Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Membuat Ramuan Sederhana, Terasa Manfaatnya

Ramuan tradisional di buat dengan bahan-bahan tumbuhan secara alami. Manfaatnya untuk kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh. Membuat ramuan tradisional seringkali dianggap sepele akan manfaatnya.

Padahal, membuat ramuan tradisional seperti jamu, sudah dilakukan leluhur sejak dahulu. Tumbuhan yang subur di Indonesia dijadikan sebagai obat. Khasiat ramuan tradisional mampu bereaksi dalam tubuh lebih cepat.

Membuat ramuan tradisional sangat mudah. Kenali manfaat tumbuhan-tumbuhan untuk di konsumsi sehari-hari. Ramuan tradisional mampu menangkal berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Walaupun antara sehat dan sakit adalah suatu keniscayaan diluar kemampuan manusia yang tidak dapat diketahui. Akan tetapi, mencegahnya adalah hal yang wajar dan cara yang lebih baik baik ketimbang mengobati.
Mengobati keluhan penyakit dari dalam tubuh dapat di atasi dengan ramuan. Ramuan tradisional di percaya memiliki khasiat bagi tubuh yang sehat.

Cara Membuat Ramuan Sederhana, Badan Sehat Terasa Manfaatnya

Ramuan tentu menggunakan rempah-rempah khas Indonesia yang mudah di dapatkan. Namun, membuat ramuan tradisional memiliki cara yang beragam. Hanya mengandalkan tumbuhan yang tumbuh subur di alam semesta.

Sehat dengan ramuan tradisional yang rutin di konsumsi menjadikan tubuh lebih tahan akan serangan penyakit. Mau tahu cara membuat ramuan sederhana? Simak selengkapnya dan praktekkan di rumah !
Bahan-bahan dan cara membuatnya:

1. Siapkan beberapa lembar sirih merah, jahe, lengkuas, kunyit, sereh. Kemudian, beberapa lembar daun jarak, daun sirsak, dan daun jeruk.

2. Cuci bersih di air mengalir. Untuk lengkuas, jahe, dan kunyit. Cukup bersihkan kulit luar sampai bersih.

3. Jahe, lengkuas, dan kunyit di potong-potong kemudian di peprek. Untuk lebih lengkap tambahkan sereh yang telah di peprek, bisa juga tidak menggunakan sereh.

4. Setelah semua bahan bersih. Maka ambil beberapa lembar daun sirih, sirsak, jeruk, dan jarak. Bisa dengan hitungan ganjil yang dibedakan.

5. Bahan dedaunan tersebut di hancurkan dengan tangan. Rebus dan tambahkan peprekan jahe, kunyit, lengkuas, dan sereh.

6. Rebus dengan 1/5 air dari takaran gelas. Sesuaikan perkiraan bahan-bahan yang dibuat.

7. Setelah mendidih pastikan air sudah sedikit berkurang. Kemudian angkat dan diamkan sampai hangat lalu minum ramuan tersebut.

Ramuan tradisional sudah biasa dijadikan leluhur untuk mengobati penyakit luar dan dalam tubuh. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat ramuan sederhana yang menyehatkan.

Caranya kenali tumbuhan terlebih dahulu dan pelajari cara mengkombinasikan antara tumbuhan lain. Sebab dari sari pati tumbuhan mampu memberikan manfaat bagi tumbuh.

Rutin mengkonsumsi ramuan tradisional sangat lebih baik. Tentunya agar merasakan khasiat ramuan yang dibuat bagi tubuh. Banyak cara membuat ramuan tradisional, mulai dari jenis tumbuhan, cara pengambilan baik waktunya.

Silahkan praktikan di rumah, pastinya sangat sederhana. Ramuan sederhana tersebut terasa pahit. Tapi yang pahit salah satu ciri khas dari obat. Nah, mudah-mudahan cara membuat ramuan tradisional tersebut bermanfaat. Selamat mencoba !