8 Cara Merawat AC Di Rumah, Awet dan Hemat

AC sebagai alat pendingin ruangan yang banyak digunakan hampir setiap rumah tangga. Manfaat AC menjadikan ruangan dingin dan membuat istirahat malam dan siang menjadi nyaman setiap harinya.

Walaupun manfaat AC memiliki dengan Keunggulannya, tetap kurang maksimal apabila tidak dilakukan perawatan sebagai cara agar hemat dan awet. AC bisa cepat rusak dan rasa dingin berkurang karena tidak melakukan perawatan dan menggunakan AC yang baik.
Agar AC di rumah menjadi awet dan tahan , maka berikut cara merawatnya sebagai refrensi tambahan saja;

1. Ukuran AC dan Ruangan

Sebelum memasang dan membeli AC di rumah maka perhatikan ukuran Paarde Kracht (PK) pada AC. Kemudian mengetahui ukuran ruangan disesuaikan pada PK AC. Ukuran PK lebih besar dari ukuran ruangan akan menyebabkan suhu AC terasa dingin. 

Begitupula sebaliknya, apabila ukuran PK lebih kecil dari ukuran ruangan, maka kerja AC tidak akan maksimal dan mesin. Jadi, pastikan ukuran AC dan ukuran ruangan yang tepat. 

2. Ruangan Tertutup Rapat

Mengatur suhu AC perlu diperhatikan, usahakan ruangan harus tertutup rapat. Ini bertujuan supaya tidak ada suhu yang keluar dar segala celah, baik pintu, jendela, dan lainnya. Jika terdapat celah pada sisi ruangan maka akan membuat suhu pada AC bekerja secara maksimal.

3. Waktu Setting

Sebagai saran bahwa dalam menyalakan AC tidak langsung setting AC pada suhu rendah. Pastinya kerja AC membutuhkan waktu dalam memproses suhu setelah dinyalakan. AC sama hal dengan perangkat elektronik lain, dimana perlu proses setelah dinyalakan.

Kebanyakan melalukan setting AC pada suhu rendah supaya ruangan cepat mengeluarkan suhu yang dingin. Padahal cara ini kurang baik dan menjadikan AC cepat rusak.

Alangkah baiknya jika menyalakan AC secara langsung dengan memilih suhu 25 derajat saja. Secara perlahan suhu ruangan akan bekerja dengan baik. 

4. Turunkan Perlahan

Pada proses mengubah untuk menurunkan suhu AC, maka kompresor AC akan bekerja secara normal dalam 5-10 menit di awal. Maka dari itu,  menurun AC dalam posisi rendah dilakukan secara perlahan supaya menghasilkan udara yang dingin dan AC akan lebih awet.

Jika merasa ruangan masih kurang dingin maka turun lagi hingga suhunya terasa. Begitu pula, jika akan menaikan suhu AC lakukan dengan cara yang sama. Cara ini adalah salah satu cara dalam merawat AC di rumah agar lebih efektif.

5. Suhu Saat Tidur

Mengatur suhu AC di lakukan sebelum terlelap tidur. Memiliki AC yang awet dan dapat menghemat arus listrik dilakukan rutin setiap hari saat menggunakannya. 
Suhu AC yang hangat membuat tidur lebih nyaman. 

Caranya naikkan AC  4 derajat lebih tinggi dari suhu biasanya. Sehingga suhu AC tidak membuat terlalu dingin saat tidur. Jika menggunakan AC tidak memperhatikan pemakaian suhu yang digunakan maka akan lebih boros.

6. Setting Mode Auto

Setiap AC dilengkapi fitur Mode Auto yang otomatis dapat mengatur mengatur suhu. Tersedianya fitur Mode Auto agar lebih ringan dalam pemakaiannya. 

Waku saat menyalakan AC sesuai suhu yang digunakan, maka Mode Auto akan bekerja secara otomatis yang mampu menjalankan perubahan pada suhu secara normal.

7. Gunakan Seperlunya

Salah satu menghemat daya listrik agar kebutuhan rumah tangga tidak besar maka AC yang tidak dipakai segera dimatikan. Misalnya saat akan keluar rumah dalam keadaan lama.

AC adalah alat elektronik yang dapat mempengaruhi pengeluaran. Maka penggunaan AC yang berlebihan akan menghasilkan pengeluaran yang cukup besar. Maka menggunakan AC seperlunya saja, jika ruangan tidak merasa panas maka matikan segera matikan AC.

8. Perawatan Rutin

Untuk memberikan perawatan yang baik pada AC, maka lihat kondisi udara. Jika keruh sebaiknya rutin dibersihkan
1 bulan sekali saja. Namun untuk apabila udaranya keruh maka lakukan perawatan selama 2 bulan sekali.

Memiliki AC di rumah bukan hanya memperhatikan perawatannya. Walaupun memiliki AC dengan teknologi inverter.
Namun harus sadar akan penggunaannya. Jangan sampai tidak memperhatikan pemakaian agar dapat meminimalisir biaya listriknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel