Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak Palembang

Benteng Kuto Besak merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota Palembang, Sumatra Selatan. Bangunan ini memiliki ukuran panjang 288,75 Meter, dengan ketinggian 9,99 Meter dan memiliki ketebalan 1,99 Meter. Benteng Kuto Besak salah satu tempat wisata yang menarik.

Berwisata di alun-alun Benteng Kuto Besak juga bermanfaat. Selain menikmati liburan, para pengunjung dapat mengenal bangunan bersejarah Benteng Kuto Besak untuk menambah pengetahuan berdasarkan sejarah yang telah mencatat.  
Diketahui setiap sudut Benteng Kuto Besak memiliki Bastion, pada sudut barat laut terdapat Bastion yang berbeda dengan tiga Bastion yang lain. Untuk ciri khas Bastion Benteng Kuto Besak terdapat tiga Bastion yang sama.

Pintu masuk Benteng berada disisi timur, selatan, dan barat. Pintu utama gerbang disebut Lamang Kuto, dengan posisi menghadap ke Sungai Musi. Sedangkan Lawang Buritan adalah sebutan untuk pintu masuk yang lain.

Kondisi Malam Hari Benteng Kuto Besak Kota Palembang

Kondisi malam hari Benteng Kuto Besak selalu ramai pengunjung. Berkumpul bersama rekan maupun keluarga untuk  bersantai riya dan berwisata malam. Para pedagang terlihat menikmati usahanya berupa kuliner lezat khas Kota Palembang, Sumatra Selatan. 

Kuliner lezat Pempek asli Palembang akan dinikmati pengunjung. Makanan ini tak luput dari incaran pengunjung. Kelezatan kuliner pempek perpaduan kuah cuka yang kental, manis, asam, dan pedas begitu lezat membuat lidah bergoyang.

Menikmati pempek dan kuliner lain di alun-alun Benteng Kuto Besak di malam hari tentu menyenangkan. Aneka minuman pun tersedia mulai dari minuman jus, kopi, susu dan minuman lainnya.

Ketika malam hari kondisi udara sangat bersahabat, terasa tenang dan damai. Membuat wisatawan terhanyut dalam keheningan malam dan terkenang dengan keindahan Kota Palembang, Sumatra Selatan. Bukan hanya itu saja, alunan musik yang bermelodi menambah suasana tentram berirama.

Benteng Kuto Besak sangat tepat menjadi tujuan liburan baik keluarga maupun teman-teman. Berkumpul dengan rekan-rekan, kerabat, bahkan keluarga di alun-alun Benteng Kuto Besak sambil menikmati kuliner khas Palembang lainnya terasa mantul alias mantap betul.  

Lokasi dan Waktu Buka Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak beralamat di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Namun Kawasan ini hanya dapat dinikmati pengunjung yaitu disekitaran plaza depan Benteng.

Plaza berupa halaman terbuka secara umum yang disebut alun-alun. Dihalaman inilah tempat wisatawan berkunjung, ada banyak kegiatan disini yang selalu ramai. Sehingga tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya.  

Harga tiket masuk ke alun-alun Benteng Kuto Besak sebesar Rp 5.000, dan berlaku setiap pengunjung.

Wisata alun-alun Benteng Kuto Besak di Kota Palembang, Sumatra Selatan menghadirkan nuansa yang nyaman penuh ketenangan dan kedamaian. Tempat ini selalu ramai, baik pengunjung wisatawan mancanegara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel