Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Jadi Voice Over Sukses, Berikut Rahasianya

Menjadi voice over sukses diawali dari skill dan perbanyak latihan. Voice over adalah istilah untuk menjelaskan suara latar dari sebuah video. Voice over digunakan pada film, animasi, hingga iklan. Pengisi suara (Voice Over) disebut artis voice over atau dubber.

Menjadi voice over akan menjalankan pekerjaan yang berhubungan pada pembuatan Iklan, berita, dan dubbing animasi lainnya. Teknologi canggih banyak memunculkan peluang, termasuk kebutuhan pengisi suara. Memiliki keahlian di bidang voice over atau dubber tentu menyenangkan.

Bagi voice over talent Indonesia, mereka mampu mengubah berbagai macam intonasi, suara dan menemukan suara unik. seperti film animasi di Indonesia, iklan, dan lainnya.

Misalnya suara dengan karakter anak-anak, dewasa, bahkan animasi. Voice over sebagai profesi yang layak di tekuni. Banyak voice over memerankan tokoh kartun yang menghibur. Cara jadi voice over bukan hanya mengandalkan suara, perlu banyak refrensi untuk bahan belajar. 

Tertarik menjadi voice over? Nah, simak tips menjadi voice over baik berikut ini:

1. Bermain dengan konsep suara

Anda harus tetap memposisikan karakter suara anda sesuai peran. Misalnya, anda seorang voice over yang berperan sebagai orang tua maka anda harus menjiwai suara orang tua dengan baik.

2. Banyak latihan

Latihan itu penting supaya menghasilkan suara yang khas. Berlatih dengan tekun akan membuat karakter suara jadi lebih baik. Anda bisa mencoba karakter suara dalam versi yang banyak, misalkan mencoba dengan membacakan narasi berita, iklan produk, suara animasi, dan lainnya.

3. Buatlah karakter suara

Sebagai voice over perlu memiliki karakter suara yang unik sebagai ciri khas. Walaupun sangat susah untuk menemukan karakter suara yang khas, namun jika terus diasah akan terbentuk nantinya.

4. Jangan mudah berpuas diri

Kadang jika sudah merasa bisa kita pun akan berpuas diri. Sebenarnya ini cara yang salah. Seharunya terus belajar dengan berbagai cara, terutama mencoba karakter suara lainnya.

Seorang voice over yang mampu memainkan suara dengan beragam karakter dan intonasi suara akan lebih mantap untuk terus dipelajari.

5. Banyak sharing

Perbanyak belajar, sharing, dan minta pendapat rekan terdekat untuk memberikan masukan. Cara ini penting agar membuat banyak perubahan. 

Minta masukan seperti kritik dan saran yang membangun. Ini bertujuan agar memberikan dampak perubahan yang lebih baik.

6. Jangan Takut 

Jangan takut berlatih dengan totalitas mulai dari gerakan mulut atau rahang. Menjadi voice over/dubber hanya bekerja dibalik layar. Jadi baca narasi dengan gaya smiling voice atau dengan berexspresi agar menjiwai. 

Tinggal baca teks narasi yang sudah disediakan dan intonasi apa yang cocok. Kalau masih takut untuk belajar sangat susah untuk berkembang.

7. Banyak Nonton Voice Over Terkenal

Agar terbiasa dan menemukan banyak inspirasi maka perbanyak menonton para voice over/dubber Indonesia lainnya. 

Tujuannya supaya mendapatkan refrensi lain yang lebih baik. Pahami ketika membaca narasi dari karakter suara yang mereka bacakan.

8. Praktik Rekaman

Praktik adalah cara untuk melihat sejauh mana hasil yang telah dipelajari. Bisa memanfaatkan rekaman dari gawai pribadi. 
Lakukan berulang kali, agar menghasilkan suara yang baik.

9. Casting Program

Jika sudah mempelajari dan berlatih maka selanjutnya adalah casting program televisi untuk memulai proses menjadi voice over atau dubber. 

Selain itu bisa bergabung di komunitas atau di rumah produksi, yang menyediakan jasa talent voice over maupun dubber. Ketika sudah bergabung tetap harus berevaluasi supaya lebih mantap. 

Untuk masalah penghasilan, dengan sendirinya akan menemukan caranya masing-masing. Nah itulah cara menjadi voice over yang dapat memberikan refrensi. Siapapun bisa mejadi voice over, asalkan ingin belajar dan menggali potensi diri dengan baik.