Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibalik Tubuh Lunaknya Gurita, Kenyal Kenyal Sedap !

Dibalik tubuh lunaknya gurita menyimpan banyak manfaat. Gurita adalah hewan laut moluska, memiliki tubuh lunak, hampir mirip dengan cumi-cumi. Tidak memiliki cangkang, dan bisa berenang. 

Selain berenang, gurita mampu merayap didasar laut dan dapat masuk ke celah-celah sempit. Gurita sebagai hewan laut cerdas, semua kaki panjangnya, bisa bergerak-gerak sempurna seperti berjalan. 

Tubuh gurita sangat unik, memiliki kaki seperti lengan-lengan panjang dan kenyal. Warna gurita pada umumnya kecoklatan, abu-abu dan putih. Dalam mempertahan diri, gurita bisa berkamuflase yaitu mengubah warna sesuai kondisinya. 
Untuk melindungi diri, gurita memiliki cairan tinta hitam pekat. Cairan tersebut akan dikeluarkan dari tubuh dan disemburkan, lalu pergi melarikan diri. Sehingga kondisinya cepat berubah, langsung menghilang. Bahkan air di sekelilingnya menjadi hitam. Membuat predator sulit mencari keberadaan gurita. 

Selain itu, dalam tubuh gurita juga memiliki cairan berwarna kecoklatan. Namun cairan itu, dapat dinikmati. Ketika memasak gurita, tentu yang dibuang adalah cairan hitam (tinta). Sedangkan cairan berwarna coklat akan menyatu dengan kuah santan, rasanya enak benget..! 

Gurita Hewan Lunak, Berkaki Di Kepala

Gurita (Octopoda) berasal dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak dikepala). Dibalik tubuh lunaknya gurita, menyimpan protein dan vitamin tinggi. Mengkonsumsi gurita dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. 

Gurita salah satu hewan yang hidup di perairan laut Indonesia. Gurita dapat merayap, masuk ke celah-celah lubang seperti di batuan karang yang sempit. Untuk memangsa, gurita sangat cepat bereaksi. Memiliki kaki-kaki panjang, lunak dan bergerak-gerak, mampu menangkap mangsanya dengan sekejap. 

Menangkap gurita sangat sulit dan harus berhati-hati. Hewan bertubuh lunak tersebut sangat lincah. Seringkali lepas dalam tangkapan, kecuali dipanah dan ditusuk dengan anak panah. Menangkap gurita berukuran besar, mesti harus waspada. Sebab, kaki-kaki lunak gurita bisa bergerak, melilit dan menjangkau sampai ke celah-celah. 

Gurita dapat diolah menjadi aneka masakan. Menikmati daging gurita kenyal-kenyal sedap, selera makan begitu terasa. Misalnya dibuat olahan seperti bakso, sayur santan kental, asam pedang kemangi, bahkan dibuat sate gurita, dan lainnya. 

Gurita dapat dijadikan bisnis kuliner, karena banyak yang menyukai. Sehingga tepat untuk dijadikan usaha di bidang makanan. Mengkonsumsi gurita bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya dapat mengatasi penyakit jantung, stres atau depresi, meningkatkan imun tubuh dan lainnya.