Cara Jadi Voice Over Sukses, Berikut Rahasianya

Voice Over merupakan suara latar yang dibaca melalui naskah oleh seseorang yang berada di tempat lain dalam produksi.

Voice over mengisi suara dengan rekaman untuk membuat Iklan, Bumpper Program, berita, dan animasi lainnya. 

Tehknologi canggih banyak memunculkan peluang, termasuk kebutuhan pengisi suara. Memiliki keahlian dibidang voice over atau dubber menyenangkan.

Bagi voice over talent indonesia, mereka mampu mengubah berbagai macam intonasi suara dan menirukan suara unik seperti film animasi indonesia.

Misalnya suara karakter anak-anak, dewasa, bahkan animasi lain. Voice over terkenal terkenal Tisa Julianti sudah banyak memerankan tokoh kartun dalam serial Cinderella, dan lainnya.

Kamu tertarik ingin jadi voice over? Yuk simak informasinya:

Nah, simak tips jitu menjadi voice over baik berikut ini:

1. Bermain dengan konsep suara

Anda harus tetap memposisikan karakter suara anda sesuai peran. Misalnya, anda seoarang voice over yang berperan sebagai orangtua maka anda harus menjiwai suara orang tua dengan baik.

2. Banyak latihan

Latihan itu penting agar jadi voice over yang khas. Berlatih dengan tekun akan membuat karakter suara jadi lebih khas. Anda bisa mencoba versi yang banyak, misalkan mencoba rekaman suara jenis iklan produk, suara animasi, dan lainnya.

3. Buatlah karakter suara

Sebagai seorang voice over juga harus punya karakter unik sebagai ciri khas anda. Walaupun sangat susah untuk menemukan karater suara yang khas, namun jika terus diasah akan menemukan dengan sendirinya.

4. Jangan mudah berpuas diri

Kadang jika sudah merasa bisa kita pun akan berpuas diri. Sebenarnya ini cara yang salah. Seharunya terus belajar dengan berbagai cara, terutama mencoba karakter suara lainnya. Seorang voice over yang mampu memainkan suara dengan beragam karakter dan intonasi suara akan lebih mantap.

5. Banyak sharing

Perbanyak belajar, sharing, dan minta rekan anda untuk memberi masukan. Cara ini penting agar membuat banyak perubahan. Mintaklah masukan seperti krtik dan saran. Ini bertujuan agar memberikan dampak perubahan yang lebih baik.

6. Jangan Takut dan Malu

Jangan takut dan malu, menjadi voice over/dubber hanya bekerja dibalik layar. Jadi baca dengan suara khas yang dimiliki. Tinggal baca teks narasi yang sudah disediakan dan intonasi apa yang cocok. Kalau masih takut dan malu sangat susah untuk berkembang.

7. Banyak Nonton Voice Over Terkenal

Agar terbiasa dan menemukan banyak inspirasi maka perbanyak menonton para voice over/dubber indonesia lainnya. Supaya mendapatkan refrensi lain yang lebih baik. Pahami ketika membaca narasi dan karakter suara mereka. Kemudian pahami secara perlahan.

9. Praktek Langsung Rekaman

Praktek langsung adalah cara untuk melihat sejauh mana hasil yang telah dipelajari. Bisa memanfaatkan rekaman dari android  dengan banyak membaca teks narasi berita dan contoh iklan lainnya.

Penggunaa Voice Over/Dubber yang Jarang diketahui Orang

Mungkin anda tidak menyadari saat sedang nonton televisi, dimana muncul berbagai macam iklan produk dengan suara yang beragam. Nah iklan saat iklan tersebut tayang bersama dengan para bintang, akan muncul suara merdu sesuai peranan tokoh.

Berikut voice over yang sering kita dengar, antara lain:

1. Naskah Berita

Pernahkah anda mendenger saat sedang nonton berita televisi? Dimana saat presenter berita sudah selesai berbicara akan muncul tayangan video yang menjelaskan peristiwa kejadian. Suara itulah hasil rekaman dari voice over atau dubber yang sudah di edit dengan baik.

Seiring perkembanganya, saat ini dalam membacakan teks narasi berita sudah mulai dengan cara baru. Dimana para presenter pun langsung membacakan narasinya hingga selesai. Namun biasanya untuk berita-berita yang sedang hangat dan trending topik. Kalau untuk berita biasa barulah melalui proses rekaman dari voice over/dubber.

2. Iklan Produk

Iklan produk diataranya, ada perlengakapan pembersih mulai dari ujung rambut hingga kaki. Ada pula iklan fasion, makanan, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

3. Pembuatan Film

Selain iklan, dalam pembuatan film juga memibutuhkan voice over atau dubber. Biasanya film ini seperti drama kolosal, film luar negeri yang ditayangkan di indonesia maka harus ada bahasa indonesia dengan memakai jasa para voice over.

4. Bummper Program

Bumper program juga menggunakan Voice Over. Biasanya terdapat pada program berita acara talkshow, dan sebagainya. Anda bisa melihat dan mendengarkan saat beberapa program acara televisi akan mulai, dimana akan muncul suara khas yang menggelegar sesuai konsepnya.

Misalnya saat acara program berita RCTI, sebelum mulai akan terdengar suara "Di siarkan langsung dari studio kebun jeruk , jakarta, inilah bulletin berita siang". dan masing banyak yang lainnya.

5. Stasiun Id

Stasiun id juga sering menggunakan voice over atau dubber sebagai ciri khas dari televisi. Misalnya saat break atau acara akan mulai akan tayang video khusus, kemudian akan muncul suara "TV One Memang Beda". Nah kira-kira itu contohnya.

6. Acara-Acara Formal

Termasuk dalam acara besar voice over juga sering terlibat, seperti diskusi publik dan lainnya. Kemudian misalnya pada saat opening ceremony dan closing asian games, dan lainnya berupa "Selamat datang di Opening Ceremony Asing Games 2018", Sea Games, dan acara lainnya.

7. Acara Pertunjukan

Drama pertunjukan juga sering memakai jasa dubber. Para tokoh seolah berbicara mengikuti alur suara voice over secara bersamaan. Misalnya pada acara pertunjukan pentas drama, dan lainnya.

Sebenarnya siapapun bisa menjadi voice over, yang penting yakin dan temukan kelebihan dari suara anda. Jangan lupa ikut casting baik radio maupun televisi supaya lebih baik.

Dengan sendirinya kamu bisa terus mengembangkan kemampuan dubber/voice over sebaik mungkin, belajarlah dengan siapapun. Sekarang ini perkembangan tehnologi semakin canggih, lihat saja channel youtube mulai ramai.

Untuk masalah penghasilan dengan sendirinya kamu akan menemukan sistem dan caranya masing-masing, apalagi jika pemula yang jelas bayarannya disesuaikan dengan jam terbang anda sebagai Voice Over atau dubber.

Nah itulah cara menjadi voice over yang baik dan sukses. Siapapun bisa mejadi voice over asalkan ingin belajar dan menggali potensi diri dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel