Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masih Ragu Ikut Silat? Ini Manfaatnya !

Mengikuti Pencak Silat salah satunya untuk melestarikan Budaya Indonesia, sebagai sarana olahraga, dan wadah untuk mengukir prestasi. 

Banyak manfaat lain saat mengikuti pencak silat terutama misalnya Kesenian, kesehatan, dan lainnya. Gerakan silat sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. 

Bagaimana mengatasi keraguan saat ingin mengikuti latihan silat? Niat untuk belajar agar bermanfaat, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Dalam latihan pencak silat memiliki seni, yang dapat melenturkan persendian pada tubuh. Jika pernah belajar silat sangat mudah mempelajari tari. Begitupun sebaliknya, jika pernah belajar tari sangat mudah mempelajari silat dalan gerakannya. 

Dalam mempelajari pencak silat, akan kita pahami bahwa materi yang kita dapatkan belum sebanding dengan kekuatan Tuhan. Sehingga dapat menumbuhkan sikap rendah hati, bahwa semua yang kita dapatkan atas kehendak Allah SWT. 

Maka dengan mengikuti pencak silat dapat menumbuhkan sikap yang selalu bersyukur kepada-NYA, dan berprasangka baik.

Namun, sifat-sifat tersebut tidak hanya didapat dari latihan pencak silat. Akan tetapi, salah satu manfaat yang akan di dapatkan dari mengikuti pencak silat. 

Nah, bagi yang tertarik mengikuti pencak silat dapat memperhatikan manfaatnya. 

- Melatih Konsentrasi dan Daya Tahan Tubuh

Gerakan serangan atau tangkisan saat bertanding akan membuat pikiran fokus. Silat dapat melatih konsentrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

- Melatih Mental dan Percaya Diri

Manfaat mengikuti silat diantaranya ialah untuk sarana melatih mental dan percaya diri. Mental tidak akan terbentuk secara konstan, secara perlahan dengan mengikuti materi silat sampai selesai. 

- Membangun Kesabaran 

Manfaat lain mengikuti silat ialah sabar. Misalnya contoh sederhana dalam pertandingan ketika terjadi kekalahan maka harus bersabar, ikhlas dan menjadikannya pengalaman untuk lebih baik.

Selain itu, berlapang dada yang tidak meremehkan siapa saja. Tidak menghina atau mencaci.

Pencak silat sebagai budaya indonesia yang terus dilestarikan. Gerakan silat dan latihan fisik akan membuat tubuh sehat. Jadi, jangan ragu jika ingin mengikuti latihan dan belajar silat. Silahkan dengan niat karena Allah SWT, agar menjadi salah satu nilai ibadah kepada-NYA.