Danau Toba Wisata Instagramable di Sumatera Utara

Hasbundoya.com - Wisata Danau Toba tak asing ditelinga masyarakat indonesia. Kawasan wisata yang instagramable dengan keindahan alam yang memukau di Sumatera Utara. Rasanya memang Sulit membayangkan jika berada di Sumatera Utara tapi tidak menyambangi Danau Toba.

Panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk menyegarkan, hamparan air jernih kebiruan dan tempatnya yang memesona. Ditambah hijaunya tumbuhan yang hidup disekitaran dan perbukitan akan memberikan suasan yang aman dan damai.

Jika anda berkunjung ke Danau Toba jangan lewatkan untuk menyambangi pulau Samosir. Disini para pengunjung dapat menyaksikan pegunungan berkabut, masyarakat peladang, dan air terjun yang jernih yang dapat di nikmati secara santai sambil berenang. Sikap ramah penuh ceria dari masyarakat Batak pun akan membuat setiap pengunjung senang dan berkesan.

Wisata Danau Toba di Sumatera Utara

Tahukah anda luas danau toba yang sebenarnya? Danau berkawah ini memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi. Uniknya ditengah Danau Toba memiliki sebuah pulau bernama pulau Samosir yakni sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di Provinsi Sumatra Utara. Baca juga: Raja Ampat Papua Wisata Indonesia Kelas Dunia

Jika dilihat dari luasnya, Danau Toba hampir sama dengan lautan luas dengan keadaan air yang sangat dalam. Salah satu keunggulannya, Danau Toba juga ditetapkan sebagai Danau terluas di Asia Tenggara dan urutan kedua terbesar di dunia setelah Danau Victoria yang berada di Afrika. Selain itu, Danau Toba juga termasuk deretan danau paling dalam di dunia yang mencapai 450 meter.

Terbentuknya Danau Toba telah diperkirakan oleh para ahli setelah letusan gunung api super sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Pada saat itu, berada di angka 2.800 km kubik bahan vulkanik yang keluar dan dimuntahkan Gunung Toba saat meletus. Maka dari itu, disaat kejadian tersebut debu vulkanik yang tertiup angin tersebar ke separuh wilayah permukaan Bumi.

Letusan gunung Toba terjadi selama 1 minggu dan 10 KM lontaran debu vulkanik menyebar ke permukaan bumi. Sehingga kejadian itu menyebabkan kematian massal, termasuk beberapa spesies mahluk hidup punah secara bersamaan.

Banyak pengaruh yang ditimbulkan saat Letusan Gunung Toba terjadi yang mampu memberikan perubahan cuaca bumi secara drastis dan masuknya zaman es yang mempengaruhi peradaban dunia.

Liburan ke Danau Toba jelas menyenangkan. Disini juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung para wisatawan. Salah satu yang tak kalah seru yakni speed boat. Para pengunjung dapat menggunkan speed boat untuk menjelajahi keindahan alam di Danau Toba. Foto: @lingkarsumut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel