Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Menulis Artikel Sederhana

Menulis artikel sederhana dapat di pelajari secara bertahap. Tentukan tema yang akan di tulis dan judul artikel. Menulis artikel dengan cara sederhana sesuaikan gaya penulisan masing-masing saja.

Menuangkan ide dan gagasan dalam artikel di awali dengan membuat tema dan judul. Supaya mudah dalam memberikan penjelasannya. Berikut panduan belajar menulis artikel secara sederhana:

1. Tentukan Tema

Menentukan tema sebelum membuat judul artikel. Misalnya tema tentang wisata, maka akan lebih mudah membuat judul dan menjabarkannya.
2. Membuat Judul

Kemudian setelah tema, buatlah judul Menentukan judul yang akan dibahas sesuai pada tema. Judul memiliki peran penting yang akan memberikan keterangan awal dari topik yang di bahas.

3. Tulis Kalimat Utama

Kalimat utama ditulis secara singkat dan padat di paragraf pertama atau di bagian akhir artikel. Hal ini bertujuan memberikan penjelasan inti atau pokok kalimat, sehingga memudahkan pembaca mendapatkan pesan yang ditulis. 

4. Bagian Isi

Selanjutnya membahas di bagian terpenting yaitu isi tulisan. Artikel tulisan mengenai tema dan judul. Dalam menulisnya usahakan menggunakan kalimat yang formal agar mudah dipahami. 

Tentunya tidak membuat pembaca kebingungan, sehingga pembaca lebih cepat memahami tentang artikel yang di tuliskan. Silahkan kembangkan dengan kalimat yang baik.

Jika kehabisan kata maka buatlah kalimat penghubung, agar artikel lebih lengkap penjelasannya.

4. Bagian Paragraf Akhir

Tahapan menulis artikel selanjutnya ialah menulis di bagian paragraf akhir. Biasanya menyimpulkan terkait artikel yang di buat, supaya artikel lebih banyak dan mudah disimpulkan pembaca.

Agar lebih mudah kembali ke poin terpenting pada bagian isi yang fokus pada judul pembahasan.

Menulis kesimpulan merupakan hal yang paling mudah, tapi ingat ketika menulis essay ditahap ini, anda perlu berhati-hati. hindari kalimat yang dapat memunculkan topik baru, sehingga tidak membuat pembaca kebingungan.