Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Khasiat Tangkai Buah Seri Yang Jarang Diketahui

Tahukah anda tanaman seri atau kersen? Tumbuhan yang tidak asing ditelinga masyarakat. Tumbuhan ini tumbuh dimana-mana dan sangat bermanfaat.

Secara umum masyarakat menyebutnya tumbuhan seri, ada pula yang menyebut tumbuhan ini bernama kersen. Tanaman tumbuh dengan mudah. 

Tumbuhan seri biasa dimakan pada buahnya saja. Namun ternyata selain buah dan daun yang dapat dikomsumsi, tangkai buah seri berkhasiat untuk kesehatan.
(Foto: www.pertanianku.com)
Buah seri saat matang berwarna merah, rasanya manis dan wangi. Pada saat memakan buah seri tentu tangkainya dibuang begitu saja. Padahal tangkai buah seri tersebut menyimpan khasiat yang bermanfaat bagi tubuh yang dapat dijadikan ramuan obat tradisional warisan leluhur.

Mengolah tangkai buah seri untuk di konsumsi tidaklah sulit. Cukup petik buah seri dan ambil tangkainya. Bagiamana proses pembuatannya? Berikut cara membuat ramuan dari tangkai buah seri yang mudah:

1. Petik dan kumpulkan tangkai buah seri sebanyak 27 tangkai. Buang buahnya dan bersihkan tangkainya dengan air mengalir.

2. Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu sampai air tersisa menjadi kurang lebih 1 gelas.

3. Diamkan sampai menjadi hangat, dan minum. Konsumsi secara rutin pagi dan sore. Rasakan khasiatnya pada tubuh anda.

Selain tangkai buah seri, biasanya daun tumbuhan ini lebih banyak diketahui sebagai ramuan obat. Dalam membuat ramuan dari daun buah seri dengan merebus daun atau di jemur untuk dijadikan minuman.

Jika mengkonsumsi buah seri, jangan lupa mengambil tangkainya untuk obat. Minuman sederhana ini sangat menyehatkan tubuh.

Untuk merasakan khasiatnya biasakan mengkonsumsi ramuan tangkai buah seri secara rutin. Sebagai ramuan tradisional warisan leluhur sejak dahulu yang perlu kita ketahui bersama.