Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berenang Anjuran yang Terlupakan

Manfaat renang menjadikan tubuh sehat dan melancarkan peredaran darah. Berenang dapat dilakukan di laut, sungai, danau yang menyediakan kolam renang, bahkan di kolam renang di tempat-tempat wahana tertentu. 

Berenang di kolam renang cukup menyenangkan. Berenang di kolam renang, banyak dijumpai mulai anak-anak, kaula muda sampai orang tua. Di kolam renang terlihat sejuk, ada pepohonan dan rumput, tumbuh subur di sekitar wahana kolam, pemandangan indah terlihat saat di kolam renang dan air jernih dan sejuk. 
Di wahana kolam renang begitu ceria. Bersantai menggerak-gerakkan anggota badan. Mulai dari berenang cepat, belajar berenang dan lainnya. Berenang menambah semangat dalam kehidupan. 

Berenang di kolam renang airnya cukup segar, terasa seperti hangat-hangat di badan. Sebagian ada yang belajar berenang, menyelam kedalam atau di atas permukaannya. 

Semua yang berenang terlihat lincah di kolam renang, anggota badan terus digerakkan. Setelah lelah, ada yang beristirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol santai dan bersenda gurau bersama rekan-rekannya. Kemudian lanjut lagi berenang.

Sementara lainnya, ada juga yang melakukannya tanpa istirahat dan begitu semangat. Mereka berenang dengan fokus dan senang. Seperti merasakan sesuatu yang berbeda, hingga ceria lepas. Mungkin itulah manfaat lain berenang, menambah kebahagian karena badan menjadi sehat.. 

Anjuran Berenang Bagi Kesehatan

Berenang dilakukan dengan mudah. Hal itu, diawali dari belajar. Mulai menggerakkan anggota badan, tangan dan kaki. Renang dapat dipelajari dengan baik secara konsisten. Berenang pagi atau di sore hari dapat dilakukan rutin, sebagai salah satu cara yang baik. 

Kenapa berenang begitu bermanfaat iya? Ternyata renang sebagai sarana olahraga yang baik. Berenang memiliki manfaat bagi tubuh. Renang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. 

Hal itu dibenarkan pula pada Hadist Nabi Muhammad SAW, untuk menganjurkan anak-anak berolahraga salah satunya ialah berenang. "Ajarilah Anak-anak kalian berenang, memanah, dan menunggang kuda". (HR. Bukhari Muslim). 

Selain renang didapat tiga olahraga yang dianjurkan yaitu memanah, dan menunggang kuda. Menunjukkan bahwa olahraga tersebut memiliki peran besar kepada anak-anak, khususnya untuk generasi Indonesia. 

Manfaat renang untuk tubuh diantaranya mempercepat pertumbuhan tinggi badan pada anak, mempengaruhi kecerdasan otak, dan lain sebagainya. Sehingga renang begitu bermanfaat. Sekali-kali renang disesuaikan dengan tempatnya. Jika berada di sungai yang berlubuk atau bermuara ke laut maka berenanglah. 

Begitupula di wahana kolam renang yang menyediakan fasilitas. Lokasinya strategis, meluangkan waktu untuk berenang akan terasa menyenangkan. Nah, begitulah mengenai olahraga renang seringkali terlupakan, berenang santai pun begitu bermanfaat.