Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanaman Tiba di Akhir Tahun

Tidak terasa akhir tahun 2021 akan berkahir. Waktu penanaman padi mulai berangsur. Persawahan akan kembali ditanami benih padi, curah hujan membantu pertumbuhan secara berangsur-angsur. Para petani mulai sibuk mengatur, segala kebutuhan bertani kian teratur. 

Menanam padi mulai dilakukan, persawahan menjadi hijau kembali. Udara sejuk dan pucuk-pucuk daun semakin segar, ilalang bergoyang meneteskan embun nan lihai. Tumbuhan akan mengeluarkan biji-bijian secara perlahan, karena curah hujan di akhir tahun sudah dimulai. 
Selain momen liburan, juga waktunya penanaman, khususnya dalam sektor pertanian dan perkebunan. Walaupun kondisi musim penghujan, selalu berharap akan membawa keberkahan. Pertanian dan perkebunan akan menghasilkan, sandang dan pangan mencukupi kebutuhan. 

Suatu berkah saat musim penghujan, pertanian dan perkebunan tumbuh subur. Tak terkecuali di area persawahan, air hujan akan memudahkan sawah mendapatkan air. Irigasi teraliri air menyebabkan tanah tidak kering, sehingga bibit padi mudah ditanam dan tubuh subur. 

Kurang lebih 3 bulan setelah ditanam, padi akan menguning. Sampai tiba waktu panen, gabah akan tersusun bagaikan gunung. Kemudian akan dijemur dibawah terik matahari, langsung siap untuk di giling. Hasilnya menjadi beras berkualitas, kebutuhan pokok untuk malam, pagi dan siang. 

Itulah akhir tahun waktunya penanaman, dari bibit padi yang tumbuh sampai waktu panen. Petani akan sibuk memanen padi, gabah dan beras dijual dengan harga yang ditentukan. Sungguh mengharukan setiap proses penanaman, sampai tiba waktunya panen .