Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keutamaan Sahur, Ini Rahasianya !

Sahur merupakan salah satu sunnah dan adab di bulan Ramdhan. Seperti yang diajarkan dan dilakukan oleh junjungan Nabi Besar Muhammad Sollallahu 'alaihi wassalam.

Apa keutamaan dibalik kegiatan sahur sehingga Nabi sangat menganjurkannya?
Sahur di bulan ramadan terdapat barakah. Saat ramadan tiba ummat muslim akan melaksanakan kewajiban rukun islam ketiga yaitu berpuasa.
Pada saat berpuasa hendaknya melakukan sahur terlebih dahulu. Hadist Riwayat Al-Bukhari, No. 1923, Muslim, No. 1095 bahwa; "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan."

10 Rahasia Keutamaan Sahur di Bulan Ramadan

Sahur sebagai ibadah, Rasulullah SAW bersabda,“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR Bukhari dan Muslim). Maksud kata barokah ialah mendapatkan kebaikan sebagai amalan yang dilipat gandakan oleh Allah SWT untuk umat muslim yang melakukannya. 

Makan sahur sebagai syiar islam yang membedakan puasa umat muslim dengan lainnya. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW: "Perbedaan antara puasa kita dan puasa (Yahudi dan Nasrani) adalah makan sahur.” (HR Muslim). Artinya  makan sahur adalah tanda puasanya umat muslim. Berikut 10 Keutamaan Makan Sahur:
  • Sahur memiliki Keberkahan dari Allah SWT.
  • Mendapatkan Shalawat dari Malaikat Allah SWT.
  • Sunnah Rasulullah SAW.
  • Menjadi pembeda dengan puasa ahli kitab lainya. Hak ini sesuai hadits dari Amru bin Al Ash dari Nabi Muhammad SAW, dalam sabdanya, “Pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab ialah makan sahur” (HR. Muslim).
  • Badan kuat dalam melaksanakan ibadah puasa 
  • Sebagai ibadah kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Lebih semangat beraktivitas dan memperkaya keimanan.
  • Menolak akhlak buruk akibat rasa lapar.
  • Menggerakkan hati untuk bersedekah  memberi makan untuk sahur.
  • Membuat Do'a jadi terkabul oleh Allah SWT.
  • Sahur dapat digunakan untuk menyusul niat puasa bagi yang lalai dalan niat sebelum tidur. 
Sahur adalah aktivitas ibadah umat muslim yang sayang untuk ditinggalkan. Hukum Sahur adalah sunnah, jika dikerjakan mendapatkan pahala dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Namun dibalik aktivitas sahur terdapat keutamaan yang sangat berkah

Sejak hari pertama puasa diawali makan sahur hingga menjelang imsak. Makan sahur memiliki keutamaannya dan sebagai ibadah kepada Allah SWT.  Bulan ramadan adalah bulan yang penuh berkah, bulan pengampunan, yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. 

Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang beriman di bulan ramadan terutama yang melaksanakan perintah dan menjauhi larangnya. Kegiatan buka puasa, sahur, tarawih menjadi ibadah yang luar biasa bagi ummat muslim. Wallahu A'lam..