Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Mahasiswa Harus Aktif ?

Mahasiswa sebagai generasi pembangunan, berperan penting untuk perubahan. Menggunakan waktu dengan baik adalah hal penting, khususnya bagi mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi. 

Mengikuti kegiatan, belajar berorganisasi dan bergabung melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus, dapat membuka jalan untuk mengembangkan kemampuan yang bermanfaat. 

Mahasiswa aktif selalu menggunakan waktu untuk belajar, berdiskusi, dan berdagang. Aktif bukan hanya di kelas saat proses perkuliahan berlangsung, sebisa mungkin menggunakan waktu dengan baik sampai selesai.
Selesai belajar di dalam kelas, langsung keluar. Mengikuti kegiatan lain, rasakan dampaknya. Bisa berdagang mencoba membuka usaha, untuk memperoleh pengalaman dan jalan kedepannya. Berkumpul dan berdiskusi, bahkan sambil bekerja memanfaatkan waktu luang lainnya.

Namun jangan lupa akan peran dan tujuannya ialah belajar. Menuntut ilmu tidak hanya di bangku sekolah, formal, maupun non formal. Salah satunya mengikuti, keahlian yang dimiliki. Olahraga, seni, dan lainnya. Terus menggali potensi diri untuk dikembangkan.

Mahasiswa Aktif, Fokus Belajar !


Mahasiswa aktif akan menemukan banyak pembelajaran. Lebih mudah menemukan peluang, pengalaman dari kegiatan yang diikuti. Di perguruan tinggi, mahasiswa bebas memilih unit kegiatan mahasiswa yang tersedia. Sebisa mungkin perlu mengikutinya.

Mengembangkan kemampuan mahasiswa, belajar dan mengikuti kegiatan intra mahasiswa. Hal itu, akan berdampak baik kedepannya. Misalnya aktif di bidang olahraga, kemudian mengikuti kejuaraan dan menang. Apresiasi dari kampus ada, hadiahnya uang tunai yang sangat lumayan.

Lumayan dong, iyalah untuk menopang tambahan finansial. Lumayan banget, sekarang ini hadiah untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi sangat besar, uang tunai dan beasiswa. Bahkan dapat menjadi kesempatan untuk mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi.

Mahasiswa bisa mengikuti berbagai perlombaan, tingkat perguruan tinggi bahkan umum. Sampai pada seleksi pekan olahraga nasional (PON). Begitupun dengan keahlian lainnya. Tentu memiliki jalan untuk dikembangkan nantinya. 

Mahasiswa aktif, fokus belajar dapat menciptakan terobosan-terobosan baru untuk kemajuan. Setidaknya bisa mendidik pribadi menjadi lebih baik dan bermanfaat. 

Dampak lainnya, tidak ikut-ikutan dalam prilaku penyimpangan. Narkoba dan pergaulan bebas. Ingatkan dengan kalimat: Katakan tidak untuk narkoba..? Narkoba Tidak, prestasi iya..! Maka belajar dengan baik, dan terus kembangkan potensi diri untuk mengejar prestasi, mahasiswa memiliki banyak waktu luang untuk berkarya.

Menciptakan pemuda-pemudi berprestasi, dimulai dari yang terkecil yaitu, mengikuti, belajar dan mengembangkan. Jika beruntung, bisa lolos sampai pada kompetisi di level negara, itu merupakan pencapaian yang luar biasa. Semangat belajar..!