Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Presentasi Makalah Duta Genre

Duta Genre salah satu program BKKBN. Kegiatan berupa pemilihan duta genre tingkat nasional, Provinsi, tingkat perguruan tinggi sampai pelajar. Mengikuti pemilihan duta genre diawali dari proses pendaftaran. Lengkapi berkas dan kumpulkan dengan panitia. 

Tips menang pemilihan duta genre memiliki banyak aspek. Misalnya dari pemaparan materi dan penguasaannya. Pemilihan duta genre dilakukan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah ditentukan panitia. 

Pemilihan bisa diikuti secara umum sesuai pada usia peserta. Jika mahasiswa tidak memiliki kesibukan mungkin cocok untuk mengikuti pemilihannya. Sebisa mungkin merangkum p materi pembagian duta genre untuk di bagikan. Terutama kampanye tentang Narkoba dan kenakalan remaja. 
Seleksi pemilihan duta genre akan melalui tahapan. Setelah pendaftaran akan diumumkan sebagai peserta untuk mengikuti tahapan proses seleksi. Jika lolos akan mengumpulkan tugas berupa makalah. Untuk materi seputar genre. Semua akan dinilai sampai mengikuti wawancara. 

Materi pembahasan pemilihan duta genre meliputi: kenakalan remaja, bahaya narkoba, prilaku penyimpangan, pernikahan dini, dan bonus demografi dan tema lainnya. Membuat makalah dalam pemilihan duta genre adalah salah satu persyaratan wajib bagi peserta. 

Selain di kumpulkan, makalah duta genre akan dipresentasikan masing-masing peserta dengan durasi yang telah di tentukan. Dalam membuat makalah duta genre, persiapkan dokumen presentasi, mulai dari gambar atau video yang menarik untuk menunjang. 

Tips Presentasi Makalah Duta Genre

Presentasi makalah Duta genre, sebagai poin penilaian. Mulai dari penguasaan materi, tema makalah, penyampaian, durasi waktu, dan kelancaran dalam tanya jawab. Maka untuk menyampaikan presentasi makalah dalam pemilihan Duta genre dilakukan dengan fokus. 

Tips presentasi makalah duta genre diantaranya awali persiapan dokumen dan segala perlengkapan presentasi. Materi di kuasai, kertas dan pena dipersiapkan. 

Selanjutnya, awali pembukaan dan perkenalan diri. Sampaikan presentasi dengan baik dan jelas. Dalam menyampaikan presentasi makalah tidak dibaca, tetapi menjelaskan berdasarkan dari dokumen pada PowerPoint. Selain itu, untuk menang duta genre salah satu tipsnya adalah;

- Percaya diri menyampaikan materi di depan juri dan peserta. Biasnaya walaupun materi sudah dipelajeri dan dihafalkan poin-poinnya. Maka disampaikan dengan lugas dan jelas. 

- Disiplin waktu, jika sudah mengikuti rangkai acara maka disiplin waktu. Sebab dalam pemilihan memiliki kegiatan yang sudah ditentukan. 

- Etika kepribadian, perlu diterapkan. Sebab sopan dan santu dalam mengikuti pemilihan mengingatkan bahwa menanamkan sopan santun penting. 

- Publik Speaking dibekali, karena menyampaikan materi pembahasan duta bahasa akan dipresentasikan. Sehingga publik speaking akan memberikan manfaat agar tertata dengan baik. 

- Menjawab pertanyaannya wawancara dan malam final sebisa mungkin tenang, tidak gugup dan terburu-buru. Jawab dengan santai dan lugas. 

- Persiapkan semua yang dibutuhkan. Apalagi jika sudah mengikuti rangkaian kegiatan. Supaya nyaman dan bisa mengikuti rangkaian acara dengan baik. 

Kemudian, dalam presentasi makalah fokus dan tidak gugup. Jelaskan poin-poin penting makalah dengan baik. Gunakan ekspresi tangan tidak berlebihan. Dalam menyampaikan materi makalah, tidak terburu-buru dan tidak pula terbata-bata. 

Presentasi menggunakan pakaian formal, dan gunakan bahasa yang santun. Setelah materi selesai disampaikan, maka jika terdapat tanya jawab atau pertanyaan, maka sebelum ditutup, buka sesi tanya jawab. Setelah selesai akhir dengan penutup.