Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis dan kecap sebagai ramuan untuk mengobati penyakit ringan. Misalnya jika Tenggorokan sakit membuat suara tidak keluar (parau). Parau sangat mengganggu, berbicarapun sulit dilakukan. 

Tenggorokan terasa sakit atau sedikit terasa gatal, menyebabkan kesulitan berkata. Parau sebagai penyakit ringan yang dapat ditangani dengan ramuan jeruk nipis dan kecap. 

Mengobatinya dapat dilakukan secara tradisional, yaitu menggunakan jeruk nipis. Untuk langkah membuat ramuannya ialah sebagai berikut:
Siapkan jeruk nipis dan kecap manis. Cara membuatnya, peras jeruk nipis. Air perasannya dicampur kecap manis dan aduk merata dengan sendok makan. Langkah selanjutnya, tuangkan ramuan tersebut, dengan sendok makan kedalam tenggorokan. 

Rasa asam yang tajam, akan melawan bakteri di tenggorokan. Perlahan telat ramuan tersebut, dan ulangi secara perlahan. Masukan kedalam, tahan sampai terkena bagian-bagian tenggorokan. 

Cara tersebut sudah familiar, karena khasiatnya dapat menyembuhkan. Bahkan jika tenggorokan sakit, dan suara sulit keluar bisa membuat ramuan jeruk nipis dan kecap. Sehingga dapat dilakukan dengan baik di rumah. 

Ramuan jeruk nipis tersebut sebagai pengingat, sekiranya dapat bermanfaat. Setidaknya, dari ramuan tradisional sederhana, memberikan kemudahan untuk mengobati tenggorokan sakit karena suara parau dan bahan-bahan mudah didapatkan.