Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Daun Jarak dan Manfaatnya

Daun jarak sangat cocok dijadikan tanaman hias, karena memiliki khasiat bagi tubuh. Daun jarak mudah ditemui di daerah. Selain itu, sangat tepat jika dibudidayakan karena termasuk dalam tumbuhan obat. 

Daun jarak masuk dalam tumbuhan warisan leluhur yang banyak digunakan. Daun jarak sangat mudah tumbuh, jika di tanam diberbagai tempat. Tumbuhan jarak memiliki buah berbiji l, manfaat biji daun jarak dahulu dijadikan sebagai bahan penerangan. 

Jika obor yang terbuat dari bambu, minyak dan sumbu. Namun biji daun jarak, seringkali digunakan sebagai bahan lampu di rumah. Namun untuk daun jarak, sudah di percaya sejak dahulu sebagai tanaman yang berkhasiat.

Manfaat Daun Jarak dan Khasiatnya

Manfaat daun jarak sebagai obat bagi tubuh. Khasiatnya mampu menyembuhkan demam dan panas. Badan panas karena keadaan tubuh yang kurang baik atau sakit karena suhu tubuh meningkat, sakit kepala dan badan menggigil dapat disembuhkan dengan ramuan dari daun jarak. 

Ramuan daun jarak langsung diminum. Selain itu, dapat dijadikan sebagai bahan luar untuk diusapkan atau dibilas di dada saat tubuh terasa sakit karena demam. Tumbuhan jarak sudah lama digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar dan dalam tubuh. 

Mengkonsumsi ramuan daun jarak terasa manfaatnya bagi tubuh, yang mampu menurunkan demam dan pasan di badan. Termasuk obat pans dalam, yang dapat diobati. Sehingga lebih cepat sehat dan pulih kembali

Bukan hanya daun jarak saja, pada tangkai daun dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka di mulut yang menyerang anak-anak sampai remaja. Jika area mulut terasa sakit dan sulit untuk mengunyah makanan, maka dapat diobati dengan tangkai daun jarak. 

Tangkai daun jarak dipetik dan kunyah sampai getahnya keluar mengenai luka di mulut. Getah tangkai daun jarak dapat ditelan atau di buang dari mulut. Penyakit tersebut lebih dekan dengan, bibir pecah-pecah atau sariawan. 

Sehingga dengan mengunyah tangkai daun jarak mampu menyembuhkan luka pada mulut. Itulah khasiat daun jarak sebagai obat yang bermanfaat. Tumbuhan daun jarak dapat ditanam di area tempat tinggal, untuk memudahkan dalam penggunaannya.