Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nyata Azab Kubur Usia 18 Tahun

Siksa kubur ternyata mengerikan. Siksa kubur di hantam malaikat sampai tubuh lebam, menghitam kebiru-biruan. Seperti pada gambar, diambil dari kisah nyata pada kanal YouTube https://youtu.be/ovBiJpEiO4Y telah ditonton jutaan orang, unggahannya tertanggal 13 maret 2014 lalu. 

Kisah nyata siksa kubur memberikan pemahaman, sebagai pengingat selagi hidup di dunia. Saat menonton video kisah nyata tersebut, benar-benar membuat bulu kuduk merinding bukan kepalang. Rasanya ngeri-ngeri pedih menyaksikan bukti siksa kubur dirasakan mayat yang mengerikan. 

Tertera pula pada keterangan di kanal YouTube itu. Bahwa dalam keyakinan umat Islam, orang yang sudah meninggal di dalam kubur akan mendapatkan ganjaran sesuai apa yang dikerjakan selama di dunia. Balasan Allah begitu nyata. 
Jika baik maka balasannya baik dan jika jelek siksalah yang akan didapatkan. Video tersebut menjadi bukti bahwa siksa kubur itu ada. Keterangannya jelas tertulis dan terbaca saat menonton siksa kubur itu. Tak bisa dibayangkan betapa pedihnya azab kubur, belum lagi azab dunia Allah berikan. 

Mengenai Siksa kubur, ternyata tertera pada hadist HR. Bukhori-Kitab Al-Janaiz. Bahwa: "Aisyah bertanya tentang azab kubur, Rasulullah menjawab; Ya, azab kubur pasti ada. " Kemudian Aisyah ra, meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berdoa dalam Shalatnya, "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu, dari azab kubur... " (HR. Mutafaqun Alaih). 

Selain hadist tersebut, di awal video tertulis pula hadist tentang azab kubur. Diketahui kisah nyata siksa kubur tersebut terjadi di Jazirah Arab. Allah memperlihatkan kejadian di alami seorang remaja berusia 18 tahun. Setelah beberapa jam dimakamkan. Terlihat jelas wajah dan jasadnya seketika berubah mengerikan, akibat azab kubur yang dialaminya. 

Keterangan video menjelaskan bahwa: siksa kubur tersebut ialah seorang remaja, meninggal di usianya 18 tahun yang rusak agamanya dan sering melalaikan shalat. Nah, setelah 3 jam dikuburkan ayahnya menginginkan untuk membongkar kembali kuburan anaknya itu, karena untuk keperluan Autopsi.

Setelah kuburan digali dan mayat remaja berusia 18 tahun tersebut dikeluarkan. Nampak jasadnya sudah berubah menakutkan. Mulai dari rambut di kepala menjadi putih seperti uban. Bukan hanya itu saja, mulut dan hidung mengeluarkan darah segar. Seperti baru mengalami penyiksaan yang dahsyat luar biasa. 

Bagian kepala, terlihat seperti telah dihantam batu besar atau besi, hingga menjadi remuk dan mengeluarkan darah. Namun dari kisah nyata di video itu, persis dibenarkan dalam hadist. Bahwa jenis adzab ini adalah bagi orang yang mengambil alqur’an namun ia membuangnya.  Tidak mengamalkannya dan iapun tidur dari sholat wajib.
Laman https://cintakajiansunnah.wordpress.com/tag/dipukul-dengan-gada-besar-dari-besi dalam terjemahan Bahasa Indonesia, menerangkan pula:

Dari Samurah bin Jundab radliyallahu anhu berkata, Kebanyakan yang dikatakan oleh Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada para shahabatnya adalah, “Apakah seseorang di antara kalian ada yang bermimpi?”. Lalu ada seseorang yang Allah kehendaki untuk bercerita kepadanya. 

Lalu suatu pagi Beliau bercerita kepada kami, “Semalam telah datang dua orang (Malaikat) kepadaku. Keduanya berkata kepadaku, berangkatlah!. Lalu akupun berangkat bersama keduanya. Lalu kami mendatangi seseorang yang sedang berbaring terlentang dan seorang yang lain yang sedang berdiri. 

Yang padanya ada batu (besar). Tiba-tiba ia menjatuhkan batu itu ke kepalanya lalu memecahkan kepalanya tersebut. Lalu batu itu jatuh menggelinding ke arah sana, maka orang itupun bergegas mengikuti batu itu untuk mengambilnya (kembali). 

Maka tidaklah ia kembali kepadanya sehingga orang (yang dipecahkan kepalanya itu) telah sehat seperti sediakala. Kemudian ia kembali kepadanya dan melakukan seperti yang ia lakukan pada kali yang pertama. Beliau bersabda, aku bertanya, “Subhaanallah, siapakah mereka itu?”.

(Kemudian datang penjelasannya di akhir hadits)-: Keduanya berkata kepadaku, “Adapun orang pertama yang kamu datangi, yaitu yang dipecahkan kepalanya dengan batu, maka sesungguhnya ia adalah orang yang mengambil alqur’an kemudian menolaknya dan juga tidur dari menunaikan sholat wajib”. [HRal-Bukhoriy: 7047 dan Ahmad: V/ 8-9. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih].

Siksa kubur langsung dirasakan mayat, padahal baru beberapa jam dimakamkan. Mengerikan sekali, padahal baru di kuburkan. Belum lagi pada hari kiamat, setiap manusia akan menerima buku catatan amal perbuatan dari Allah SWT, dan akan membacanya.

Hal itu, dibuktikan pada Al-Qur'an surat Al-Isra' dari ayat 13, yang artinya; " Dan setiap manusia telah kami kalungkan (catatan) amal perbuatannya di lehernya. Dan pada hari kiamat kami keluarkan baginya sebuah kitab dalam keadaan terbuka."

Jika amalannya baik maka tidak akan dirugikan sedikit pun, Allah menjelaskan pada mengenai amal kebaikan. Salah satunya pada lanjutan ayat 62, pada QS. Al-Mu'minun. Mengenai catatan perbuatan baik. Yaitu: "Dan kami tidak membebani seseorang melainkan kesanggupannya, dan pada kami ada suatu catatan yang menuturkan dengan sebenarnya, dan mereka tidak dizalimi (dirugikan). 

Kemudian, Allah akan memerintahkan setiap manusia untuk membacanya dengan tegas, yang artinya: "Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada hari ini sebagai penghitung atas dirimu." (Qs. Al-Isra' 14).

Padahal, Allah SWT Maha pengampun dan Maha penerima taubat. Kenapa masih ada siksa kubur, namun itu mudah bagiNya. Ternyata benar fase-fase kehidupan dunia dan akhirat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. 

Proses panjang akan dilalui manusia sejak di alam kandungan, alam dunia, alam kubur, sampai pada fase Shiratal Mustaqim dan akhir kehidupan antara surga atau neraka yang kekal dan abadi. 

Jika Rasulullah telah mengatakan bahwa siksa kubur pasti ada. Hal itu dibenarkan pula pada Al-Qur'an yang maknanya sangat detail. Keterkaitannya pada surat Al-Zalzalah ayat 7-8, menerangkannya dengan jelas bahwa: 

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya (7). Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula (8). "

Penjelasan beberapa jenis siksaan di dalam kubur sesuai yang dikatakan Nabi Muhammad  Shallallahu alaihi wa sallam pula di dalam hadits-haditsnya yang shahih. 

Perlunya saling mengingatkan pada kebaikan untuk menjauhkan murka Allah SWT. Berusaha mengamalkan beberapa amalan yang diperintahkan Allah ta’ala dan Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam agar terhindar dari siksa kubur dan azab api neraka Jahannam. 

Sungguh mengerikan menyaksikan berbagai bentuk siksa kubur, terutama kisah nyata di unggahan YouTube. Siksa kubur dibenarkan Al-qur'an dan Hadist, terbayangkan sakitnya siksa di alam kubur. Tapi kesadaran membuka firman-Nya, suatu kehendak. Allah membuka dan menutup pacar indra hamba-Nya. 

Demikian gambaran kisah nyata Siksa kubur, dari seorang remaja berusia 18 tahun tersebut. Semoga dapat menjadi pengingat dalam hidup. Bahwa siksa kubur sangat nyata dan mengerikan, tergantung amalan selama hidup. Pesan terakhir pada video tersebut. 

Jadi, masa muda akan ditanya Allah SWT dikemanakan waktu tersebut. Semoga memberikan manfaat bagi semuanya. Mari berdoa kepada yang maha kuasa, dialah dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Maha Pengampun, Maha Segalanya serta Maha Pemberi Balasan Dunia dan Akhirat. Aamiin.