Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan Seruni dan Khasiatnya

Tumbuhan dipercaya turun temurun sebagai bahan herbal, untuk mengobati berbagai macam penyakit luar dan dalam. Salah satunya ialah tumbuhan seruni (bahasa daerah, red) yang digunakan untuk mengobati penyakit mag. 

Tumbuhan seruni mudah ditemukan di Indonesia. Memiliki daun bulat ukuran sedang. Warna bunga berwarna kuning dan merah muda. Saat diperhatikan, Tumbuhan seruni memiliki buah seperti lada. Ukuran kecil dan berwarna hitam saat sudah matang.

Tumbuhan seruni mudah tumbuh, baik di pekarangan rumah, ladang, sawah dan rawa. Tumbuhan seruni dipercaya sebagai obat. Dapat dijadikan sebagai tanaman obat yang bermanfaat, termasuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Khasiatnya Tumbuhan Seruni

Tumbuhan seruni berkhasiat mengobati penyakit mag, ramuan mujarobat untuk penyakit dalam dan luar. Cara membuat ramuan dari Tumbuan seruni, ialah diambil daunnya. Kemudian di cuci bersih langsung direbus.

Air rebusannya, diminum pagi dan sore. Ramuan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Melancarkan pencernaan dan mengobati penyakit mag, sebagai khasiatnya. Katanya lagi, seruni dapat mengobati penyakit luar, terutama saat kulit terluka. 

Daun tumbuhan seruni dipetik dan dihancurkan dengan tangan. Kemudian dioleskan pada luka di kulit. Saripati daun seruni, mempercepat luka jadi mengering. Sangat ampuh untuk mengobati luka ringan, jika terjadi di kulit. 

Selain obat penyembuh penyakit, mudah ditemukan di pedesaan. Dibuat ramuan mengobati luka bagian luar. Sehingga tumbuhan seruni sangat berguna. Penderita penyakit mag, dapat mencoba rebusan daun seruni.