dan pedas dari sari pati rempah akan terasa. 
Ramuan tersebut menjadi bahan herbal untuk kesehatan dan dipercaya sejak dahulu untuk mengatasi penyakit dalam. Khasiat ramuan jamu memberikan manfaat bagi tubuh. Badan terasa kuat dan tidak mudah sakit. 

Salah satu mencegah bakteri dan jamur dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi herbal. Mengkonsumsi jamu dapat menangkal berbagai macam penyakit dalam. Cara membuat jamu tradisional memiliki bahan dan cara yang beragam. 

Disesuaikan pada keinginan untuk membuatnya. Ramuan herbal dari rempah-rempah dipercaya sebagai obat yang mujarab. Memiliki kebiasaan mengkonsumsi jamu akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh. 

Namun kini sudah tersedia berbagai macam jamu sehat yang mudah didapatkan. Tinggal dibeli di pasar terdekat atau di apotek, tinggal di sedih dan langsung dinikmati. 

Begitupula jika ingin membuat jamu langsung di rumah. Bahan-bahan jamu tradisional pun juga mudah didapatkan di pasar. Sehingga bahan membuat aneka minuman jamu sehat mudah dipilih sesuai keinginan.