Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Laut Sekitar Batu Karang

Lautan memiliki banyak biota laut yang bermanfaat. Masyarakat pesisir, menjadikan laut untuk memenuhi sumber kebutuhan hidup. Menjadikannya, tempat untuk menangkap ikan untuk dijual dan memenuhi asupan hidup sehari-hari.

Menangkap ikan bagi nelayan adalah pekerjaan dengan penuh keberkahan. Selain berladang, mencari ikan di laut adalah aktivitas yang tak bisa ditinggalkan. Batu karang memiliki sumber makanan bagi ikan-ikan yang hidup di laut, tak terkecuali batu karang di sekitar Batu karang terdekat. 
Batu karang bukan hanya tempat ikan untuk bertelur dan mencari makanan. Namun biota laut lain hidup menempel, salah satunya siput. Namun siput juga memiliki musim. Sehingga banyaknya jumlah siput juga tergantung pada kondisi cuaca dan iklim.

Biota Laut Sekitar Batu Karang

Ikan, siput dan biota laut lainnya. Hidup berdampingan disekitar Batu karang. Masyarakat nelayan di sekitar perkampungan, menjadikannya sebagai lokasi untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, batu karang seringkali menjadi habitat hewan laut yaitu gurita.

Gurita memiliki harga yang fantastis, karena menangkap gurita di batu karang tidaklah mudah. Sehingga harga hewan gurita cukup mahal, apalagi setelah keringkan. Maka harganya pun sangat lumayan.

Selain gurita, sejenis kerang juga hidup menempel di batu karang. Kerang memiliki gizi tinggi, yang dapat dikonsumsi. Nelayan yang tinggal di sekitar, menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat menangkap ikan dan biota laut lainnya. 

Terdapat pula rumput laut, yang hidup di batu karang. Rumput laut memiliki ragam jenis, baik yang dapat dikonsumsi atau tidak. Rumput laut sebagai bahan lalapan, dan biasa dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan. 

Hasil tangkapan akan dijual pada warga dan ke pasar tradisional. Biota laut memberikan berkah bagi masyarakat, selain memenuhi asupan makanan, dapat menjadi ladang untuk penghasilan. 

Menangkap ikan dan biota laut lainnya, dilakukan masyarakat setiap hari. Tentunya mempertimbangkan cuaca. Sekitar pantai di desa, akan menangkap ikan dengan berbagai cara. Memancing, dan menjaring dari pinggiran Batu karang. Selain itu, sebagian yang memiliki perahu, akan berlayar untuk menangkap ikan. 

Suatu berkah yang tak terhingga bagi masyarakat nelayan di sekitar. Menjadikan laut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hasil tangkapan laut membawa manfaat bagi masyarakat.