Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Generasi Emas Indonesia

Menulis puisi menyenangkan. Sastra Indonesia harus dilestarikan. Menulis puisi jangan di lupakan. Sebab itu, perlu dilakukan. Membaca bait-bait puisi memberikan pelajaran, membuat suasana  menenangkan. Puisi memiliki keunikan baik dalam menulis dan membaca. 

Membaca bait-bait puisi terdapat ekspresi penghayatan. Menulis dan membaca, tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Menulis puisi di Kertas menggunakan pena kemudian di tuangkan karya sudah dipelajari di setiap mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Mulailah dengan cara seksama, langsung menulis dan membaca semampunya. Supaya ide dan gagasan tidak lupa, lakukan sekarang dan jangan di tunda. Puisi jika tidak terus ditulis akan mengurangi bagian Sastra Indonesia. 
Mempelajari Sastra Indonesia memang gampang-gampang. Diketahui Bahasa Indonesia adalah Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional pemersatu di Negara Indonesia. Mempelajari Bahasa Indonesia akan berhadapan dengan menyenangkan. 

Diantaranya mengenalkan kata dan suku kata. Hal itu, penting karena dalam membuat syair-syair Bahasa Indonesia berpedoman pada dasar mengenal kata dan suku kata. Sehingga pemahaman Bahasa Indonesia akan tetap di utamakan. 

Berikut ini, puisi yang sangat sederhana, untuk generasi emas Indonesia sebagai harapan masa depan bangsa Indonesia. Puisi berjudul: Generasi Emas Indonesia. 

Oleh: Hasbundoya.com 

Berjalan merajut asa

Bekal nasihat ayah dan bunda

Amanat guru tidak di lupa

Untuk Indonesia Jaya


Generasi emas Indonesia

Takkan ada penghalang untuk berkarya

Wujudkan generasi yang berjaya

 Kemajuan Bagi Indonesia tercinta


Generasi emas Indonesia

Generasi nusa dan bangsa

Semangat tak memudar

Junjung tinggi perjuangan bangsa

Ukir prestasi mu, Bagi masa depan bangsa

Bersatu padu raih kejayaan, 

Untuk kemajuan bangsa Indonesia


Generasi emas Indonesia

Harapan masa depan bangsa

Semangat takkan pernah sirna

Junjung harkat dan martabat bangsa


Jayalah.. 

Generasi emas Indonesia

Jayalah..

Bangsa Indonesia

Itulah puisi berjudul: Generasi Emas Indonesia. Sekiranya puisi tersebut bisa bermanfaat dapat menjadi bahan membaca. Karya sastra para penulis tersedia banyak. Berbagai puisi telah banyak di bacakan para pelajar saat belajar Bahasa Indonesia. 

Belajar mengenal puisi tentu menyenangkan. Lebih baik jika menulis dan merangkai bait-bait puisi untuk dijadikan catatan atau buku. Puisi membantu pelajar untuk menumbuhkan semangat belajar dan mengenal karya Sastra Indonesia. . 

Langkah awal menulis puisi salah satunya belajar mengarang. Kemudian mulai membuat judul puisi dan tentukan alur kalimatnya. Sebisa mungkin terus latih dan itu akan terjadi jika kesadaran diri dan kemauan. 

Tujuannya menghasilkan puisi yang bagus. Kesadaran akan menghasilkan suatu karya karena jika dipaksakan tentu tidak akan berjalan. Kuncinya membaca, mengenali dan memahami kemudian ditulis secara berulang.