Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nyirih Juga Nikmat, Yuk Dicoba Agar Sehat !

Nyirih sangat nikmat, tradisi nyirih masyarakat melayu masih ada hingga sekarang. Manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan. 

Nyirih dapat mengatasi bauk mulut, dan untuk kesehatan gigi, melancarkan peredaran darah agar tubuh tetap sehat. Manfaat lain ialah mencegah bauk mulut dan lainnya.

Bagi yang suka merokok, sangat baik jika membiasakan nyirih. Sebab dapat mengurangi nikotin, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. 

Makna Bersirih Masyarakat Melayu

Puak Melayu terkenal dengan sifat sopan santun, berbudi bahasa serta penuh dengan adat budaya dalam menjalani kehidupan sosial. Lebih mengedepankan Adat yang  diutamakan, bak kata pepatah "biar mati anak jangan mati adat", sehingga bentuk kegiatan selalu menggunakan adat. 
Masyarakat Melayu menggunakan tepak sirih sebagai pembuka kata. Dalam adat bersirih, setiap bahan yang terkandung mempunyai pengertian dan membawakan maksud tertentu. Berikut makna dari setiap bahan-bahan bersirih:

1. SIRIH : Memberi arti sifat yang merendah diri dan sentiasa memuliakan orang lain, sedangkan dirinya sendiri adalah bersifat pemberi.

2. KAPUR : Melambangkan hati seseorang yang putih bersih serta tulus, tetapi jika keadaan tertentu yang memaksanya ia akan berubah lebih agresif dan marah.

3. GAMBIR : Dengan sifatnya yang kelat kepahit-pahitan memberikan arti ketabahan dan keuletan hati.

4. PINANG : Digambarkan sebagai lambang keturunan orang yang baik budi pekerti, tinggi darjatnya serta jujur. Bersedia melakukan sesuatu perkara dengan hati terbuka dan bersungguh-sungguh

5. TEMBAKAU : Melambangkan seseorang yang berhati tabah dan sedia berkorban dalam segala hal

Tepak sirih digunakan sebagai barang perhiasan dan atau dalam upacara-upacara resmi. karena tepak sirih penting dalam adat istiadat, maka tidak layak digunakan sembarangan.

Nyirih salah satu tradisi melayu, sejak dahulu sirih biasa di konsumsi dan di jadikan obat. Nyirih bersama saat berkumpul ke saudara di rumah akan sangat menyenangkan.

Sudah menjadi kebiasaan jika bertamu sambil nyirih bersama. Setelah mengunyah sirih dilanjutkan menghirup kopi yang nikmat. Aroma kopi dan bekas nyirih di mulut akan beraroma wangi.

Rasa pedas, manis dan sedap-sedap harum akan muncul saat sirih dikunyah yang telah diberi kapur, gambir, cengkeh, dan potongan buah pinang. Nikmat terasa saat mengunyah sirih saat di makan.

Bagi yang suka nyirih seperti kebiasaan merokok. Kebiasaan nyirih akan sulit untuk dihentikan karena sangat sedap dan bermanfaat. Air yang berwarna merah dari sirih yang dikunyah terasa manis.

Ditambah aroma daun sirih yang lengkap sangat wangi. Nyirih memiliki kenikmatan tersendiri. Mulai dari rasa, aroma yang menyatu dengan sempurna.

Manfaat lain dari daun sirih mampu bau keringat. Nyirih masih tetap terlestarikan, di Sumatra, dan lainnya. Jika yang lanjut usia nyirih juga dilengkapi dengan nyugi. 

Cara Nyirih Sedap dan Nikmat Sehat Di Badan

Silahkan dicoba, Nyirih dapat di dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan terlebih dahulu meliputi, daun sirih, kapur, gambir, dan buah pinang. 

Caranya ambil beberapa lembar daun sirih. Lalu oleskan kapur, gambir, dan potongan buah pinang, dan tambahan cengkeh. Kemudiam gulung daun sirih dan makan. Rasakan sensasi kelezatan dan kenikmatan yang bermanfaat bagi tubuh. 

Bagi yang tak biasa, nyirih akan terasa pahit dan pedas. Namun perlu diperhatikan saat akan nyirih, harus disesuaikan takaran kapur dan gambir saat dicampurkan.  

Hal ini bertujuan supaya tidak menyebabkan perih di lidah yang membuat tidak enak saat makan. Begitupun pun sebaliknya, jika kapur terlalu sedikit saat  dimakan terasa pedas. 

Agar terbiasa menyirih maka coba dengan memakan daun sirih satu lembar secara rutin. Sehabis makan supaya menghilangkan bauk mulut. 

Secara perlahan anda akan terbiasa nyirih. Tinggal tambahkan kapur, gambir, dan potongan buah pinang supaya semakin sedap dan berdampak untuk kesehatan tubuh anda.