Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Mahasiswa Harus Aktif ?

Mahasiswa sebagai generasi pembangunan, berperan penting untuk perubahan. Menggunakan waktu dengan baik adalah hal penting, khususnya bagi mahasiswa. Belajar bersama penuh semangat, memberikan dampak untuk kedepannya. 

Mengikuti kegiatan, belajar berorganisasi dan bergabung melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus, dapat membuka jalan untuk mengembangkan kemampuan dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Belajar dan berorganisasi seringkali dilakukan mahasiswa. 

Mahasiswa aktif selalu menggunakan waktu untuk belajar, berdiskusi, dan berdagang. Aktif bukan hanya di kelas saat proses perkuliahan berlangsung. Maka menggunakan waktu dengan baik sampai selesai. Itulah yang telah saat bertemu mahasiswa yang sedang fokus belajar. Sungguh menginspirasi bisa menggunakan waktu dengan baik. 
Selesai belajar di dalam kelas, langsung keluar. Mengikuti kegiatan lain, dirasakan mahasiswa. Membuka usaha, dan berdagang juga dilakukan mereka, sangat terharu dengan cara mereka membagi waktu. Berkumpul dan berdiskusi, bahkan sambil bekerja memanfaatkan waktunya dengan baik. 

Peran dan tujuannya ialah belajar. Menuntut ilmu tidak hanya di bangku sekolah, formal, maupun non formal. Banyak memilih mengikuti, kegiatan olahraga, seni, dan lainnya. Semangat begitu terlihat, menggali potensi diri untuk dikembangkan.

Mahasiswa Aktif, Fokus Belajar !


Banyak pembelajaran yang didapat saat melihat mahasiswa fokus belajar. Lebih mudah menemukan peluang, pengalaman dari kegiatan yang diikutinya. Di perguruan tinggi, mahasiswa bebas memilih unit kegiatan mahasiswa yang tersedia. Aktif dan sibuk dengan belajar. 

Mahasiswa mengembangkan keahlian yang dimiliki. Hal itu, terlihat di sore dan malam hari. Sibuk dengan belajar dan mengikuti kegiatan intra yang ada. Mahasiswa ada juga yang mengikuti kejuaraan, dan diapresiasi pihak kampus bagi yang menang. 

Lumayan dong, iyalah untuk menopang tambahan finansial. Lumayan banget, sekarang ini hadiah untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi sangat besar, uang tunai dan beasiswa lainnya. Bahkan berpeluang mendapatkan kesempatan mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi. 

Mahasiswa bisa mengikuti berbagai perlombaan, tingkat perguruan tinggi bahkan umum. Sampai pada seleksi pekan olahraga nasional (PON). Begitupun dengan keahlian lainnya. Tentu memiliki jalan untuk dikembangkan nantinya. 

Bukan hanya itu saja, mahasiswa berprestasi diberikan dukungan langsung dari pemerintah. Membuka jalan mengembangkan skill olahraga dan keahlian dimiliki. Mengasah kemampuan mumpung masih berstatus mahasiswa. Mengejar peluang dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. 

Mahasiswa aktif, fokus belajar dapat menciptakan terobosan-terobosan baru untuk kemajuan. Setidaknya bisa mendidik pribadi menjadi lebih baik dan bermanfaat. Sungguh, mereka sangat kreatif. 

Sibuk belajar menjauhkan dari Narkoba dan pergaulan bebas. Katakan tidak untuk narkoba..? Narkoba Tidak, prestasi iya..! Itulah yang terlihat begitu aktifnya mahasiswa, merajut asa untuk menggapai cita-cita. 

Menciptakan pemuda-pemudi berprestasi, dimulai dari yang terkecil yaitu, mengikuti, belajar dan mengembangkan. Jika beruntung, bisa lolos sampai pada kompetisi di level negara, itu merupakan pencapaian yang luar biasa. Luar biasa jika melihat keaktifan mahasiswa, cara belajarnya kreatif sekali.