Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Tips Membuat Jamu Tradisonal Yang Praktis

Jamu adalah minuman tradisional yang baik untuk kesehatan. Selain praktis dan sederhana dalam membuatnya. Ramuan tradisional jamu dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Membuat jamu tradisional dari tumbuhan jahe, kunyit, daun sereh, kayu manis, dan jeruk nipis. Untuk membuatnya perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan 3 ruas masing-masing jahe, dan kunyit. 1 batang sereh, dan 1 biji kayu manis ukuran 3 Cm serta siapkan jeruk nipis.
2. Semua bahan di cuci bersih, kupas kulit jahe dan kunyit. Sereh dipotong menjadi 2 bagian.

3. Jahe dan kunyit di iris kemudian masukan dalam gelas dan campurkan air panas dalam gelas, aduk rata sampai warna air sedikit kuning.

4. Masukan 1-3 irisan jeruk nipis dan Potongan batang sereh kedalam gelas. Aduk rata lalu sajikan. Minuman tradisional jamu sederhana siap diminum.

Dalam membuat ramuan tersebut, dapat menambahkan jeruk nipis dan kayu manis. Jika menggunakan jahe, kunyit, dan batang serah saja juga bisa. Selain itu, dalam membuatnya juga dapat menambahkan 2 jenis temulawak.

Temulawak hitam dan temulawak putih. Minuman tradisional leluhur yang banyak manfaatnya. Dalam membuat jamu tradisional tersebut dapat menggunakan air panas atau merebus semua bahan untuk diminum.