9 Cara Jadi Voice Over Sukses, Berikut Rahasianya

Voice over adalah istilah untuk menjelaskan suara latar dari sebuah video. Voice over digunakan pada film, animasi, hingga iklan. Pengisi suara (Voice OVer) disebut artis voice over atau dubber.

Voice over dilakukan melalui proses rekaman dalam pembuatan Iklan, berita, dan animasi lainnya. Tehnologi canggih banyak memunculkan peluang, termasuk kebutuhan pengisi suara. Memiliki keahlian dibidang voice over atau dubber tentu menyenangkan.

Bagi voice over talent Indonesia, mereka mampu mengubah berbagai macam intonasi, suara dan menirukan suara unik lain seperti film animasi Indonesia, iklan, dan lainnya.

Misalnya suara dengan karakter anak-anak, dewasa, bahkan animasi lain. Voice over terkenal seperti Tisa Julianti sudah banyak memerankan tokoh kartun dalam serial Cinderella, dan mengisi iklan lainnya. Kemudian, Anita Martha, dan Bimo mereka adalah pengisi suara yang laris dengan program iklan yang beragam. 

Tertarik menjadi voice over? Nah, simak tips menjadi voice over baik berikut ini:

1. Bermain dengan konsep suara

Anda harus tetap memposisikan karakter suara anda sesuai peran. Misalnya, anda seorang voice over yang berperan sebagai orang tua maka anda harus menjiwai suara orang tua dengan baik.

2. Banyak latihan

Latihan itu penting supaya menghasilkan suara yang khas. Berlatih dengan tekun akan membuat karakter suara jadi lebih baik. Anda bisa mencoba karakter suara dalam versi yang banyak, misalkan mencoba dengan membacakan narasi berita, iklan produk, suara animasi, dan lainnya.

3. Buatlah karakter suara

Sebagai voice over perlu memiliki karakter suara yang unik sebagai ciri khas. Walaupun sangat susah untuk menemukan karakter suara yang khas, namun jika terus diasah akan menemukan dengan sendirinya.

4. Jangan mudah berpuas diri

Kadang jika sudah merasa bisa kita pun akan berpuas diri. Sebenarnya ini cara yang salah. Seharunya terus belajar dengan berbagai cara, terutama mencoba karakter suara lainnya.

Seorang voice over yang mampu memainkan suara dengan beragam karakter dan intonasi suara akan lebih mantap untuk terus dipelajari.

5. Banyak sharing

Perbanyak belajar, sharing, dan minta pendapat rekan anda untuk memberi masukan. Cara ini penting agar membuat banyak perubahan. Mintak masukan seperti kritik dan saran yang membangun. Ini bertujuan agar memberikan dampak perubahan yang lebih baik.

6. Jangan Takut 

Jangan takut berlatih dengan totalitas mulai dari gerakan pada mulut. Menjadi voice over/dubber hanya bekerja dibalik layar. Jadi baca narasi dengan gaya smiling voice atau dengan kolaborasi gerakan tangan agar menjiwai. 

Tinggal baca teks narasi yang sudah disediakan dan intonasi apa yang cocok. Kalau masih takut untuk belajar sangat susah untuk berkembang.

7. Banyak Nonton Voice Over Terkenal

Agar terbiasa dan menemukan banyak inspirasi maka perbanyak menonton para voice over/dubber Indonesia lainnya. Supaya mendapatkan refrensi lain yang lebih baik. Pahami ketika membaca narasi dari karakter suara dan pembawaannya.

8. Praktik Rekaman

Praktik adalah cara untuk melihat sejauh mana hasil yang telah dipelajari. Bisa memanfaatkan rekaman dari android  dengan banyak membaca teks narasi berita dan contoh iklan lainnya.

9. Casting Program

Jika sudah mempelajari dan berlatih maka selanjutnya adalah casting program televisi untuk memulai proses menjadi voice over atau dubber. 

Penggunaan Voice Over/Dubber 

Mungkin anda tidak menyadari saat sedang nonton televisi, dimana muncul berbagai macam iklan produk dengan suara yang beragam. Nah saat iklan tersebut ditayangkan, akan muncul hasil voice over yang telah melalui tahapan produksi program.

Berikut voice over yang sering kita dengar, antara lain:

1. Naskah Berita

Voice over atau dubber akan ditayangkan bersamaan dengan berita yang telah dibacakan oleh presenter berita. Suara menjelaskan berita itulah hasil rekaman dari voice over atau dubber yang sudah melalui proses editing.

Seiring perkembangannya, dalam membacakan teks narasi berita dapat langsung dibacakan oleh presenter secara langsung hingga selesai. Namun biasanya untuk berita-berita yang sedang headline dan trending topik.

2. Iklan 

Voice over digunakan dalam mengis berbagai macam iklan. Misalnya iklan produk, iklan layanan masyarakat, dan lainnya.

3. Pembuatan Film

Selain itu voice over dibutuhkan pada pembuatan film. Biasanya seperti film animasi, drama kolosal, dan lainnya.

4. Stasiun Id

Stasiun id juga menggunakan voice over atau dubber sebagai ciri khas televisi agar mudah diingat dan dikenali pemirsa. 

6. Acara-acara Besar 

Termasuk dalam acara besar voice over juga sering terlibat, seperti diskusi publik dan lainnya. Kemudian pada saat opening ceremony dan closing acara, seperti asian games, dan lainnya berupa "Selamat datang di Opening Ceremony Asing Games 2018", Sea Games, dan acara lainnya.

7. Acara Pertunjukan

Drama pertunjukan juga sering memakai jasa dubber. Para tokoh seolah berbicara mengikuti alur suara voice over secara bersamaan. Misalnya pada acara pertunjukan pentas drama, dan lainnya.

Sebenarnya siapapun bisa menjadi voice over, yang penting yakin dan temukan kelebihan pada diri masing-masing dan terus dipelajari dan latihan dengan baik. Jangan lupa mengikuti casting program televisi maupun radio.

Dengan sendirinya voice over/dubber dapat terus dikembangkan sebaik mungkin. Kuncinya belajarlah dengan siapapun, dan terbuka menerima saran untuk perubahan yang lebih baik.

Untuk masalah penghasilan dengan sendirinya kamu akan menemukan sistem dan caranya masing-masing. Nah itulah cara menjadi voice over yang dapat memberikan refrensi saja. Siapapun bisa mejadi voice over asalkan ingin belajar dan menggali potensi diri dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel