Manfaat Bandrek Susu dan Cara Membuatnya

Minuman Bandrek tidak asing bagi masyarakat dan cara membuatnya Bandrek sangat mudah. Bandrek terbuat dari rempah alami meliputi jahe, gula merah, dan dicampur susu. Minuman Bandrek juga dapat ditambahkan perasan jeruk nipis, dan madu sesuai selera. Manfaat minuman Bandrek untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sehat.

Bandrek adalah jenis minuman tradisional asal Jawa Barat yang sudah terkenal di Nusantara. Minuman yang terbuat dari bahan rempah alami seperti jahe, kayu manis dan cengkeh dipercaya memiliki kandungan yang kuat sebagai antioksidan tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Minuman Bandrek sangat mudah dijumpai seperti di pinggiran jalan raya yang dijual secara keliling. Ramuan tradisional ini dapat dibuat sendiri dirumah. Bandrek membuat tubuh menjadi hangat, dan baik untuk kesehatan. 

Manfaat Minuman Bandrek Bagi Tubuh

Minuman bandrek mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita atau gejala penyakit jantung sangat cocok dengan rutin mebgkonsumsi minuman bandrek. Rasanya manis dan sedikit pedas yang dihasilkan dari senyawa jahe. Minuman tradisonal yang mudah dan praktis ini juga mampu menangkal virus covid-19 dan bakteri dalam tubuh.

Berikut manfaat minuman Bandrek bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Melawan Virus dan Bakteri

Tubuh manusia tidak lepas dari virus dan bakteri. Untuk mencegah penyakit dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi minuman Bandrek. Supaya tubuh terhindar dari virus dan bakteri yang merusak. Selain itu, minuman Bandrek dapat membantu mencegah virus corona. 

Dilansir dari situs grid.id dari paparan dr. Suherdy, dokter yang bertugas menangani penyakit spesialis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh.  Untuk menghindari virus corona (covid-19) dapat dengan rutin mengkonsumsi minuman Bandrek. Ternyata bandrek dinilai dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena Bandrek memiliki perlindangan (proteksi) yang paling bagus.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bahan utama Bandrek adalah Jahe dengan kandungan senyawa yang dapat berkerja efektif dalam meleburkan pembuluh darah yang menggumpal. Sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita darah tinggi sangat cocok mengkonsumsi minuman jahe atau bandrek.

3. Mengobati Sakit Gigi

Bagi penderita sakit gigi juga bisa diatasi dengan minuman bandrek. Kandungan yang terdapat pada bahan minyak cengkeh dalam segelas Bandrek disinyalir dapat meredakan rasa nyeri pada gigi. 

Selain itu, kandungan minyak cengkeh juga dipercaya sebagai analgastik atau obat penahan rasa sakit. Sehingga mengobati sakit gigi secara alami dengan mengkonsumi minuman bandrek.

4. Membunuh Patogen Asing Tubuh

Jahe mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh akan menjadi sehat yang mampu membunuh patogen asing pada tubuh. Ketika Patogen dalam tubuh hilang maka kekebalan tubuh akan selalu terjaga dan menjadikan tubuh sehat sepanjang hari.

5. Mengobati Masuk Angin

Masukin angin pada perut akan membuat tubuh lemas dan terasa sakit. Tak perlu bingung untuk mencari obat masuk angin, cukup dengan minuman Bandrek masuk angin dapay teratasi. Bandrek dapat memberi pijatan dalam lambung yang mampu mengeluarkan angin. Sehingga lambung akan terasa hangat kembali.

6. Mengatasi Pegal Linu dan Obat Batuk

Bagi yang sering menderita pegal linu dan batuk, Bandrek dapat mengatasinya. Air jahe dapat melancarkan peredaran darah dan imun tubuh akan sehat. Penyakit batuk dapat sembuh total. Bandrek minuman berbahan rempah alami yang tidak berbahaya. Jadi minum jahe secara rutin sesuai dengan kondisinya.

Cara Membuat Bandrek dan Bahan-Bahannya

Membuat ramuan Bandrek sangat mudah dan berpariasi tergantung selera masing-masing. Misalnya dengan cara sederhana dengan bahan utama jahe dan gula merah saja sudah cukup. Jahe cukup di iris dan digeprek, tambahkan  air secukupnya dan gula merah saja sudah cukup dan siap dinikmati. 

Cara lain membuat minuman Bandrek dari bahan jahe dengan langsung di geprek lalu di panggang beberapa menit sampai aromanya tercium. Kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Beriktu langkah -langkah membuat minuman Bandrek sederhana yang mudah:
  • Cukup siapkan jahe, dan gula merah saja
  • Kemudian jahe anda geprek lalu bakar beberapa menit jangan sampai gosong, sampai tercium aroma jahe yang wangi.
  • Lalu masukan air panas atau air rebusan mendidih, dan gula merah secukupnya.
  • Minuman air jahe sudah siap disajikan.
Manfaat minuman Bandrek sangat banyak dan sangat baik untuk dikonsumsi. Membuat minuman bandrek atau air jahe saja dapat dikrekasikan yang penting bahan utamanya adalah jahe dan gula aren.

Namun, jika ingin ditambah seperti cengkeh, kayu manis, sedikit garam, juga lebih bagus. Supaya tidak ribet dan tidak menyulitkan maka buatlah minuman jahe yang sederhana saja.

Rutin mengkonsumsi ramuan tradisional ini akan berdampak terhadap kesehatan. Selain bahan membuat Bandrek sangat mudah didapatkan dan murah. Untuk yang lebih praktis cukup membeli minuman Bandrek yang sudah jadi.

Untuk cita rasanya yang lebih nikmat, tambahkan madu, atau susu. Selain ramuan alami tanpa efek samping, karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia minuman Bandrek dapat dikonsumi anak-anak, dewasa, dan orangtua. Yukk, jaga kesehatan dengan rajin mengkonsumsi minuman Bandrek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel