Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hujan Penuh Berkah, Mustajab Do'a Raih Keberkahan

Hujan adalah salah satu rahmat Allah SWT. Hujan memiliki banyak barokah, saat hujan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Allah SWT menurunkan hujan, menyuburkan tanah dan menumbuhkan tanaman dengan kehendaknya.

Kemudian, tumbuhan itu mengeluarkan biji-bijian yang bermanfaat. Begitu besar kekuasaan Allah SWT, yang senantiasa harus kita syukuri bersama. Dalam Al-Qur'an juga di jelaskan mengenai hujan. Sebagaimana dalam Al-Qur'an surat Az-Zukhruf ayat 11

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

"Wallazī nazzala minas-samā`i mā`am biqadar, fa ansyarnā bihī baldatam maitā, kazālika tukhrajun".

Artinya: Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).

Nabi Muhammad SAW, ketika hujan turun selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT. ”Allahumma shoyyiban nafi’an” artinya: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (HR. Bukhari no. 1032).
Hujan bukanlah musibah, namun Allah SWT menurunkan hujan sebagai Anugrah yang harus selalu di Syukuri. Dia maha berkehendak dan maha bijaksana. Kemudian ayat lain dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 10:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً ۖ لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Arab-latin: Huwallażī anzala minas-samā`i mā`al lakum min-hu syarābuw wa min-hu syajarun fīhi tusīmụn

Artinya: Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.

A-Qur'an telah mengajarkan kepada kita, mengenai kehidupan dunia dan alam sesudah kematian. Selalu berdoa kepada Allah SWT, dan memohon ampunan, agar hidup dalam keberkahan dan keimanan, sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Air Hujan dapat di minum dan memenuhi kebutuhan hidup seluruh mahluk hidup. Sebagai muslim, tentu mengakui bahwa hujan adalah salah satu ciptaan Allah SWT. Betapa besar kuasa Allah SWT memberikan manfaat dari berbagai ciptaanya.

Allah SWT sebagai pemilik kerajaan di langit dan apa yang di bumi. DIA maha kuasa atas segalanya. Ketika hujan turun, merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. "Ya Allah turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang bermanfaat".

Rahmat dan karunia Allah SWT, seringkali tanpa disadari. Rasa syukur selalu kita panjatkan agar senantiasa diberikan keberkahan dalam hidup. 

DIA maha mengetahui dari apa yang tidak kita ketahui. Oleh karena itu, mari senantiasa bersyukur di manapun dan kapan pun karena Allah SWT, sangat dekat dengan hambaNYA.