Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan Seruni dan Khasiatnya

Tumbuhan dipercaya turun temurun sebagai bahan herbal, untuk mengobati berbagai macam penyakit luar dan dalam. Salah satunya ialah tumbuhan seruni (bahasa daerah, red) yang digunakan untuk mengobati penyakit mag. 

Tumbuhan seruni mudah ditemukan di Indonesia. Memiliki daun bulat ukuran sedang. Warna bunga berwarna kuning dan merah muda. Saat diperhatikan, Tumbuhan seruni memiliki buah seperti lada. Ukuran kecil dan berwarna hitam saat matang.

Manfaat tumbuhan sudah dikenal masyarakat sebagai bahan obat. Namun, tidak semua tumbuhan bisa dijadikan obat. Misalnya tumbuhan ilalang atau rumput liar yang dikhususkan untuk pakan ternak dan binatang liar lainnya. 

Tumbuhan sebagai obat untuk bermanfaat. Hewan atau binatang juga menjadikan tumbuhan sebagai makanan. Itulah pentingnya tumbuhan bermanfaat untuk semua mahluk hidup. Tak terkecuali tumbuhan seruni, khasiat tanaman obat yang banyak digunakan.

Tumbuhan seruni mudah tumbuh, baik di pekarangan rumah, ladang, sawah dan rawa. Tumbuhan seruni dipercaya sebagai obat. Dapat dijadikan sebagai tanaman obat yang bermanfaat, termasuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Khasiat Tumbuhan Seruni

Tumbuhan seruni berkhasiat mengobati penyakit mag. Tumbuhan tersebut dikenal sebagai ramuan mujarobat untuk penyakit dalam dan luar. Seruni biasa tumbuh subur di ladang, pinggir jalan raya dan area persawahan. Tumbuhan ini, mudah tumbuh dimana. Mengenalinya juga kian mudah. 

Cara membuat ramuan dari tumbuan seruni ialah diambil daunnya. Kemudian di cuci bersih langsung direbus. Air rebusannya, diminum pagi dan sore. Ramuan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Melancarkan pencernaan dan mengobati penyakit mag. Selain itu, seruni dapat mengobati penyakit luar, terutama saat kulit terluka.

Cara menggunakannya juga mudah. Daun tumbuhan seruni dipetik dan dihancurkan dengan tangan. Kemudian dioleskan pada kulit yang terluka. Saripati daun seruni mempercepat luka jadi mengering dan menghentikan darah agar tidak terus menerus keluar. 

Sangat ampuh untuk mengobati luka ringan, jika terjadi di kulit. Selain obat penyembuh penyakit, tanaman seruni mudah ditemukan. Penyakit mag cocok rutin mengkonsumsi ramuan dari daun seruni. Selain itu, tumbuhan seruni bisa dijadikan sebagai tanaman hias. 

Menanam tanaman seruni disekitar tempat tinggal memudahkan saat membutuhkan. Tanaman itu, tidak perlu dipupuk dan dilakukan perawatan. Sebab, tanaman seruni tergolong tumbuhan liar dan mudah untuk tumbuh. Jika menemukan tanaman tersebut, bisa dicoba membuat ramuan. 

Tanaman seruni saat berbuah akan berwarna hitam. Buahnya bisa dimakan memiliki rasa manis. Buah seruni mirip seperti buah anggur namun, ukuran buah seruni sangat kecil. Menikmati buah seruni juga memberikan manfaat. Selain daun, buah seruni bisa dimakan. Terutama saat sudah hitam pekat sebagai tanda kematangan sempurna.