Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Menulis, Jadi Artikel Sederhana

Menulis salah satu acara menuangkan ide dan gagasan. Menulis artikel, diawali dari memulai. Tulisan pada Artikel yang sederhana dihasilkan dari memulai belajar menulis. Menghasilkan tulisan sederhana, dapat menungakan kegiatan keseharian, yang dapat bermanfaat. 

Menuangkan ide dan gagasan dalam artikel di awali dengan menentukan tema dan judul. Supaya mudah dalam memberikan penjelasannya. Berikut panduan belajar menulis agar menjadi artikel yang cukup sederhana:

1. Tentukan Tema

Menentukan tema sebelum membuat judul artikel. Misalnya tema tentang wisata, perjalanan, dan aktivitas saat belajar. Maka akan lebih mudah membuat judul dan menjabarkannya.

Tema yang akan ditulis mengenai perjalanan saat menikmati kuliner. Maka tema tentang kuliner, info kegiatan sekolah, dan lainnya. 
2. Membuat Judul

Kemudian setelah tema, buatlah judul Menentukan judul yang akan dibahas sesuai pada tema. Judul memiliki peran penting yang akan memberikan keterangan awal dari topik yang di bahas.

Contoh sederhana: "Makan Pempek Enak di Warung Kakak". Maka buatlah kalimat, mengenai pempek, rasanya, tempatnya. Supaya mudah menulisnya. 

3. Tulis Kalimat Utama

Kalimat utama ditulis secara singkat dan padat di paragraf pertama atau di bagian akhir artikel. Hal ini bertujuan memberikan penjelasan inti atau pokok kalimat, sehingga memudahkan pembaca mendapatkan pesan yang ditulis. 

Namun, menulis dapat diawali dengan yang di ketahui dan lebih mudah. Sebagai tahapan belajar, karena membuat artikel seringkali bingung. Bagaiamana untuk memulainya. 

4. Bagian Isi

Selanjutnya membahas di bagian terpenting yaitu isi tulisan. Artikel tulisan mengenai tema dan judul. Dalam menulisnya usahakan menggunakan kalimat yang formal agar mudah dipahami. 

Tentunya tidak membuat pembaca kebingungan, sehingga pembaca lebih cepat memahami tentang artikel yang di tuliskan. Silahkan kembangkan dengan kalimat yang baik.

Jika kehabisan kata maka buatlah kalimat penghubung, agar artikel lebih lengkap penjelasannya. 

4. Bagian Paragraf Akhir

Tahapan menulis artikel selanjutnya ialah menulis di bagian paragraf akhir. Biasanya menyimpulkan terkait artikel yang di buat, supaya artikel lebih banyak dan mudah disimpulkan pembaca.

Agar lebih mudah kembali ke poin terpenting pada bagian isi yang fokus pada judul pembahasan.

Menulis kesimpulan merupakan hal yang paling mudah, tapi ingat ketika menulis essay ditahap ini, anda perlu berhati-hati. hindari kalimat yang dapat memunculkan topik baru, sehingga tidak membuat pembaca kebingungan.