Cara Menguasai Panggung Agar Tidak Gugup

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa gugup diatas panggung, saat persentasi, menjadi narasumber, bahkan saat memandu acara. Apalagi saat pertamakali terlibat dalam suatu kegiatan dihadapan banyak orang. Cara menghilangkan rasa kurang percaya diri diawali dari perubahan diri. 

Sebagian orang menganggap mudah, memang sangat mudah bagi yang biasa. Tapi adakalanya merasa kurang percaya diri karena audiens yang hadir seorang tokoh dan lainnya.

Pentingnya persiapan agar bisa meminimalisir rasa gugup. Terkadang saat berada dihadapan banyak orang, kita akan mengalami banyak hal seperti demam panggung, bahkan lupa mengenai apa yang akan kita sampaikan. 

Apakah anda pernah mengalami hal yang sama? Khususnya saat akan menyampaikan atau membawakan acara di panggung. 

1. Lakukan Persiapan

Persiapan yang dimaksud adalah mengetahui kegiatan, apa yang akan disampaikan. Jika menjadi pembawa acara maka lakukan berifieng terlebih dahulu. Lihat kondisi panggung dan kenali posisi tamu undangan (VIV), dan tempat duduk anda nantinya.

2. Materi yang disampaikan

Persiapkan materi supaya tidak keluar konteks pembicaraan. Jika membawakan acara, maka susunan acara disiapkan sebelum-sebelumnya. Mulai dari bagaimana konsep acaranya?, siapa yang sambutan?, Siapa tokoh yang dihormati, dan siapa saja panitia khusus yang terlibat. 

Nama seseorang terlibat pada acara, jangan sampai salam dalam menyebutkan. Konsep acara formal, informal, atau semi formal?, Karena pembawaan dan cara membawakan acaranya pun berbeda. 

3. Perhatikan kontak mata

Kontak mata menghadap audiens, dan ketika mempersilahkan seseorang maka menghadap kepadanya. Jangan sampai mata berpaling kepada audiens saat membawakan acara. Kuasai dan santai.

4. Tehnik Vokal 

Usahakan ketika memandu acara, penyampaiannya jelas. Bedakan ketika berbicara biasanya dengan berbicara dinatas panggung. Artinya suara harus jelas A, I, U,E, O. Sehingga audiens yang mendengar akan fokus dan tidak merasa ngantuk.

4. Atur Nafas

Mengatus nafas penting dilakukan. Ketika situasi audiens sudah berhadapan dengan kita, bisa membuat grogi. Berbicarapun kadang membuat suara kita mengecil. Walaupun terasa grogi, usahakan mengatur nafas dengan baik. 

5. Penampilan

Penampilan juga mempengaruhi rasa percaya diri. Ketika menghadiri suatu acara baik terlibat dalam kegiatannya maka sesuaikan penampilan yang tepat dan tak perlu berlebihan.

Saat anda berbicara di depan audiens seperti pidato atau mc misalnya, semua mata akan tertuju pada mu. Jangan sampai pandangan itu mengalahkan anda hingg membuat anda jadi grogi. Sampaikan dengan komunikasi yang baik.

Nah itulah info sekedar berbagi tips untuk teman-teman supaya percaya diri saat menyampaikan materi atau membawakan acara agar tidak gugup. Berbagai macam tehnik dapat anda pelajari dari berbagai sumber. Penting adalah fokus dan konsisten. Semakin sering tampil dan berlatih akan membuat percaya diri semakin baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel