Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Duta Wisata, Ini Syarat Duta Wisata!

Menjadi duta wisata adalah keinginan sebagian orang. Khususnya yang berminat mengikuti pemilihan duta wisata. Pemilihan duta wisata adalah ajang perlombaan generasi muda di Indonesia untuk menjadi icon wisata dan diharapakan dapat memberikan dampak positif bagi generasi Indonesia. 

Mengikuti pemilihan duta wisata adalah cara agar menjadi duta wisata. Tentunya mengikuti persyaratan dan tahapan selama pemilihan berlangsung. Menjadi duta wisata dapat bermanfaat sebagai sarana untuk mengukir prestasi, dan menunjang personal branding seseorang. 

Duta wisata yang terpilih bukan hanya mengandalkan fisik. Melainkan didukung berbagai aspek mulai dari intelektual, personality dan lainnya. 
Generasi muda di Indonesia dapat mengikuti pemilihan duta wisata, untuk mengembangkan potensi diri. Menjadi duta wisata tentu mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan yang dapat meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan soft skill diri. 

Cara Menjadi Duta Wisata

Cara menjadi duta wisata ialah mengikuti perlombaannya. Perlu persiapkan ialah persyaratan utama sesuai petunjuk dari penyelenggaraan. Kemudian mempersiapkan  materi duta wisata mengenai pariwisata dan adat istiadat daerah dan Indonesia pada umumnya. 

Materi pemilihan duta wisata akan muncul pada saat seleksi wawancara sampai final. Caranya perbanyak membaca dan bertanya kepada teman-teman yang pernah mengikuti pemilihan duta wisata, untuk sekedar menambah persiapan. Kemudian mencari sumber informasi tentang pemilihan duta wisata di masing-masing daerah. 

Syarat Menjadi Duta Wisata

Syarat menjadi duta wisata, usia sangat mempengaruhi. Kemudian pendidikan, penampilan, kemampuan publik speaking, dan pembawaan diri. Penampilan didukung dengan tinggi dan berat badan, disesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan panita penyelenggara pemilihan duta wisata. 

Selain itu, bakat perlu dipersiapkan. Untuk menunjang penilaian dan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam mengikuti pemilihan duta wisata. Semua mesti dipersiapkan dengan baik. Tampilkan kemapuan diri, dan jadilah diri sendiri dengan baik. 

Setelah persyaratan dan usaha selesai, selanjutnya ialah berdoa. Saat sudah menjadi peserta pemilihan duta wisata, maka perilaku sopan santun penting dilakukan. Keramahan, dan fokus dengan kegiatan seleksi dengan baik. Lakukan dengan baik, hasilnya akan mengikuti.

Tugas Duta Wisata

Duta wisata bertugas ikut serta dalam kegiatan kepariwisataan daerah atau tergantung penyelenggara acara. Menghadiri acara pemuda/i untuk sekedar meramaikan kegiatan.  Cukup lumayan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan sebagai pembelajaran. 

Kemudian terlibat dalam sosialiasi mengenai kepariwisataan atau hal positif lainnya. Jika memiliki bakat dapat ditampilkan untuk meramaikan acara, mendapatkan pengaman dan perkenalan dengan orang lain. 

Untuk tugas secara signifikan tergantung panitia penyelenggara. Misalnya dilibatkan dalam kegiatan festival, seni dan pameran. Tergantung pula dengan kondisi dan keadaan. Manfaat menjadi duta wisata adalah mendapatkan pengetahuan baru, memperluas pertemanan, penunjang perlombaan ke depan dan lainnya.