Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Beternak Unggas Sekitar Tempat Tinggal

Beternak adalah kegiatan menyenangkan. Berternak dapat dilakukan sesuai tempat dan kondisinya. Memilih berternak di kebun dan persawahan adalah alternatif pilihan yang tepat. Selain lebih leluasa dan hasilnya maksimal.

Selain itu, berternak dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal. Caranya ialah di daerah tempat tinggal yang jauh dari perkotaan. Berternak dapat menjadi kegiatan waktu luang agar menghasilkan.

1. Cara berternak sekitar tempat tinggal dapat memilih berupa unggas, kambing, bahkan sapi dan kerbau. Namun, yang paling cocok memelihara ternak di dekat tempat tinggal ialah unggas diantaranya ayam, dan itik.
2. Hewan ternak, seperti ayam, dan itik dapat dipelihara di sekitar tempat tinggal. Namun tetap harus memperhatikan kondisi lahan tempat tinggal. Jika memiliki lahan kosong di bagian belakang atau samping rumah, bisa dijadikan tempat memelihara hewan unggas.

3. Cara beternak hewan unggas di sekitar tempat tinggal harus memperhatikan kondisi tempat berternak yang harus jadi pertimbangan. Supaya tidak salah memilih bintang ternak, karena menyesuaikan dengan lokasi dan tempat tinggal.

4. Sedangkan jika berternak sapi dan kerbau, justru memerlukan lokasi khusus. Sebab berternak sapi dan kerbau lebih tepat di area persawahan, dan ladang atau perkebunan.

5. Cara berternak unggas untuk memenuhi kebutuhan hidup dan aktivitas rumahan ialah membuat gubukan unggas untuk memelihara ayam. Ayam sangat cocok dipelihara karena dapat dikonsumsi bahkan dipasarkan.

Setelah itu, membeli bibit minimal 5 ekor ayam. Jantan dan 4 betina agar lebih ringan. Kemudian rawat dan beri pakan setiap hari supaya tumbuh lebih baik. Siapkan tempat bertelur didalam kandang yang dibuat.

Berternak unggas sekitar tempat tinggal, sesuai cara masing-masing. Tujuannya dapat  memenuhi kebutuhan, hasil dari ayam yang dipelihara dapat dikonsumsi dan membantu warga sekitar yang membutuhkan. Bahkan telur ayam sangat bermanfaat. Baik untuk kebutuhan dan dipasarkan.

Sehingga memelihara ayam ternak disekitar tempat tinggal, akan membantu. Kebutuhan keluarga dan warga sekitar agar lebih mudah, saat membutuhkan ayam untuk bahan berobat, dikonsumsi, dan bibit berternak.

Bahkan ketika memiliki peliharaan di rumah, dan memiliki ayam jantan yang terawat dapat dijual dengan harga yang mahal. Sebab ayam jantan banyak digunakan dan dibutuhkan. Sehingga memelihara ayam ternak di sekitar tempat tinggal sangat bermanfaat.