Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Judul Skripsi Mahasiswa

Bagi mahasiswa sebelum mendekati semester akhir, alangkah baiknya menentukan judul penelitian yang akan diteliti. Membuat judul skripsi disesuaikan dengan tempat penelitian yang mudah dijangkau dan sesuai dengan jurusan.

Menentukan judul skripsi sesuaikan dengan Rumusan Masalah. Supaya lebih mudah dalam membuat judul penelitiannya. Kuncinya kordinasi dengan Pembimbing Akademik terlebih dahulu. 

Pembimbing Akademik memiliki peran penting untuk memberikan solusi dan gambaran judul penelitian yang akan dibuat. Jadi rajinlah berkonsultasi secara langsung. 
Membuat penelitian membutuhkan sumber baik literatur pendukung lain sesuai judul yang diteliti. Berikut cara membuat judul penelitian bagi mahasiswa, diantaranya sebagai berikut:

1. Baca Buku Panduan

Buku panduan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk membuat penelitian. Buku panduan memiliki keterangan mengenai membuat judul sampai pada aturan penulisannya...

2. Buat Judul Sesuai Jurusan

Ini memudahkan anda untuk mencari sumber buku apasaja yang sesuai dengan penelitian anda. 

3. Cari tempat penelitian terdekat

Tempat penelitian akan mempengaruhi waktu mengumpulkan data. Supaya menghemat waktu carilah tempat penilitian ditempat domisili. 

4. Buat Kerangka Penelitian

Memebuat kerangka penelitian mulai dari judul, rumusan masalah, metode penitian, tujuan penelitian, jenis dan sifat penelitian, tinjauan pustaka, dan lainnya. 

5. Kerjakan secara konsisten

Konsisten mengerjakan skripsi agar lulus tepat waktu. Kuncinya dikerjakan dengan tekun, kemudian lakukan bimbingan ke dosen. 

6. Sumber Refrensi

Untuk meluruskan judul penelitian maka dibutuhkan literatur pendukung lainnya. Mulai dari buku, majalah, koran, penelitan sejenis, dan jurnal yang membahas sesuai judul penelitian. 

Cara membuat judul penelitian dan mengerjakan skripsi diatas sebagai pengingat untuk di selesaikan. Silahkan pelajari buku panduan skripsi dan konsultasi dengan dosen pembimbing. Jangan takut salah, namanya belajar.

Penelitian tidak ada yang sempurna, pasti banyak kekurangan. Tinggal ikuti panduan, arahan dan petunjuk dari dosen atau pembimbing hingga selesai. Banyak bertanya dan jadilah pendengar yang baik. Semangat bimbingan !! semoga cepat selesai.