Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Presentasi Makalah Duta Genre

Duta Genre adalah salah satu program BKKBN. Kegiatan berupa pemilihan duta genre tingkat nasional, Provinsi, tinggkat perguruan tinggi sampai pelajar. Mengikuti pemilihan duta genre diawi dari proses pendaftaran. 

Pada tahapan seleksi selanjutnya ialah membuat makalah dengan materi, kenakalan remaja, bahaya narkoba, prilaku penyimpangan, pernikahan dini, dan bonus demografi. Membuat makalah dalam  pemilihan duta genre adalah salah satu persyaratan peserta. 

Selain di kumpulkan, makalah duta genre akan dipresentasikan masing-masing peserta dengan durasi yang telah di tentukan. Dalam membuat makalah duta genre, persiapkan dokumen presentasi, mulai dari gambar atau video yang menarik untuk menunjang. 

Tips Presentasi Makalah Duta Genre

Presentasi makalah Duta genre, sebagai poin penilaian. Mulai dari penguasaan materi, tema makalah, penyampaian, durasi waktu, dan kelancaran dalam tanya jawab. Maka untuk menyampaikan presentasi makalah dalam pemilihan Duta genre dilakukan dengan fokus. 

Tips presentasi makalah duta genre diantaranya awali persiapan dokumen dan segala perlengkapan presentasi. Materi di kuasai, kertas dan pena dipersiapkan. 

Selanjutnya, awali pembukaan dan perkenalan diri. Sampaikan presentasi dengan baik dan jelas. Dalam menyampaikan presentasi makalah tidak dibaca, tetapi menjelaskan berdasarkan dari dokumen pada PowerPoint. 

Kemudian, dalam presentasi makalah fokus dan tidak gugup. Jelaskan point point penting makalah dengan baik. Gunakan exsperesi tangan tidak berlebihan. Dalam menyampaikan materi makalah, tidak terburu-buru dan tidak pula terbata-bata. 

Presentasi menggunakan pakaian formal, dan gunakan bahasa yang santun. Setelah materi selesai disampaikan, maka jika terdapat tanya jawab atau pertanyaan, maka sebelum ditutup, buka sesi tanya jawab. Setelah selesai akhir dengan penutup.