Pernikahan Adat Betawi Ngedelengin dan Melamar

  

Adat pernikahan betawi juga memiliki keunikan dan makna sarat akan nilai-nilai leluhur seperti adat pernikahan lain di Indonesia. 

Prosesi pernikahan pada masyarakat Indonesia memang beragam. Keragaman adat istiadat inilah yang membuat Indonesia kaya akan budaya. Sistem pernikahan dalam suatu adat memang sesuatu yang sakral. Tahapan dan ritual yang dilakukan pun berbeda-beda, salah satunya adalah Adat Betawi. 

Upacara Adat Pernikahan Betawi

Upacara adat Betawi memiliki konsep yang menarik sama halnya dengan keunikan ritual adat pernikahan pada masyarakat Indonesia. 

Untuk menambah wawasan pengetahuan, berikut pembahasan terkait beberapa prosesi adat Betawi, berikut diantaranya;

Prosesi Ngedelengin

Apa itu Ngedelengin? Salah satu prosesi adat dalam pernikahan betawi. Ngedelengin merupakan kegiatan si jejaka atau laki-laki dalam mencari pasangan hidup. Apabila sudah merasa cocok maka dilakukan pihak laki-laki (Jejaka) tersebut akan melakukan proses izin kepada pihak perempuan yang diwakili oleh Mak Complang. 

Ketika kedua keluarga sudah merasa cocok maka si perempuan akan diberi "Angpao" atau uang sembe. Kemudian, Mak Complang akan berkordinasi dan melakukan persiapan untuk proses melamar.

Proses Melamar

Melamar calon pasangan adalah kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat pada umumnya. Proses melamar atau lamaran adalah adab untuk meminta anak perempuan yang akan dijadikan istri kepada orangtuanya. 

Namun hal unik lain dalam proses lamaran adat Betawi ialah pihak calon pengantin laki-laki akan membawa pisang raja, sirih, roti tawar, dan benda-benda hadiah lainnya.

Proses lamaran ini, pihak calon mempelai laki-laki akan mengajak keluarga atau orang-orang hadir untuk menjadi saksi dari acara tersebut. Kemudian pihak laki-laki juga memperkuat keputusan yang diberikan oleh pihak perempuan yang akan dijadikan istrinya.

Dalam adat Betawi masih banyak prosesi lain yang menarik untuk menambah wawasan mengenai prosesi adat pernikahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel