Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung Terbaru

Lampung sebagai provinsi paling selatan di ujung pulau Sumatra. Lampung memiliki hasil bumi berupa perkebunan dan pertaniannya. Selain itu, didukung dengan daerah dataran tinggi, perbukitan, dan alam subur.

Provinsi Lampung memiliki 15 Kabupaten/Kota terbagi menjadi 13 kabupaten, dan dua kotamadya. Sebagai daerah dataran tinggi memiliki hasil pertanian dan perkebunan melimpah. 

Selain itu, daerah Lampung terdiri dari 228 kecamatan, 205 kelurahan dan 2.435 desa yang tersebar di Sai Bumi Rua Jurai. Untuk luas wilayahnya ialah 34.623,80 km². 
Untuk menambah pengetahuan terkait berapakah jumlah Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung? Berikut daftar 15 Kabupaten di Provinsi Lampung, dan Kotamadya:
  1. Kabupaten Lampung Selatan
  2. Kabupaten Lampung Tengah
  3. Kabupaten Lampung Utara
  4. Kabupaten Lampung Timur
  5. Kabupaten Lampung Barat
  6. Kabupaten Tulang Bawang
  7. Kabupaten Tulang Bawang Barat
  8. Kabupaten Mesuji
  9. Kabupaten Way Kanan
  10. Kabupaten/Kota Bandarlampung
  11. Kabupaten/Kota Metro
  12. Kabupaten Pesawaran
  13. Kabupaten Pringsewu
  14. Kabupaten Tanggamus
  15. Kabupaten Pesisir Barat
Sebagai daerah yang memiliki 15 Kabupaten dan 2 Kota Madya, Provinsi Lampung memiliki keindahan alam, dataran tinggi yang ada di Pulau Sumatra.

Jumlah Kabupaten di Lampung tersebut di atur dalam peraturan menteri dalam negeri bernomor 137 pada tahun 2017, mengenai kode dan data wilayah administrasi pemerintahan. 

Pemecahan kabupaten memang tidak mudah, hal terebut juga dipengaruhi oleh luas wilayah dan jumlah penduduk, SDM, dan sebagainya.