Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gelora PON XX Papua, Mentari Harapan Baru dari Timur Indonesia

Pekan Olahraga Nasional (PON), Sebagai pesta olahraga di Indonesia yang berlangsung selama 4 tahun sekali. Pesan semangat dalam penyelenggaran PON XX 2021 ini "Mentari Harapan Baru dari Timur" begitu bergelora. Tidak terasa di tahun ini, memasuki penyelenggaran PON ke XX, tuan rumah di Provinsi Papua, 2-15 Oktober 2021 ditetapkan sebagai waktunya.
 
Gelora PON XX berlangsung di Bumi Cendrawasih, Provinsi Papua, lebih semangat menyambut Harapan Baru dari Timur Indonesia. Semarak syair membantu menggelorakan, sebagai bentuk dukungan pada penyelenggaran PON XX tahun 2021.

Menyaksikan PON XX secara langsung sangatlah seru. Namun, karena situasi Pandemi, mengharuskan masyarakat untuk bersabar dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar Indonesia kembali normal, hingga PON XX Papua 2021 berjalan lancar.

Terdapat hal menarik dari PON XX di tahun 2021. Mengahdirkan logo yang unik, brand ambassador, fasilitas, dan semarak untuk menggelorakan Pekan Olahraga Nasional.  Tentunya menjadi lebih semangat untuk mensukseskan penyelenggaran PON XX, agar lebih bergelora walaupun dalam situasi Pandemi.

Berbagai hal menarik dalam penyelenggaraan PON XX papua, mulai dari perbenahan pembangunan fasilitas pertandingan dan rangakaian acara dikemas dengan meriah untuk menyambut para atlit Indonesia. Sejak digelorakan sosialisasi kepada masyarakat di Indonesia, langsung mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Logo PON XX mulai bertebaran di media sosial.

Makna Logo PON XX Papua, Mentari Harapan Baru dari Timur Indonesia

PON XX Papua 2021 memiliki logo horizontal dan vertikal. Terdapat warna dengan mayoritas kuning keemasan di tiga lingkaran olimpiade penuh makna. Logo PON XX Papua sebagai simbol kemegahan di bidang olahraga di papua, untuk meyambut mentari harapan baru dari timur Indonesia.

Stadion Papua, menjadi ikon Papua berstandar FIFA. Stadion ini, dilengkapi lapangan pendamping dari rumput berjenis Zoysia Matrella, sebagai simbol wadah pemersatu. Lapangan pendamping juga digunakan sebagai tempat untuk latihan. Tentunya persiapan yang sudah di jalankan akan memberikan kelancaran dan kenyamanan dalam melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.
Selain itu, terdapat bentuk segitiga menjulang mengibaratkan kontur geografi Papua. Terdapat beberapa pegunungan yang memiliki banyak sumber kekayaan alam dan ukiran dalam logo mewakili keragaman budaya khas Papua.

Prestasi, Sportivitas dan Solidaritas sebagai makna dari tiga lingkaran olimpiade yaitu merah, kuning, dan hijau. Warna ketiganya akan menjadi pemersatu rakyat dalam olahraga, tetap kokoh, dan abadi. Tentunya bila didasari prinsip berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu, Indonesia.

Bentuk tiga lingkaran tersebut juga mewakili tiga ring, dalam logo KONI sebagai wadah induk olahraga prestasi Indonesia. Para atlit akan berebut prestasi di ajang olahraga bergengsi Indonesia.

Kemudian, secara tersirat logo ini berbentuk kalderon olimpiade. Pastinya dari logo PON XX papua, sebagai simbol energi semangat baru bagi masyarakat. Tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Papua, PON tempat pemersatu bagi para atlit di Indonesia.

4 Klaster Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-20 (XX) Indonesia

PON XX Papua dilaksakan pada 4 klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke di Provinsi Papua, Indonesia. Tentunya mentari harapan baru dari timur, Indonesia semakin bergelora. 

Dari 4 klaster tersebut, maka Kota Jayapura akan menjadi lokasi untuk 15 cabang olahraga di 22 nomor disiplin. 15 cabang olahraga dan 21 nomor disiplin berlangsung di kabupaten Jayapura.
Tempat pertandingan 9 cabang olahraga dan 12 nomor disiplin akan diadakan di Kabupaten Mimika. 

Sedangkan Kabupaten Merauke, terdapat 6 cabang olahraga dan 6 disiplin cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
Walaupun di tengah kondisi Pandemi Covid-19, terdapat harapan baru dari timur Indonesia yang bergelora, siap menjadi tuan rumah dalam penyelengaraan PON ke 20.

Semarak menggeliat PON XX akan berpengaruh untuk mengenalkan potensi daerah, dan kekayaan alam di timur Indonesia.
 
Untuk mendapatkan informasinya, dapat mengaksesnya melalui website resmi http://www.ponxx2020papua.com dan official instagram @ponxx2020papua yang telah disediakan dan sudah disertai hashtag #PondemiKompetisiBlog #PONDEMI #MentariHarapanBaruDariTimur mulai bergelora.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, dan perlombaan lainnya. Sebagai langkah untuk menggeliatkan gelora masyarakat untuk menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur Indonesia.

Informasi penyelenggaraan PON XX Papua 2021 kian bergelora di berbagai platform media sosial. Sehingga penyelenggaraan PON XX, begitu semarak di sampaikan kepada masyarakat. Sehingga Pekan Olahraga Nasional, Papua membuat Mentari Harapan Baru dari Timur Indonesia semakin bergelora.

PON XX, di Papua memiliki venue olahraga yang baik, yaitu Stadion Lukas Enembe berdesain Honai yang berlokasi di jalan poros utama yang menghubungkan Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.
Official akun instagram @ponxx2020papua, mulai menyemarakkan. 

Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi perlombaan para putra putri terbaik tanah air saat berkumpul pada PON XX Papua 2021. Stadion tersebut terdapat ukiran khas, memiliki luas 71.697 meter persegi, berukuran 13 hektare yang berada di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Indonesia. 

Terdapat 3 venue dari Stadion Lukas Enambe, yaitu lapangan sepakbola, akuatik, dan lapangan menembak. Kapasitas stadion berstandar di papua, mampu menampung sekitar 40.000 penonton yang akan membuat Mentari Harapan Baru dari Timur Indonesia kian menggelora.

Fasilitas baru terus dibenahi guna memberikan keamanan, kenyamanan, dan memiliki nilai keindahan tersendiri untuk menyambut PON XX. Misalnya Jalan Trans Papua dan Jembatan Youtefa, yang juga telah memiliki tampilan khas Indonesia.

Pekan Olahraga Nasional ke 20, di Papua sebagai Mentari Harapan Baru dari Timur, Indonesia kian menggelorakan. Para atlit terbaik Indonesia akan berkumpul untuk berkompetisi di ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional penuh semangat.

Kondisi Pandemi memang mempengaruhi segala sektor, namun berbagai persiapan terus dilakukan guna menyongsong mentari harapan baru dari timur untuk Indonesia. 

Harapan untuk penyelenggaraan PON XX Papua 2021, di tengah situasi Pandemi Covid-19 dapat berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semangat Gelorakan PON XX Papua 2021, terus digelorakan yang melibatkan masyarakatnya.
 
Sebagai bentuk semangat dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cendrawasih, berbagai program dilakukan dengan meriah, mulai dari perlombaan yang menyasar ke lapisan masyarakat. Peran panitia yang terlibat sangat kreatif untuk menyambut mentari harapan baru dari Timur Indonesia.
 
Provinsi Papua menjadi tuan rumah di penyelenggaraan PON XX tahun 2021. Tentunya sangat berpotensi terhadap pengenalan kekayaan alam di Bumi Cendrawasih. Sehingga Provinsi Papua dapat memanfaatkan momentum tersebut dalam mengenalkan keindahan alam dan budaya daerahnya. Mengenalkan hasil pembangunan, kepada masyarakat. 

Provinsi Papua memiliki kearifan lokal cukup unik dan menarik, dapat memberikan warna dalam penyelenggaraan PON XX 2021. Masyarakat Papua dapat ikut serta dalam memeriahkan acara bergengsi itu, dengan menyiapkan berbagai hasil karya yang bernilai. Misalnya souvernir guna menggerakkan ekonomi di masyarakat.
 
Oleh karena itu, dalam menyongsong PON XX Papua tahun 2021, perlu memberikan semangat kepada para atlit terbaik Indonesia dan agar para atlet lainnya dapat sportif dalam bertanding. 

Melalui PON XX tahun 2021, akan menjadi sejarah tersendiri bagi Provinsi Papua, menyelenggarakan PON XX. Sehingga mentari harapan baru dari timur diharapakan dapat meraih kesuksesan, sebagai persembahan untuk Indonesia. Semangat, Torang Bisa !