Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dahsyatnya Doa Kedua Orang Tua, Doakan Selalu Kedua Orang Tua !

Sudah menjadi kewajiban untuk berbakti kepada orang tua. Hidup akan tentram dan damai karena ridho kedua orang tua. Peran kedua orang tua dalam hidup sangat berpengaruh agar selalu dalam jalan keselamatan. Allah mewajibkan setiap anak untuk menyayangi kedua orang tua. 

Kedua orang tua adalah sepasang bidadari yang Allah hadirkan dalam hidup. Maka berbakti kepada kedua orang tua adalah perintah Allah. Hal itu, sebagaimana dalam firman-Nya dalam QS. Lukman: 14:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman: 14).
Begitulah kehadiran kedua orang tua, bukan hanya sebagai orang yang telah melahirkan dan membesarkan. Akan tetapi, dari doa kedua orang tua saja, bisa mendatangkan kebaikan bahkan mendatangkan kemurkaan Allah karena doa keduanya pasti Allah kabulkan. 

Hormat dan patuh kepada kedua orang tua adalah salah satu jalan untuk mendatangkan rezeki dan hidup dalam rahmat dan karunia Allah. Orang tua selalu mendoakan yang terbaik untuk putra putrinya, maka mendoakan kedua orang tua juga penting dilakukan. Walaupun kedua orang tua sudah tiada maupun yang masih hidup. 

Kedua orang tua salah satu jalan meraih keridoan Tuhan, agar selamat dunia dan akhirat. Selain menunaikan hak-nya, selalu mendoakan kedua orang tua, agar dapat meraih Syurga Allah. Perjuangan kedua orang tua sejak dilahirkannya, merawat dan membesarkan dengan cinta dan kasih sayang. 

Maka berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban. Doa kedua orang tua sebagai perisai dan membawa kebaikan. Orang tua selalu mengajarkan kebaikan untuk putra putrinya agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur berguna bagi bangsa dan agama. 

Mendoakan kedua orang tua setelah beribadah kepada Allah, sangatlah tepat. Namun, mendoakan kedua orang tua dikala suka maupun duka begitu bermanfaat. Sebab dengan berdoa, sebagai salah satu cara berkomunikasi kepada Allah. 

Doa adalah senjata bagi orang yang beriman. Maka perbanyak doa dan mendoakan kedua orang tua, meminta kepada Allah SWT agar keduanya selalu mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat, dijauhkan siksa kubur dan azab api neraka. 

Perhatikan ketika kedua orang tua sedang berdoa. Terasa merinding, begitu khusyuk, dengan raut wajah sedih, senang, bahkan berlinang air mata, tak pernah bosan mendoakan putra putrinya. Doa yang mereka ucapkan, akan Allah kabulkan. 

Hadist Rasulullah SAW, tentang doa kedua orang tua yaitu: "Ada tiga doa yang mustajab dan tidak diragukan lagi: Doanya orang yang teraniaya, doanya orang musafir, dan doanya ayah ibu untuk anaknya." (HR. Ahmad, Bukhari). 

Itulah kenapa, Doa kedua orang tua sangat makbul. Dalam hadist lain Rasulullah SAW bersabda, yang di Riwayatkan Ath Thabarani, dishahihkan oleh Al Hafidz As Suyuth, juga menerangkan bahwa: "Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.”

Begitu besar peran dan mulianya kedua orang tua, mendoakan sebagai amal kepada Allah. Hargai, hormati dan sayangi kedua orang tua, agar Allah selalu meridoi setiap langkah dalam keberkahan.