Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kegunaan Voice Over/Dubber, Ternyata Seru Jadi Voice Over !

Voice Over (VO)/ Dubber tak jauh berbeda, menjadi seorang voice over atau dubber ternyata menyenangkan. Sekarang ini, voice over atau dubbber menjadi profesi yang dapat ditekuni. Siapapun bisa jadi vo/dubber, seru sekali !

Namun, menjadi Vo/dubber bukan hanya modal suara asal cuap-cuap. Konon, terdapat tehnik dan carannya yang dapat di pelajari. Lalu, bagaimana penggunaan Voice over (VO)/ dubber? 

Zaman modern ini, kemajuan tekhnologi begitu luar biasa. Dampak positifnya sangat banyak. Salah satunya dalam hal suling suara (voice over/dubber), yang kian di butuhkan.
Tanpa disadari ketika menonton televisi, dan platform media lainnya. Muncul tayangan berbagai macam iklan dengan suara yang menarik. Voice over/dubber berfungsi sebagai penjelasan yang melalui suling suara sampai pada editing. 

Kegunaan voice over/dubber banyak. Untuk lebih jelas, penggunaan voice over/dubber, maka simak terus contoh berikut. 

1. Siaran Berita 

Voice over atau dubber digunakan untuk produksi siaran berita baik radio maupun televisi. Seiring perkembangan teknologi, media sosial kini dapat menggunakan voice over atau dubber untuk konten-konten video.

2. Iklan

Voice over digunakan dalam mengisi berbagai macam iklan. Misalnya iklan produk, iklan layanan masyarakat, dan lainnya. Sehingga memberikan penjelasan melalui suara mengenai iklan yang akan di siarakan.

3. Lipsing

Selain itu voice over maupun dubber dibutuhkan untuk lipsing di berbagai film. seperti film animasi, drama kolosal, dan berbagai pertujukan. 

4. Stasiun Id

Stasiun id juga menggunakan voice over atau dubber untuk televisi maupun radio. Stasiun Id, memiliki narasi yang singkat, dann jelas.

6. Film Dokumenter

Kegunaan voice over atau dubber dalam pembuatan film dokumenter. Sehingga akan berkolaborasi dengan video maupun gambar yang dipadukan dalam proses editing.

7. Acara Pertunjukan

Drama pertunjukan juga sering memakai voice over atau dubber. Para tokoh seolah berbicara mengikuti alur suara voice over secara bersamaan. Misalnya pada acara pertunjukan pentas drama, dan lainnya.

Menjadi voice over/dubber perlu latihan. Siapapun bisa menjadi vo/dubber. Asalkan mampu memainkan suara dengan berbagai karakter. Secara perlahan, jika dipelajari secara konsisten, maka voice over/dubber akan semakin mantap. 

Kuncinya belajarlah dengan siapapun, dan terbuka menerima saran untuk perubahan yang lebih baik. Jangan lupa, untuk meminta saran rekan-rekan agar dapat memberikan koreksi, untuk evaluasi hasil vo/dubber yang telah di buat.

Itulah beberapa kegunaan voice over/dubber. Masih banyak penggunaan lain sesuai kebutuhan. Apalagi sekarang banyak masyarakat berkreasi melalui kanal youtube. Tentunya, menjadi voice over/dubber sangatlah seru !