Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Mahitam dan Harga Tiket Masuk

Pulau ini dikelilingi lautan, menghadiri berkah bagi masyarakat. Biota laut akan berkembang untuk memenuhi kebutuhan. Kesempatan semacam ini, digunakan nelayan untuk menangkap ikan. 

Hasil tangkapan laut sesuai musim, sebab ikan yang hidup dilautan yang terdapat pulau, memiliki habitat untuk bertelur. Luas ukuran pulau sangat sebanding. Masyarakat sekitar menangkap ikan yang dapat memenuhi kebutuhan. 

Diantaranya memancing ikan di pinggir dan ditengah laut. Hasil tangkapan ikan dapat dipasarkan. Biota laut ikan dan lainnya sangat bermanfaat bagi asupan. 
Namun lautan di sekitarnya, sebagai habitat biota laut. Sebagai perairan laut yang luas, biota laut juga berkembang dalam jumlah yang banyak. Mencari tempat mancing ikan dapat dilakukan di bebatuan karang, dan di pulau-pulau lainnya. 

Harga tiket masuk ke pulau ini, hanya membayar biaya penyebrangan perahu. Besarannya sebanyak 7 orang pulang pergi (PP) sekitar Rp400.000. Harga yang disediakan, cukup untuk kendaraan ke pulau. Menyebrang ke pulau sekitar 1 jam untuk tiba di lokasi. 

Tiba pasang surut air laut juga mempengaruhi. Cuaca hujan akan menghasilkan udara yang dingin. Bahkan perahu sekitar terkadang harus menunda, untuk meminimalisir seketika terjadi gelombang air laut pasang. 

Pulau memang memiliki panorama laut. Pantai dan kehidupan bawah laut Indonesia, memiliki manfaat untuk masyarakat. Habitat biota laut yang harus terjaga, supaya tidak terjadi kerusakan. Batu karangan sangat rapuh sehingga mudah patah. Kerusakan terumbu karang akan merupakan ekosistem laut. 

Sekitar pulau di pinggir pantai, banyak menyimpan sumber makanan yang baik untuk biota laut Indonesia. Sehingga dapat tumbuh dan berkembang di perairan lautan. Manfaatnya untuk masyarakat, salah satunya sebagai tempat nelayan mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan. (Foto: Instagram @pradikaru_)