Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Tujuan Pramuka Bagi Pelajar

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana artinya Jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka sebagai wadah organisasi Kepanduan bagi generasi muda untuk memaksimalkan potensi dalam diri baik secara intelektual, spritual, sosial dan fisik.

Mengikuti kegiatan pramuka, khususnya bagi pelajar akan sangat bermanfaat. Pramuka bertujuan menjadi sarana pendidikan untuk mengembangkan segala potensi diri, guna persiapan menghadapi tantangan kehidupan  kedepannya.

Pramuka memiliki berbagai kegiatan yang menarik. Sebagai sarana pembelajaran dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Para pelajar akan mendapatkan pengalaman dari setiap kegiatan kepramukaan dan ilmu yang bermanfaat.
Remaja Indonesia sangat penting mengikuti organisasi Pramuka. Untuk melatih mental dan memiliki jiwa kesatria, bertanggung jawab, disiplin, patuh dan suka bermusyawarah. Selain itu, dapat melatih kepemimpinan dan sebagai sarana mengukir prestasi. 

Sebagai wadah organisasi untuk mendidik anggota bersifat mandiri, memiliki tekad dan semangat tinggi dan meningkatkan semangat belajar yang dapat berguna dikemudian hari. Mendidik mental generasi bangsa Indonesia melalui ekstrakurikuler sangat bermanfaat. 

Dalam kegiatan pramuka, bagi anggota akan mengikuti kegiatan perkemahan. Berbagai perlombaan akan dilakukan di masing-masing gugus depan, dipandu oleh panitia Bantara. Ilmu dalam pramuka begitu banyak, tentunya manfaat yang tak terhingga. 

Manfaat mengikuti Pramuka

Pramuka dapat membentuk kekompakan, disiplin dan patuh. Setiap kegiatan pramuka memiliki nilai yang positif. Melatih pola pikir melalui berbagai kegiatan. Pramuka menumbuhkan semangat gotong royong, hormat menghormati, dan saling menghargai. . 

Manfaat lain mengikuti Pramuka ialah melatih kemandirian pelajar. Dalam kegiatan pramuka akan mempelajari materi mulai dari sandi, tali temali, cari jejak, dan lainnya. Pelajar akan mendapatkan banyak pengetahuan saat mengikuti pramuka. Pramuka memiliki Tri Satya dan Dasa Darma, sebagai pedoman kegiatan. 

Tri Satya 

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila; Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat; Menepati Dasadarma. 

Dasa Dharma, Pramuka itu:
  1. Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela Menolong dan tabah
  6. Rajin terampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. 
Tri satya dan Dasa Dharma harus dihafalkan oleh anggota pramuka, sebagai pedoman yang mesti dipahami. Sebab dari Tri satya dan Dasa Dharma memiliki makna dalam kehidupan sosial di masyarakat. 

Dampak Mengikuti Pramuka

Bagi remaja atau pelajar di Indonesia, mengikuti pramuka akan berdampak terhadap semangat belajar dan menghindari remaja dari bahaya narkoba. Pramuka dapat meningkatkan cinta tanah air dan semangat dalam menuntut ilmu. 

Meningkatkan ketaqwaan dan berprilaku baik, menghormati orang tua dan memiliki pertemanan dan pengetahuan. Sehingga dampak mengikuti pramuka sangat positif. Maka dengan mengikuti pramuka, remaja Indonesia akan lebih terampil dan disiplin. 

Dalam kegiatan pramuka di sekolah, para pelajar akan mendapatkan pembelajaran dari pembina dan anggota Penegak Bantara. Untuk mendapatkan pemahaman dan pembelajaran mengenai kepramukaan. Sehingga kegiatan tersebut dilakukan diluar jam belajar sekolah. 

Pramuka memberikan ruang kreatif bagi pelajar, kegiatan akan diikuti dengan baik dan menyenangkan. Sehingga para pelajar dapat menumbuhkan sifat gotong royong, hemat dan menghormati kedua orang tua. Rasa patuh dan suka bermusyawarah juga akan di dapatkan saat mengikuti organisasi Pramuka.